Tips dan Trik Bimbingan Skripsi Mahasiswa

Melakukan bimbingan skripsi atau tugas akhir bagi mahasiswa sebenarnya ada tips dan trik yang bertujuan agar proses bimbingan skripsi bisa berjalan dengan lancar dan mulus serta mendapatkan hasil yang maksimal. Dari berbagai pengalaman dan informasi berikut ini beberapa tips dan trik bimbingan skripsi bagi mahasiswa yang perlu diketahui yaitu:

Mulai dengan awal yang baik

Salah satu tips terpenting ketika bimbingan skripsi atau tahap awal perjumpaan dengan dosen pembimbing. Proses ini wajib dilalui dengan mulus dan tanpa kesan negatif. Mahasiswa sebaiknya menyiapkan diri dengan baik saat mengawali proses bimbingan. Namun tidak perlu terlalu tegang, anda sebaiknya tenang dengan rasa percaya diri yang cukup dan tidak berlebihan. Buat suasana menjadi senyaman mungkin, tidak terlalu mendekat dan juga tidak terlalu jauh. Mahasiswa harus pintar melihat situasi dan mencari momen yang tepat.

Etika dan sopan santun

Jika proses pertemuan pertama mulus atau setidaknya lancar, maka tips kedua untuk bimbingan skripsi untuk mahasiswa adalah selalu menjaga etika dan sopan santun. Karena bimbingan pasti butuh waktu dan mahasiswa pasti akan selalu membutuhkan bimbingan dosen. Perhatikan cara komunikasi dengan baik, misalnya saat membuat janji atau saat bimbingan skripsi.

Kenali dan pahami karakter

Tips dan trik bimbingan skripsi selanjutnya masih berhubungan dan yamg diatas, mahasiswa sebaiknya mengenali dan memahami karakter dosen pembimbing. Dosen juga manusia, jadi alangkah baiknya jika mahasiswa bisa mengerti keadaan dosennya. Misalnya jangan memaksa ketemu bimbingan saat dosen sedang sibuk dengan tugas lain yang mungkin lebih penting.

Hargai dan hormati

Ini tips dan trik terakhir saat bimbingan skripsi yaitu ingat selalu menghargai dan menghormati dosen pembimbing anda, baik sejak awal bimbingan, selesai bimbingan, saat ujian atau bahkan jika kelak suatu saat mahasiswa sudah melampaui posisi dan kemampuan dosennya.

Dan ini benar-benar yang terakhir, tips dan trik terpenting saat bimbingan skripsi adalah SABAR. Tidak jarang mahasiswa gagal di tahap bimbingan skripsi karena kurang sabar. Proses menyusun skripsi memang sebuah proses penting dan kadang sangat sulit, untuk itulah diperlukan kesabaran tingkat tinggi. Jadi, buat mahasiswa yang akan skripsi atau sedang bimbingan, tetap semangat dan jangan menyerah. Wisuda sudah menunggu anda..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

One thought on “Tips dan Trik Bimbingan Skripsi Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *