Satu Tahun di STP Nusa Dua Bali

March 31st, 2010 by imadewira Leave a reply »

Hari ini tepat tanggal 1 April 2010, itu berarti sudah tepat satu tahun saya bekerja menjadi pengajar / dosen dengan status CPNS di STP Nusa Dua Bali. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada halangan sehingga saya bisa menjadi PNS penuh. Ada banyak hal yang saya alami selama setahun disini dan akan coba saya ceritakan satu persatu.

Diklat Prajabatan

Mungkin yang saya alami agak berbeda dengan CPNS lainnya yang melaksanakan Diklat Prajabatan sekitar setahun setelah menjadi CPNS. Baru sebulan saya bekerja, saya langsung ditugaskan untuk mengikuti Diklat Prajabatan. Saya “dititipkan” untuk mengikuti Diklat Prajabatan golongan III di Badan Diklat Pemerintah Provinsi Bali. Mungkin karena pertimbangan jadwal Diklat Prajabatan tersebutlah maka saya mengikuti Diklat Prajabatan ketika baru sebulan bekerja.

Mengajar Mata Kuliah TIK

Semester lalu, saya mulai mengajar mata kuliah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di STP Nusa Dua Bali. Ada dua kelas yang saya ajar yaitu kelas MBP (Manajemen Bisnis Perjalanan) dan MKH (Manajemen Konvensi dan Perhelatan). Materi yang saya ajarkan mulai dari pengenalan komputer hingga internet. Semester ini saya masih mengajar mata kuliah TIK namun hanya satu kelas yaitu MBP (Manajemen Bisnis Perjalanan).

Membuat Aplikasi

Satu tahun bekerja di STP Nusa Dua Bali, saya tidak hanya mengajar. Saya juga membuat dua buah aplikasi yang cukup sederhana atas permintaan atasan saya, Kepala Unit Komputer STP Nusa Dua Bali. Aplikasi pertama adalah untuk mengelola barang-barang seperti tinta, cartride, mouse dan lainnya yang ada di Unit Komputer. Dengan adanya  aplikasi ini pencatatan dan pelaporan menjadi lebih mudah dibanding sebelumnya. Aplikasi ini sudah digunakan beberapa bulan oleh Kepala Unit saya dan berjalan dengan baik.

Aplikasi kedua adalah untuk Sistem Informasi Mutasi dan Histori untuk komputer, laptop dan barang lainnya di STP Nusa Dua Bali. Aplikasi ini mencatat semua mutasi / perpindahan barang-barang komputer serta histori (catatan kerusakan dan perbaikan) barang-barang tersebut. Aplikasi ini baru saya selesaikan beberapa waktu yang lalu dan baru akan mulai dicoba digunakan oleh Kepala Unit saya. Semoga saja bisa berjalan dengan baik, dan saya merasa aplikasi ini berpeluang besar untuk dikembangkan.

Kedua aplikasi tersebut saya buat berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Yang membuat saya senang adalah karena Kepala Unit saya begitu antusias dan aplikasi yang saya buat benar-benar digunakan serta dapat membantu memudahkan pekerjaan Kepala Unit. Sayangnya aplikasi yang saya buat ini belum mendapat perhatian dari pejabat di STP Nusa Dua Bali, namun saya memaklumi karena mungkin aplikasi tersebut sangat sederhana.

Sulitnya Menghafal Nama Dosen

Satu tahun saya bekerja disini, mungkin hanya 10% dari nama dosen dan pegawai yang saya ingat. Banyaknya jumlah dosen serta pegawai (sekitar 300 orang) serta kondisi geografis yang menyebabkan saya jarang bertemu dengan dosen lain membuat saya susah untuk mengingat nama-nama mereka. Hanya sebagian yang saya hafal namanya. Ada teman yang menyarankan agar saya lebih sering membaur, contohnya ketika di kantin.

Sayangnya saya tidak suka berlama-lama di kantin sehabis makan siang, apalagi ketika cuaca panas. Saya lebih suka ngadem di ruangan dan lebih betah di depan laptop. Kecuali mungkin ketika ada dosen atau pegawai lain yang pas dan asik untuk diajak mengobrol.

Betah

Tetapi secara umum, hingga saat ini saya betah bekerja disini. Walaupun jarak yang harus saya tempuh dari rumah untuk ke kampus adalah 27 KM (berarti 54 KM per hari). Sebenarnya kampus menyediakan transportasi berupa bus kampus, sayangnya bus tersebut tidak melewati rumah saya.

Satu tahun pertama telah terlewati, semoga saja karir saya disini makin baik dan saya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan tugas yang diberikan kepada saya sebagai seorang dosen. Dan semoga saja tahun ini SK PNS penuh bisa saya terima.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

14 comments

  1. Cahya says:

    Ada suka dukanya jadi dosen ya Pak, saya sendiri pernah melihat temen saya yang kelelahan karena mengejar akreditasi dari DIKTI, kasihan banget saya lihat dia kerja sampai lembur-lembur, belum lagi harus menyiapkan kuliah esok harinya…
    .-= Cahya´s last blog ..Kuis Map Misterius Berhadiah =-.

  2. DV says:

    Selamat, Bli!
    Semoga cepat jadi PNS full! :)
    .-= DV´s last blog ..Selamat Paskah, semoga Munir dan Marsinah berbahagia di surga =-.

  3. Deka says:

    Semoga segala harapan dapat tercapai Bli.
    .-= Deka´s last blog ..Harga Sebuah Kejujuran =-.

  4. Lea Ramdhani says:

    iya bener bli..kalo soal nginget nama orang aku jg suka lupa nama murid2ku di sekolah..yg bisa diinget itu kalo anaknya eksis aja dikelas..ya kalo ndak pinter ya badung..maklum bukan guru kelas sih..
    btw sukses dengan karirnya semoga SK PNS nya segera turun..amin

  5. Weka says:

    Kok saya ga pernah liat ya??? apa saya yang ga pernah kuliah ini…hihih…baru lulus taun kemaren soalnya

    btw salam kenal Bli Made…
    Weka´s last blog post ..My Feeling just like this

Leave a Reply

CommentLuv badge