Hamil Sebelum Menikah

January 19th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Hamil sebelum menikah? Tentu saja tidak disarankan oleh siapa pun, apalagi kalau dihubungkan dengan ajaran agama. Semua agama pasti melarang adanya kehamilan sebelum atau di luar pernikahan. Tetapi disini saya tidak akan berbicara tentang agama karena saya bukanlah ahlinya dan bukan kapasitas saya berceramah tentang agama.

Kembali tentang hamil di luar nikah atau sebelum menikah sudah hamil duluan, dan pernikahan dijalankan dalam keadaan mempelai perempuan sedang hamil. Hamil di luar nikah berarti melakukan seks sebelum menikah, meskipun dilarang oleh ajaran agama, pada kenyataannya kasus seperti ini semakin sering kita temui. Khususnya bagi pasangan yang memang sudah siap untuk menikah, seolah mereka baru akan menikah setelah si perempuan hamil.

Apalagi ada yang kesannya hamil sebelum menikah dilakukan dengan sengaja. Bahkan mungkin ada yang berpendapat bahwa akan terus menunda pernikahan hingga terjadi kehamilan. Dari sekian banyak teman dan kerabat saya yang menikah, hampir sebagian besar melangsungkan pernikahan saat mempelai wanita sudah hamil. Walaupun tidak terlihat hamil, tetapi kehamilan sebelum menikah itu bisa dibuktikan dengan jarak antara kelahiran bayi dengan hari pernikahan yang kurang dari sembilan bulan.

Tapi, saya disini tidak akan menyalahkan atau mengatakan yang ini benar dan yang itu salah. Karena menurut saya, itu hak mereka sendiri. Hamil sebelum menikah atau setelah menikah menjadi urusan masing-masing pasangan. Saya juga tidak munafik lalu menyalahkan mereka karena hamil sebelum menikah. Apalagi sebelumnya saya juga sempat berprinsip hamil sebelum menikah tidak masalah asalkan pasangan tersebut memang sudah siap untuk menikah. Tapi kalau hamil sebelum menikah dimana pasangan tersebut belum siap menikah (mungkin karena masih sekolah atau kuliah), itu yang jadi masalah.

Untuk diketahui, saya sudah menikah, dan istri saya hamil sekitar 2 bulan setelah kami menikah, syukurlah kami bisa menahan diri hingga tidak terjadi kehamilan sebelum menikah. Di luar kaitannya dengan agama dan kepercayaan, setelah menikah saya baru mengerti dan tahu apa “untung” dan “rugi” hamil sebelum menikah. Dan saya sarankan untuk anda yang belum dan akan menikah, usahakanlah agar jangan hamil dulu. Karena menurut saya, lebih banyak keuntungan menikah dalam keadaan tidak (belum) hamil. Saya akan mencoba menjelaskan “untung” dan “rugi” tentang hamil sebelum menikah itu di postingan selanjutnya.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

67 comments

  1. Mamah Aline says:

    bisa komen di ini pertama nih, asyik.. lama gak kesini wira pa kabarnya…memang menjadi hak pribadi masing-masing untuk seks pranikah dan hamil duluan, yang disayangkan jika tidak ada komitmen untuk mempertanggung jawabkan itu yang repot apalagi jika sampai janin lahir yang jadi korban ya keturunan kita. untungnya saya termasuk konservatif dalam hal ini jadi urusan pacaran sampai nikah bisa dilalui dengan selamat
    .-= Mamah Aline´s last blog ..Mendadak Pangandaran =-.

  2. Tanggu says:

    ditunggu postingan selanjutnya, semoga dluan postingannya keluar dr pada saya nikah.. :)) hahaha
    .-= Tanggu´s last blog ..Riverview Sanur Villa =-.

  3. Cadink says:

    Aduh….. Siapakah itu ??? HmmMMMm… :D

  4. haloooo….. salam kenal 0_0

  5. Knight says:

    HASIL yang BAIK berawal dari PEMBIBITAN yang BAIK begitu pula sebaliknya…MAnTABZz…ane SETUDJU..

  6. Bhirawa says:

    Sahabatku,
    Saya berkunjung untuk silaturahmi sambil membawa doa semoga sahabat dalam keadaan sehat-walafiat, lancar dalam menjalankan tugas /kewajiban, sejahtera dan bahagia lahir batin.
    Demikian pula blognya semakin maju dan berisi artikel yang semakin menarik dan bermanfaat. Amin
    Salam hangat dari Surabaya

  7. peri says:

    setuju nice post nih :)
    :salam:

  8. Cahya says:

    Ento adane beling di malu, nak onyangan keto, sing ade beling di tundung

    Walau dulunya cuma goyon, tapi sekarang saya malah aneh melihatnya jadi lumrah ???
    .-= Cahya´s last blog ..Rilis Avast Antivirus 5 – Download Sekarang Juga! =-.

  9. adiarta says:

    kalo udah menikah tapi tidak kunjung hamil, lihat di
    http://adiarta.com/tips-bercinta-agar-hamil
    sekalian promosi Pak… hehehe..
    .-= adiarta´s last blog ..Tips Bercinta Agar Hamil =-.

  10. susi says:

    aduch pusing noxx mana yg bener nich yaw ????
    jadi bingung ndiri dech……
    mohon d_perjelas yaw … ^_^

  11. DV says:

    Seiring perkembangan jaman, pakem ttg mana yang layak dan mana yang tak layak sayangnya juga ikut berkembang :)

    Kurasa tak tepat untuk menghakimi mereka yang hamil duluan sebelum menikah (langkahmu sudah benar, Bli) tapi lebih tepat lagi adalah, hamil kan hanya efek, proses pembuat hamil itu yang perlu diselidiki hahaha :))
    .-= DV´s last blog ..Little Nyonya =-.

