Tempat Melukat di Pura Mengening Tampaksiring

Tempat melukat di Pura Mengening berada di daerah Tampaksiring. Selama ini kita mungkin hanya mengenal Pura Tirta Empul di Tampaksiring sebagai tempat melukat. Wajar saja karena tempat melukat di Pura Tirta Empul memang sangat terkenal bahkan merupakan salah satu obyek wisata yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tetapi tempat melukat di Tampaksiring tidak hanya itu, ada juga tempat melukat di Pura Mengening.

Pura Mengening memiliki tempat melukat yang merupakan sebuah Telaga Waja. Oya, lokasi Pura Mengening ini tidak jauh dari Pura Tirta Empul, lokasinya di sebelah selatan atau bisa dikatakan di seberang Pura Tirta Empul. Dari Denpasar, saat anda tiba di pertigaan Istana Tampaksiring, langsung saja menyeberang ke kanan dan masuk ke area parkir Pura Mengening. Jika dicari melalui Google Map, lokasi Pura Mengening juga sangat jelas untuk dicari.

Untuk menuju tempat melukat di Pura Mengening, kita akan berjalan kaki dan menuruni beberapa anak tangga. Tangga ini terlihat cukup tinggi, mungkin sekitar 50 anak tangga. Kemudian kita akan tiba di pelataran Pura Mengening yang cukup luas, sedangkan untuk menuju pura kita perlu menaiki cukup banyak tangga lagi, tetapi lokasi melukat ada di bawah, jalannya cukup jelas dan ada papan petunjuk. Untuk menuju tempat melukat di Pura Mengening dari pelataran pura, kita perlu berjalan lagi ke bawah, di sekeliling kita akan melihat banyak aliran air serta pancoran yang memiliki fungsinya masing-masing. Sampai di bawah kita tiba di Telaga Waja yang merupakan tempat melukat.

Saat tiba di tempat melukat di Pura Mengening, kita akan melihat telaga waja dengan suasana yang sangat asri, terasa berada di tengah hutan yang sejuk dan alami. Di tempat melukat Pura Mengening ini ada beberapa pancoran dimana pancoran utama disebut dengan Tirta Sudamala, kemudian di sebelahnya ada beberapa pancoran lagi. Sebelum atau setelah melukat sebaiknya kita juga bersembahyang di tempat yang telah disediakan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan. Tempat melukat di Pura Mengening Tampaksiring ini ada 2 bagian yaitu di sebelah kiri dan kanan tempat sembahyang, tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama karena sumber airnya juga sama. Kebanyakan orang melukat di sebelah kiri karena airnya lebih besar.

Berikut ini video dokumentasi tempat melukat di Pura Mengening Tampaksiring, Gianyar, Bali.

Tempat melukat di Pura Mengening, Tampaksiring, Gianyar, Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.