Indahnya Pemandangan Air Terjun Sekumpul di Buleleng

Bali memiliki banyak sekali wisata alam seperti wisata air terjun, salah satunya Air Terjun Sekumpul yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Selain air terjun Sekumpul, ada juga air terjun Gitgit yang sangat terkenal, air terjun Nung Nung dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami berkunjung ke air terjun Sekumpul sekitar sebulan yang lalu di sela kegiatan Nindi dalam kejuaraan bulutangkis Singaraja Open.

Air Terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Jaraknya sekitar 20 km dari kota Singaraja, kalau ditempuh menggunakan kendaraan sekitar 30 menit saja sampai tiba di lokasi parkir. Dari kota Singaraja ke arah timur, ada dua pilihan jalan utama menuju air terjun sekumpul yaitu melalui jalan Jalan Raya Keloncing (sebelah barat) atau melalui jalan Raya Desa (sebelah timur). Saya sarankan ambil yang melalui jalan Raya Desa yaitu melalui desa Jagaraga, patokannya adalah dari jalan utama jalan raya Sangsit, masuk di pertigaan Jagaraga, lalu ikuti saja jalan utama ke arah selatan. Kalau di Google map, cari saja “Sekumpul Waterfalls Official”. Ingat jangan percaya lokasi “Sekumpul Waterfall” yang di Anturan, karena di Google Map masih muncul lokasi itu dan itu salah, saya pun sempat tersesat kesana.

Jika sudah tiba di lokasi parkir air terjun Sekumpul, anda bisa membeli tiket masuk di sana, kemudian berjalan kaki menuju air terjun. Saya sendiri tidak sampai di bawah air terjun, kami hanya sampai di atas di lokasi view air terjun, disini saja pemandangannya sudah luar biasa. Untuk sampai di view air terjun Sekumpul ini, kita bisa berjalan kaki santai sekitar 20-30 menit, masih bisa dilewati dengan nyaman termasuk anak-anak, bahkan sebenarnya bisa dengan sepeda motor, jadi jika anda lelah bisa juga naik ojek yang ada disana, tenang saja, orang-orang disana ramah dan tidak akan memaksa wisatawan, kami bahkan ditawarkan pun tidak.

Untuk lebih jelas, silahkan tonton video kami saat menikmati pemandangan air terjun Sekumpul di Buleleng berikut ini.

Menurut saya air terjun Sekumpul ini pemandangannya benar-benar luar biasa indah, sayang sekali saat kami kesana sudah agak sore sehingga kami tidak berani turun ke bawah untuk mendekat ke air terjun. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan lagi berkunjung ke air terjun Sekumpul. Oya, bagi yang berkunjung ke wisata alam seperti ini, jangan membuang sampah sembarangan, sebaiknya bawa sampah kembali dan buang di tempat sampah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.