  12. Tentu dari pandangan perspective masing masing.. dan pandangan saya “tetep aja ngak boleh, jelas karna bukan muhrimnya” :)

  13. Membaca tulisan ini saya jadi berpikir, sebenarnya bisa ndak ya pasangan yang menikah dengan hamil lebih dulu dilaporkan karena melakukan perzinahan? Sebab, kehamilan itu menjadi bukti bahwa terjadi hubungan suami-istri di luar ikatan perkawinan yang sah menurut hukum. *Sok banget saya.. :)

    Tapi secara pribadi, saya juga mengambil sikap seperti anda. Ndak akan memvonis mereka benar atau salah. Mereka pasti sudah tau baik buruknya perbuatan mereka.
    .-= Agung Pushandaka´s last blog ..Negeri Perusuh =-.

  14. bayu says:

    selamat siang mas
    klo saya baca tentang hamil sebelum nikah, saya koq malah merasa aneh gitu. apalagi jika dihubungkan dengan agama.
    dalam islam, anak hasil zina tidak dinasabkan ke ayahnya. namun dinasabkan ke ibunya.
    nah, si ayah biologis ini dianggap sebagai laki2 aasing. jadi ia sama sekali tidak punya hak atas anaknya. baik masalah warisan, nikah, dsb yg berhubungan dengan nasab.
    parahnya, banyak orang islam yg tidak tahu hal ini. miris sekaligus menyedihkan. :(

    btw, kenapa ga mau pke plugin mas?
    .-= bayu´s last blog ..Dan Resah =-.

  15. bayu lagi says:

    lebih enak pke plugin mas. dari pada manual. hehe
    .-= bayu lagi´s last blog ..Cara membuat halaman contact us =-.

  16. andipeace says:

    mungkin kalo saya tidak pernah mendengarkan keluhan dari beberapa teman say tentang hal ini (hamil sebelum nikah) dan saya tidak bisa mengambil sisi positif dan negtifnya.emmmh mungkin saya sudah menjalin status hub hamil sebelum nikah :D hanya saja selalu berfikir (antara cinta dan nafsu setan) dan sedikit pesan : lebih enak dan surprice bela duren saat sudah resmi nikah :D :D :D selain itu yang teramat penting adalah nama baik.
    :D saya tunggu post selanjutnya mas :D

    salam peace dari cah lapindo
    .-= andipeace´s last blog ..Bergaya Dengan Kacamata =-.

  17. antokoe says:

    yang boleh itu Menikah Sebelum Hamil…..
    .-= antokoe´s last blog ..Pamrih atas Usaha =-.

  18. Masih sebentar kayaknya mas. Saya aja 1,5 tahun baru hamil. hehe becanda… sebab kami ndak berpacaran, jadi pacaran dulu 1,5 tahun…. asyikkan…
    .-= Henny Faridah´s last blog ..Hair Decoration for Hair Fashion =-.

  19. HYIP Jaya says:

    Alhamdulillah masih bisa mkenjaga…
    .-= HYIP Jaya´s last blog ..Trial Oico di HYIP Jaya =-.

  20. Winarto says:

    Asal saling bertanggung jawab

  21. Larejawi says:

    Dah takdir…hehehe
    .-= Larejawi´s last blog ..Setahun Sudah =-.

  22. Wah…saudara saya malah sengaja hamil duluan supaya bisa menikah bli…aneh kan, alasannya ga tau kenapa bli..

  23. Deka says:

    Menurut pandangan saya sendiri sich bukan cuma hamil saja, tapi melakukan hubungan suami istri walaupun tidak hamil juga tetap dilarang.
    .-= Deka´s last blog ..Kehabisan Ide…? I don’t think so. =-.

  24. Sugeng says:

    hamil sebelum nikah malah menjadi tren disini. baik juga sih nikah dalam keadaan tidak hamil tapi lebih baik lagi adalah tidak “kawin” sebelum menikah. :lol:
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    .-= Sugeng´s last blog ..Bagaimana Kita Menemukan Kebahagiaan ? =-.

  25. PanDe Baik says:

    Jauh lebih baik hamil dulu baru nikah… soale ada yang sampe stress gara2 blom hamil juga padahal dah nikah satu dekade. :)

  26. Alfred says:

    no comment…belum nikah euy^_^

  27. Aldy says:

    Dibuat enjoy saja, walau dalam lingkungan masyarakat kita hamil sebelum nikah masih dianggap aib.
    The show must go on ….

  28. a! says:

    salah satu tujuan kawin kan utk reproduksi. jadi kalo ada yg bisa reproduksi dulu sebelum kawin brarti mereka sudah hebat. :p
    .-= a!´s last blog ..Belajarlah Jadi Wartawan ke Pasar Guwang =-.

  29. san says:

    Kalau menurut beberapa adat, hamil diluar nikah itu bakalan dikucilkan..
    jadi, hamil sebelum nikah memang pilihan yang terbaik.
    .-= san´s last blog ..Trio Libels, kembali meramaikan Music Indonesia. =-.

  30. perjakakelana says:

    makanya pake kondom…murah tuh di apotik, mau yg biasa ato ada rasa stroberi, pisang dll…asal ga dimakan aja..

    hehehehe

    hamil sebelum nikah memang ribet urusannya kalo kedua pihak belum siap, keluarga besar tidak terima, pihak perempuan menuntut tanggungjawab disertai denda yg besar (denda adat biasanya)..

    lain urusan kalo hamil diluar nikah buat nge-test, kira2 gwe bisa bikin anak ga ya?..hehehehehe

Leave a Reply

CommentLuv badge