Training of Trainer E-Office Kementerian Pariwisata

Perjalanan dinas kali ini adalah menuju Gedung Sapta Pesona di Jakarta yang merupakan kantor Kementerian Pariwisata, yaitu Kementerian dimana saya bernanung sebagai seorang PNS. Saya dan beberapa teman ditugaskan untuk mengikuti kegiatan Training of Trainer aplikasi E-Office Kementerian Pariwisata yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 September 2015. Sebenarnya di tanggal yang sama saya juga sempat akan ditugaskan untuk tugas dinas ke luar daerah (saya lupa itu kemana), akan tetapi saya menyampaikan bahwa saya mungkin akan lebih pas jika ditugaskan mengikuti Training tersebut.

Saya berangkat bersama 3 orang yaitu : I Ketut Sukarta, SH (Kasubbag TU & RT), I Gusti Made Darmaweda, SE (Ketua Tim IT), I Made Dwi Suryawan, SE (Kepegawaian) dan saya sendiri. Kami berangkat dari Bali seperti biasa menggunakan Garuda Indonesia menuju Jakarta. Perjalanan cukup nyaman dan kami tiba dengan selamat kemudian sempat istirahat di bandara sebelum langsung ke gedung Sapta Pesona dengan baik Bus Damri jurusan Stasiun Gambir.

Acara training dilakukan di Meeting Room lantai 12 dan lantai 15 Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Pelatihan dapat kami ikuti dengan baik. Intinya, aplikasi E-Office ini rencananya akan diimplementasikan di Kementerian Pariwisata dan digunakan oleh pejabat dari level Menteri, Eselon I sampai Eselon IV dalam urusan surat menyurat. Akan tetapi ketika pelatihan masih ada beberapa perbaikan yang perlu disempurnakan sebelum nantinya benar-benar digunakan.

Oya, dalam perjalanan dinas ini kami menginap semalam di hotel Harris (saya lupa daerah mana, yang jelas sekitar 15 menit naik taksi dari gedung Sapta Pesona). Keesokan harinya kami kembali mengikuti pelatihan sampai menjelang siang. Selesai pelatihan, kami berjalan kaki saja dari gedung Sapta Pesona menuju stasiun Gambir untuk mencari Bus Damri. Cukup pegal juga sih,tapi kalau naik taksi juga agak tanggung, tak apalah karena kami jadinya sempat melewati tugu Monas sembari sesekali istirahat.

Demikianlah perjalanan dinas saya kali ini.