Pura Tirta Empul Tampak Siring

Tirta Empul adalah sebuah pura yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya tepat di sebelah Istana Presiden di Tampak Siring yang dulu dibangun oleh presiden Soekarno. Pura Tirta Empul terkenal karena terdapat sumber air yang hingga kini dijadikan air suci untuk melukat oleh masyarakat dari seluruh pelosok Bali, tak jarang wisatawan yang berkunjung pun tertarik untuk ikut melukat.

Pura Tirta Empul ini juga merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Bali khususnya Gianyar. Oleh karena itu pula, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno mendirikan sebuah Istana Presiden tepat di sebelah barat Pura Tirta Empul, Tampak Siring. Para presiden Indonesia yang datang ke Bali biasanya menyempatkan diri singgah ke Istana Presiden Tampak Siring tersebut. Saat ini pura Tirta Empul dan lokasi tempat melukat tersebut merupakan salah satu lokasi wisata unggulan di kabupaten Gianyar.

Konon terdapat sebuah cerita tentang seorang raja yang bernama Mayadenawa, Mayadenawa sangat sakti tetapi jahat. Bhatara Indra pun diutus dari langit untuk membunuh Mayadenawa. Mayadenawa kewalahan lalu melarikan diri dengan berjalan sambil memiringkan telapak kakinya agar tidak terdengar oleh Bhatara Indra. Dari sanalah kemudian muncul nama sebuah desa Tampak Siring. Mayadenawa kemudian meracuni pasukan Bhatara Indra dengan air yang sudah diracuni, Bhatara Indra lalu menancapkan sebuah bendera ke tanah dan tersembur air yang dijadikan penangkal racun Mayadenawa. Konon sumber air itulah yang kini disebut Tirta Empul.

Anda yang tinggal di Bali khususnya umat Hindu tentu tak asing dengan tempat melukat di Pura Tirta Empul ini. Bagi anda yang dari luar Bali dan berlibur ke Bali, rasanya mungkin belum lengkap jika belum jalan-jalan ke Gianyar yang terkenal sebagai pusat seni di Bali, dan juga jangan lupa mampir ke Pura Tirta Empul dan merasakan suasana sejuk dan tenang. Jika berkenan, silahkan mencoba untuk melukat dan merasakan dinginnya air dari pancoran di Tirta Empul.

Apakah anda sudah pernah ke Bali?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

33 thoughts on “Pura Tirta Empul Tampak Siring

  1. Jadi ngiler pengen kesana Mas Wira, kebetulan ada kakak yang menikah dengan orang bali.
    Entah kapan, mungkin tunggu anak yang sekarang duduk dikelas V SD memasuki SMP dulu.

  2. Saya pernah tinggal di Bali selama 9 tahun, SMA di Swastiastu, kuliah dan lulusan Warmadewa. Banyak kenangan yang saya tinggalkan di Bali.

    Waktu bulan puasa tahun kemarin saya juga ke Bali dan sempat menyucikan diri di Tirta Empul.

    Selamat Tahun Baru buat Anda dan semua teman-teman blogger di sini
    .-= tikno´s last blog ..Gus Dur, I love you =-.

  3. huuuhhh…….tampaksiring ??? wooow…..keren banget. coba aja kalian yang pada tau tempat tampaksiring, ga jauh – jaug amat dari istana presiden noh ada sebuah desa. manukaya gitu…. tradisinya unik banget…. oya met valentine yaw…..

    1. @yantik, wah mbak yanti boleh saya minta informasinya? kebetulan saya sedang memproses untuk mengajukan judul. saya disarankan untuk mengambil objek wisata tirta empul. saya tertarik dengan nama desa yang mbak sebutkan.
      mohon bantuannya :(
      @imadewira, boleh dong mas share tentang tirta empulnya :(

      send email to : rysna_cutez(at)yahoo(dotcom)

  4. Waduh begitu indahnya bali bli…

    sampai sekarang saya sendiri belum pernah ke bali padahal bali tanah kelahiran orang tua saya…

    Tirta empul ini ternyata memiliki magis yang tak kalah poluler dari tempat2 wisata lainnya di bali…

  5. soa cerita asal usul itu mengingatkan saya pada ludruk. di era sekarang sepertinya lucu aja……

    anyway nice palce to visit.

  6. Bali memang indah. Sudah puluhan tahun saya tidak ke sini. Dul;u pernah berkorespopndensi dengan seorang pensiunan Polri berpangkat perwira menengah. Tapi setelah itu terputus, mungkin beliau sudah meninggal.Tahun depan bali mau menyelenggarakan Miss World yta/ semoga sukses, dan lancar selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *