Bahasa Bali Selamat Pagi Siang Sore Malam

Berikut ini adalah bahasa Bali yang bisa digunakan untuk memberikan ucapan selamat pagi / siang dan sore / malam. Ucapan atau kalimat ini bisa digunakan untuk mengawali percakapan dalam bahasa Bali selain menggunakan ucapan Om Swastiastu yang sudah umum digunakan di Bali.

Baca Juga :

Bahasa Bali untuk selamat pagi adalah “rahajeng semeng”. Rahajeng artinya selamat dan semeng artinya pagi. Jadi rahajeng semeng artinya selamat pagi. Kemudian bahasa Bali untuk ucapan selamat siang adalah “rahajeng tengai”. Tengai artinya siang, jadi rahajeng tengai artinya selamat siang.

Selanjutnya untuk ucapan selamat sore dalam bahasa Bali bisa menggunakan “rahajeng sande”. Sande artinya sore dalam bahasa halus. Selain sande, sore juga bisa menggunakan kata sanja (dibaca sanje, karena huruf a di belakang dibaca e) yang merupakan bahasa biasa/menengah. Dan terakhir untuk selamat malam dalam bahasa Bali adalah “rahajeng wengi”. Wengi artinya malam. Selain wengi, malam dalam bahasa Bali juga bisa menggunakan kata peteng yang artinya malam / gelap.

Demikianlah bahasa Bali untuk ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *