Hati-Hati Pencuri Pura-Pura Mencari Kos

Kejadian pencurian ini menimpa tetangga saya beberapa hari yang lalu. Dia mengalami pencurian dimana pencurinya datang ke rumah dengan berpura-pura menanyakan rumah kos. Kebetulan memang di sekitar rumah saya ada banyak tempat kos. Sebagian tempat kos itu tidak khusus berbentuk rumah kos, tetapi rumah biasa yang kamarnya tidak ditempati lalu dijadikan kamar kos oleh pemilik rumah, jadi tempat kos yang menyatu dengan rumah penduduk.

Kronologi pencurian ini berdasarkan cerita tetangga saya langsung, ada seorang perempuan yang datang ke rumahnya. Kebetulan saat itu yang ada dirumah keponakannya yang hanya seorang anak SD bersama dengan neneknya. Si anak SD ini pun kebetulan dalam kondisi tidak enak badan. Si perempuan yang datang ini pura-pura mencari tempat kos dan kebetulan pula rumah tetangga saya ini memang memiliki beberapa kamar kos namun saat itu sudah penuh. Si anak SD yang ditemui oleh perempuan itu pun mengatakan bahwa kamar kos-nya sudah penuh. Lalu si perempuan itu bertanya-tanya lagi :

Si P : “kamar yang itu kamar kos juga?” katanya sambil menunjuk salah satu kamar.
Si anak : “tidak
Si P : “lho, memangnya siapa yang tidur disana?
Si anak : “yang itu kamar paman saya
Si P : “paman kamu sekarang dimana?
Si anak : “dia sedang kerja
Si P : “trus kamu dirumah sama siapa?
Si anak : “sama nenek saja

Dan seterusnya hingga si perempuan memastikan kondisi cukup aman. Penghuni kos juga semua sedang tidak ada. Lalu si perempuan pergi dan berpura-pura pulang. Si anak itu lalu masuk kamar. Saat itulah si perempuan beraksi masuk kamar yang tidak terkunci dan mengambil beberapa barang berupa perhiasan. Si anak sebenarnya mendengar sedikit suara dari kamar pamannya tapi dia acuh saja atau mengira mungkin pamannya yang datang. Selesai beraksi, si perempuan sudah ditunggu seorang lelaki di depan rumah lalu mereka pun kabur menggunakan sepeda motor.

Tetangga saya pun baru sadar terjadi pencurian sore harinya, si anak pun baru sadar bahwa perempuan yang datang tadi itu adalah pencuri. Cerita pun menyebar ke tetangga dan ternyata beberapa tetangga di hari itu juga sempat didatangi oleh perempuan itu dengan modus yang sama yaitu mencari rumah kos. Untung saja di hari itu hanya di satu rumah yang berhasil melakukan pencurian.

Dan ketika cerita makin meluas, tidak jauh dari rumah tadi, sebelumnya juga telah terjadi pencurian dengan modus yang hampir sama. Bahkan ada yang mengatakan pencurian itu dengan menggunakan hipnotis, entahlah yang ini benar atau tidak.

Kejadian ini membuat saya tersadar bahwa di daerah saya sudah jauh berbeda dengan dulu dimana masyarakat sangat welcome dengan orang tidak dikenal. Tapi kini dengan semakin padatnya penduduk dan banyaknya orang tidak dikenal yang berlalu lalang, kita mungkin perlu lebih waspada kepada orang tak dikenal.

Baca Juga:

  • Tidak ada artikel terkait

Wirautama

Wirautama, penulis sekaligus pemilik blog ini adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditugaskan di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali di bawah naungan Kementerian Pariwisata.

One thought to “Hati-Hati Pencuri Pura-Pura Mencari Kos”

  1. Ealah… Resiko Rumah Kost yang akses masuknya menyatu dengan pemilik ya memang begitu… Ipar sudah diwarning sejak awal, dan ia menerapkannya. Sejauh ini jadi aman sih ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.