About

Tentang Saya

Nama lengkap saya I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom, M.Kom, biasa dipanggil Wira. Saya lahir dan dibesarkan di Kerobokan, Kuta Utara, Bali. Selepas masa SMU tahun 2001, saya meneruskan kuliah ke kota Surabaya selama 4 tahun hingga lulus tahun 2005.

Awalnya saya sempat bekerja sebagai programmer selama 4 bulan, berkutat dengan Visual Basic 6.0. Saya kemudian pindah bekerja di kantor Oakley Indonesia di daerah Nusa Dua Bali dan terbiasa dengan belasan ribu baris data Microsoft Excel, disana saya juga hanya bertahan selama 4 bulan. Pindah kerja lagi, saya mulai mengawali karir di bidang pendidikan dengan bekerja sebagai dosen bidang IT di STIE Triatma Mulya. Bersamaan dengan itu saya juga menjadi dosen luar di Stikom Bali.

Di STIE Triatma Mulya saya bertahan lebih dari 1,5 tahun dan akhirnya pindah lagi ke Dinas Pendidikan Kota Denpasar sebagai staff IT dengan status tenaga kontrak. Alasan pindah tentu karena saya berharap ada peluang untuk menjadi pegawai negeri (PNS). Tepat setahun kontrak berjalan dan akan berakhir, belum ada tanda-tanda atau peluang untuk menjadi PNS disana, saya mencoba ikut tes CPNS di instansi lain, akhirnya lulus tes CPNS di Kantor Kopertis Wilayah VIII sebagai tenaga teknis (Pranata Komputer).

Beberapa hari setelah itu saya juga lulus tes CPNS di STP Nusa Dua Bali sebagai dosen. Lulus CPNS di dua tempat tentu menjadi hal yang istimewa bagi saya. Tetapi, saya harus memilih salah satu dan karena merasa menjadi dosen sepertinya lebih cocok dengan jiwa saya, saya putuskan menjadi dosen komputer di STP Nusa Dua Bali, serta mengundurkan diri (batal) dari Kantor Kopertis Wilayah VIII (sebelumnya saya sudah melengkapi semua persyaratan dan tinggal menunggu SK CPNS).

Tahun 2017 sembari bekerja di STP Nusa Dua Bali (sekarang sudah beralih status menjadi Politeknik Pariwisata Bali) saya mengambil kuliah S2 di Universitas Pendidikan Ganesha. Akhir tahun 2020 saya akhirnya lulus kuliah dan menyandang gelar M.Kom, sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan saat lulus S1 dulu, karena lulus S1 rasanya sudah final bagi saya saat itu.

Hingga saat ini (tahun 2021) saya masih bekerja di Politeknik Pariwisata Bali dengan jabatan fungsional Pranata Komputer Ahli Muda (pengangkatan TMT 1 Januari 2018 melalui inpassing). Saya juga tetap mengajar beberapa matakuliah. Sementara di Stikom Bali saya sudah lama tidak mengajar lagi disana. Jadi kini saya hanya fokus bekerja di satu tempat saja sebagai PNS.

Tentang Blog

Tanggal 6 Nopember 2006 ketika bekerja sebagai dosen IT di STIE Triatma Mulya, saya diperkenalkan pada dunia blog oleh seorang teman (Kecek) yang juga dosen IT. Awalnya saya mulai numpang ngeblog di wordpress.com, kemudian bulan Oktober 2007 saya memutuskan membeli domain http://wirautama.net dan menyewa hosting sendiri, juga atas bantuan teman saya. Saya semakin menikmati dunia blog, hingga akhirnya sekitar bulan April 2009 ada masalah pada hosting dan saya kehilangan seluruh konten blog di http://wirautama.net.

Bulan Mei 2009, beberapa saat setelah hari pernikahan saya, http://wirautama.net mulai saya bangun kembali dan sempat mencapai Page Rank 4. Sayangnya sekitar bulan Oktober dan Nopember 2009 masalah mulai datang lagi menghampiri. Bulan Nopember 2009 saya memutuskan untuk membuat sebuah blog baru yaitu imadewira.com.

Tentang Domain imadewira.com

Domain imadewira.com sebenarnya terdiri dari 3 bagian kata yaitu : i, made, wira. Ketiga bagian ini saya ambil dari nama lengkap saya, I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom. Ketiga bagian dari nama domain ini merupakan inti dari nama saya yang memiliki arti atau makna kurang lebih sebagai berikut :

  • i

Kata i umumnya selalu ada pada setiap awal nama orang Bali, ini adalah ciri khas nama orang Bali. Pada bahasa bali i juga berarti si. Jadi misalnya kalau pada bahasa Indonesia seseorang dipanggil Si Pitung, pada bahasa Bali dipanggil I Pitung, Si Anu = I Anu dan seterusnya.

  • made

Masih berkaitan dengan ciri khas nama orang Bali, Made merupakan nama depan bagi anak kedua. Di Bali terdapat sistem pemberian nama depan yang menandakan seseorang merupakan anak ke berapa dalam keluarga. Misalnya untuk anak pertama digunakan : Putu, Wayan, Gede. Anak kedua : Made, Nengah, Kadek. Anak ketiga : Nyoman, Komang. Anak keempat : Ketut.

  • wira

Wira adalah nama panggilan yang paling sering saya gunakan, sebenarnya selain itu saya memiliki beberapa nama panggilan seperti : Degung (panggilan oleh kerabat dirumah), Gung Made (panggilan oleh teman-teman SD dan tetangga), Wira/Sableng (panggilan sewaktu SMP), Wira/Wire/Anker (panggilan sewaktu SMU), Wira/Wire/Wiro (panggilan sewaktu kuliah). Hingga saat ini saya lebih dikenal dengan nama Wira.

Bagi anda yang sudah membaca sejauh ini, saya ucapkan terima kasih, dan juga atas kunjungan anda ke blog ini. Apabila ada sesuatu yang bisa saya bantu atau anda ingin menghubungi saya, silahkan mengirim email ke : madewirautama[at]gmail.com dan saya akan berusaha merespon secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.