SK Pengangkatan PNS

Pada hari Rabu Tanggal 20 Oktober 2010 saya menerima SK Pengangkatan PNS. Tanggal 20-10-2010 merupakan tanggal yang unik, lihat saja kombinasi tanggal, bulan dan tahunnya. Di tanggal yang unik ini sekaligus menjadi spesial bagi saya karena pada tanggal tersebut pula saya menerima Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata tentang pengangkatan diri saya sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Ya, sebelumnya saya memang masih berstatus sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Setelah setahun lebih menunggu akhirnya saya menjadi PNS juga. Saya mulai bekerja sebagai Dosen dengan status CPNS di STP Nusa Dua Bali sejak tanggal 1 April 2009, surat Keputusan yang saya terima saat saya terhitung menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) sejak tanggal 1 April 2010. Teman-teman pun berkelakar menyarankan saya agar saya menyimpan baik-baik SK PNS tersebut, bila perlu simpan saja di Bank katanya (maksudnya dijadikan jaminan untuk meminjam uang, hehe). Saya pribadi tentu sangat senang dengan datangnya SK PNS 100% ini.

Efeknya tentu banyak khususnya masalah gaji. Selama masih menjadi CPNS, gaji yang saya terima hanyalah 80% dari gaji pokok. Dan setelah mendapat SK PNS 100% ini seharusnya gaji yang terima sudah 100% pula. Walaupun nanti pada prakteknya bisa jadi gaji itu akan disusulkan pada bulan selanjutnya. Selain itu tentu saja saya bisa lebih tenang menyusun langkah selanjutnya untuk meniti karir disini di STP Nusa Dua Bali. Saya harus lebih banyak mencari informasi serta bertanya kepada teman-teman lain yang lebih senior disini. Khususnya nanti masalah proses menjadi “dosen”.

Saat ini saya memang menjadi dosen di STP Nusa Dua Bali. Tapi status saya belumlah menjadi “dosen” tapi masih sebagai “pengajar”. Dosen adalah untuk mereka yang sudah memiliki jabatan fungsional seperti Asisten Ahli, Lektor atau yang lainnya. Entahlah saya juga belum begitu jelas untuk hal ini.

Untuk saat ini, saya hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk lembaga dimana saya mengabdi. Walaupun mungkin beberapa teman atau mereka yang lebih senior menganggap apa yang saya lakukan tidak ada apa-apanya tetapi saya akan berusaha maksimal. Mengerjakan tugas sebagai seorang pengajar, mengerjakan sesuatu yang walaupun kecil tetapi berguna dan realistis dibanding hanya wacana luar biasa tanpa aksi nyata. Dan tentu saja ketika menerima SK PNS 100% ini saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena saya sudah bisa tiba di hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.