Masih Ngeblog?

Masih Ngeblog? Pertanyaan ini seringkali menjadi semacam joke diantara para blogger. Dulu ngeblog adalah salah satu kegiatan yang mengasikkan saat terkoneksi dengan internet. Setiap hari atau setiap ada koneksi internet rasanya selalu ingin membuka blog untuk melihat atau membalas komentar dari blogger lain. Selain ngeblog, waktu yang ada juga seringkali digunakan untuk blogwalking, istilah yang artinya jalan-jalan dari satu blog yang blog lain sembari meninggalkan jejak berupa komentar, bisa sekedar komentar pertamax atau komentar serius.

Masih Ngeblog? Sekarang setahu saya sudah tidak banyak lagi yang aktif ngeblog, entah karena saya yang tidak pernah blogwalking lagi atau memang sebagian besar blogger sudah beralih ke media lainnya seperti youtube atau social media lainnya. Blog saya ini juga sangat jarang saya update sehingga beberapa teman blogger lain yang dulu rajin berkunjung dan berkomentar juga ikut enggan berkunjung.

Masih Ngeblog? Di sisi lain beberapa blogger tenar yang biasa saya kunjungi seperti om Donny Verdian, BlogDokter dan lainnya ternyata masih sangat aktif ngeblog. Begitu pula kawan blogger dari Bali, bli PandeBaik yang tulisan di blognya terus bertambah di tengah gempuran sosial media, sepertinya tidak ada niat untuk meninggalkan dunia blog sama sekali. Lalu saya? Masih Ngeblog? Entah sampai kapan blog saya ini akan bertahan. Jalani saja.

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *