Cara Belajar Bahasa Bali Sehari-hari

Cara belajar bahasa Bali sehari-hari yang paling efektif menurut saya adalah dengan cara mempraktekkannya. Mungkin sama saja dengan belajar bahasa lainnya baik belajar bahasa daerah maupun bahasa nasional. Cara belajar bahasa sehari-hari yang paling baik adalah dengan cara praktek. Praktek belajar bahasa Bali sehari-hari merupakan cara paling cepat baik dengan cara mendengar dan mengucapkannya.

Belajar bahasa Bali sehari-hari dengan cara praktek tentunya paling pas jika anda tinggal di Bali, apalagi tinggal dan berinteraksi secara langsung dengan orang Bali. Akan tetapi jika anda tidak tinggal di Bali secara langsung, mungkin bisa dengan cara berinteraksi dengan orang Bali atau yang bisa berbahasa Bali melalui media sosial, tapi ini mungkin sedikit lebih sulit karena sifatnya lebih terbatas dibandingkan dengan bertemu langsung.

Ketika belajar bahasa Bali sehari-hari, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pertama, dalam bahasa Bali baik bahasa Bali sehari-hari ataupun bahasa Bali yang lebih formal, tetap ada yang namanya sor-singgih, ada bahasa halus dan bahasa kasar, tapi ada juga kata dalam bahasa Bali sehari-hari yang lebih netral alias menengah. Sebaiknya ketika belajar anda pastikan dulu bahwa kata atau kalimat yang anda ucapkan tepat untuk lawan bicara anda.

Kedua, ketika belajar bahasa Bali sehari-hari dengan cara praktek langsung, perlu anda ketahui bahwa di Bali sendiri terdapat banyak logat, dialek dalam bahasa Bali. Bahkan ada beberapa kata yang hanya dikenal di suatu daerah dan terasa aneh ketika diucapkan di daerah lainnya. Ada juga beberapa daerah yang mungkin terbiasa dengan kata-kata yang kesannya kasar tetapi sebenarnya maksudnya baik, hanya karena keakraban saja.

Ketiga, untuk belajar bahasa Bali sehari-hari mungkin lebih baik dengan cara menggunakan kata atau kalimat yang sifatnya umum, atau yang biasa digunakan di daerah yang penduduknya berasal dari berbagai daerah, ya katakanlah di kota dimana bahasa Bali yang digunakan lebih umum sehingga ketika anda praktekkan nanti lebih mudah.

Demikian cara belajar bahasa Bali sehari-hari, semoga bermanfaat.

2 comments / Add your comment below

  1. Setuju Bli,
    Lebih mudah mempelajari Bahasa jika kita mau rutin praktik dengan cara yang menyenangkan. Selain cara-cara di atas, belajar bahasa Bali juga seru lewat lagu-lagu. Berhubung di rantau, komunikasi langsung dengan bahasa daerah memang terbatas jadi gending rare adalah jalan ninjaku hehehe. Beruntungnya juga sekarang sudah ada akses kamus bahasa bali daring, kadang memudahkan kalau ada teman luar daerah yang ingin tahu bahasa Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.