Bahasa Bali Menyatakan Cinta dan Sayang Kepada Pacar

Mungkin tidak banyak orang yang menyatakan cinta kepada pacar dalam bahasa Bali, kebanyakan mungkin saat ini kalau menyatakan cinta dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Tapi akan menjadi sangat keren jika kita bisa mengungkapkan dan menyatakan cinta dalam bahasa daerah khususnya bahasa Bali. Sebelum kita belajar menyatakan cinta dalam bahasa Bali kepada pacar, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa kosakata yang berkaitan dengan hal ini.

Berikut ini kosakata yang berkaitan dengan cinta dan pacar.

Cinta = tresna
Suka = demen
Sayang = sayang
Pacar = tunangan, gegelan (agak jarang digunakan)
Cantik = jegeg
Ganteng = bagus

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang berkaitan dengan menyatakan cinta dan sayang dalam bahasa Bali:

Beli sayang teken adi (Kakak sayang kepada adik)
Beli tresna kapining adi (Kakak cinta kepada adik)
Beli demen teken adi (Kakak suka kepada adik)
Adi nyak dadi tunangan beli? (Adik mau menjadi pacar kakak?)

Berikut beberapa contoh kalimat bahasa Bali menyatakan cinta dan sayang yang lebih panjang, mungkin bisa diketagorikan rayuan cinta dalam bahasa Bali:

Di gumine liu ada anak jegeg, nanging tuah adi ane ada di hatin beli (Di bumi banyak ada orang cantik, tapi hanya adik yang ada di hati kakak)
Adi tusing tunangan beli ane simalu, nanging beli menjanji tuah adi tunangan beli ane siduri (Adik bukan pacar kakak yang pertama, tapi kakak janji hanya adik pacar kakak yang terakhir)
Yadiastun gumine belah dadi dadua, beli lakar tetep satia tekening adi (Walaupun bumi pecah menjadi dua, kakak akan tetap setia kepada adik)
Depang anake ngorang kene keto, tresnan beli tuah tekening adi (Biarkan orang bicara begini-begitu, cinta kakak hanya kepada adik)
Diastun matan ai endag uli kauh, diastun bulan lan bintange tusing mesunar, tuah adi ne sayangang beli (Walaupun matahari terbit dari barat, walaupun bulan dan bintang tidak bersinar, hanya adik yang kakak sayangi)

Itulah beberapa contoh kalimat menyatakan cinta dan sayang dalam bahasa Bali. Penyebutan “beli” (kakak) dan “adi” (adik) memang lebih sering digunakan dalam bahasa Bali, agak jarang menggunakan kamu dan aku. Jika kurang pas menggunakan “beli” dan “adi”, bisa digunakan nama saja. Semoga beberapa contoh bahasa Bali menyatakan cinta dan sayang ini bermanfaat walaupun hanya beberapa contoh, karena masih banyak lagi contoh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.