Nama Hari Dalam Bahasa Bali

Nama hari dalam Bahasa Bali, mulai dari Senin sampai Minggu. Kalau di kalender Bali, nama hari biasanya dimulai dari Hari Minggu, Senin dan seterusnya sampai Sabtu. Mari kita hafalkan nama hari dalam Bahasa Bali. Seperti halnya bahasa Indonesia, nama hari juga ada dalam bahasa Bali, begitu juga jumlah hari dalam seminggu dalam bahasa Bali sama ada 7. Berikut ini nama hari dalam bahasa Bali yang terdiri dari 7 hari dalam seminggu yaitu :

Senin = Soma
Selasa = Anggara
Rabu = Buda
Kamis = Wraspati
Jumat = Sukra
Sabtu = Saniscara
Minggu = Redite

Jangan lupa cara membaca nama hari dalam bahasa Bali diatas seperti membaca kata bahasa Bali lainnya yaitu huruf “a” yang posisinya paling belakang dalam sebuah kata dibaca “e” (seperti membaca tante). Sedangkan huruf “e” yang posisinya paling belakang dalam sebuah kata dibaca “e” (seperti membaca kue).

Demikianlah nama hari dalam bahasa Bali. Sebagai tambahan informasi, nama hari dalam bahasa Bali ini sebenarnya merupakan salah satu Wewaran yaitu Sapta Wara. Wewaran merupakan siklus atau ritme hari. Jenis atau periode wewaran ada 10 mulai dari periode 1 hari sampai periode 10 hari. Sapta Wara merupakan siklus atau periode 7 hari, dimana kata Sapta artinya 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published.