Benchmark ZI-WBK ke STP Bandung

Perjalanan dinas kali ini saya mendapat tugas untuk melakukan benchmark ke STP Bandung terkait pembangunan Zona Integritas (ZI) – Wilayah Bebas Korupsi (WBK). STP Bandung dipilih sebagai benchmark karena pertimbangan STP Bandung telah mendapatkan predikat ZI-WBK pada tahun 2020 yang lalu, selain itu STP Bandung merupakan instansi pendidikan yang sama-sama berada di bawah naungan Kemenparekraf, bisa dikatakan STP Bandung merupakan kakak tertua dari Politeknik Pariwisata Bali (sebelumnya bernama STP Nusa Dua Bali).

Dalam keanggotaan tim ZI-WBK di Politeknik Pariwisata Bali, saya ditempatkan sebagai anggota dari bagian Penataan Tatalaksana. Pada Lembar Kerja dan Evaluasi atau biasa disingkat LKE ada beberapa poin yang menjadi pembahasan kami khususnya dalam benchmark kali ini. Setelah melakukan benchmark ini, kami mendapat gambaran besar khususnya di bidang Penataan Tatalaksana, jadi tidak rugilah kegiatan benchmark ini.

Ngomong-ngomong tentang perjalanan dinas ini, saya hanya dapat beristirahat 2 malam setelah perjalanan dinas sebelumnya ke Makassar dan Lombok, tetapi saya sudah menyiapkan diri khususnya berusaha menjaga kondisi fisik agar tetap fit. Kami berangkat ke Bandung pada hari Senin pagi tanggal 7 Juni 2021 menggunakan pesawat Citilink. Tiba di Bandung sekitar pukul 10 pagi waktu setempat, kami langsung menuju kampus STP Bandung dan bertemu pimpinan serta panitia yang menangani ZI-WBK tahun lalu disana. Kami langsung melakukan pertemuan dan benchmark sampai sekitar pukul 5 sore. Sebagian besar materi berusaha kami selesaikan hari itu.

Hari kedua, kami melakukan pertemuan di hotel dengan tim benchmark yang ditugaskan ke Bandung, karena yang tim yang ikut bukan hanya bagian Penataan Tatalaksana tapi juga bagian lainnya. Dalam pertemuan ini cukup banyak hal yang dibahas terkait rencana dan strategi serta tindak lanjut dalam penyiapan dokumen-dokumen ZI-WBK nanti khususnya yang terkait dengan LKE. Hari ketiga, kami selesai bertugas dan kembali ke Bali bersama Citilink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.