Waktu Yang Tepat Untuk Blogwalking

Kapankah waktu yang tepat untuk blogwalking?

Bagi saya dan mungkin juga blogger lain, blogwalking adalah salah satu kewajiban menjadi seorang blogger. Kegiatan ngeblog tidak bisa dipisahkan dari yang namanya blogwalking, apalagi untuk mereka yang masih pemula dalam dunia blog, blogwalking mutlak untuk dilakukan.

Seiring berkembangnya blog kita, kegiatan blogwalking pun semakin bertambah karena jumlah blog yang dikunjungi pun semakin banyak. Yang sering menjadi masalah kemudian adalah kapan waktu yang tepat untuk blogwalking. Memang kelihatannya sepele, tetapi ada baiknya kita ketahui kapan saat yang tepat untuk blogwalking, khususnya bagi anda yang memiliki waktu yang terbatas untuk kegiatan blogwalking. Dan aktivitas blogwalking pun kadang berubah menjadi blogrunning, hehe.

Menurut pengalaman dan pendapat saya pribadi, berikut ini adalah waktu dan saat yang tepat untuk melakukan blogwalking :

Sesaat setelah mem-publish tulisan baru
Waktu yang paling tepat untuk blogwalking adalah sesaat ketika anda mem-publish tulisan baru di blog anda. Karena sebagian blogger biasanya akan langsung berkunjung balik ketika kita berkunjung ke blog mereka, jadi pastikan bahwa anda sudah menyajikan sebuah tulisan baru di blog anda sehingga kunjungan balik mereka tidak menjadi sia-sia.

Saat menunggu sesuatu
Ini mungkin bagi anda yang menggunakan perangkat mobile seperti handphone dan lainnya. Saat menunggu bus, saat menunggu antrian di bank bahkan saat menunggu pacar anda yang kelamaan mandi ketika malam minggu, hehe. Yang jelas membunuh waktu dengan blogwalking adalah sangat manjur.

Saat ada waktu luang di jam kerja
Mengerjakan hal lain selain pekerjaan kantor (termasuk ngeblog) di jam kerja tentu tidak disarankan, apalagi di jam sibuk dan anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tetapi ketika ada waktu luang, daripada ngobrolin kejelekan atasan dengan rekan kerja anda, mungkin lebih baik waktu yang ada digunakan untuk blogwalking.

Di malam hari
Waktu di malam hari bisa anda manfaatkan untuk blogwalking, tetapi pastikan bahwa anda tetap memiliki waktu istirahat jika besoknya anda akan bekerja. Mungkin di akhir pekan atau sambil menunggu siaran langsung sepakbola maka tak ada salahnya digunakan untuk blogwalking.

Saat jam makan siang
Saat jam makan siang juga bisa dimanfaatkan untuk blogwalking, khususnya jika anda sedang sendiri dan tidak ada teman makan siang. Sama seperti diatas, blogwalking saat waktu makan siang lebih disarankan untuk anda yang blogwalking dengan perangkat mobile.

Dan berikut ini waktu yang tidak tepat serta sebaiknya jangan digunakan untuk blogwalking :

  1. Saat baru tiba di kantor dan menyalakan komputer (kecuali di KTP anda tercantum : pekerjaan = blogger)
  2. Saat jam sibuk di kantor (kecuali atasan anda juga doyan ngeblog)
  3. Saat jam makan malam di rumah (kecuali bagi anda yang masih bujang)
  4. Saat istri atau teman sedang bercerita serius pada anda (kecuali itu cerita yang berkaitan dengan blog)

Kapan biasanya anda melakukan blogwalking?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

48 thoughts on “Waktu Yang Tepat Untuk Blogwalking

  1. Kalau saya tidak ada waktu khusus untuk blogwalking bli.

    Kalau koneksi lancar, saya bisa blogwalking ke banyak blog. Namun, jika koneksi lemot, saya jarang blogwalking (1-3 sahabat saja).

  2. Saya biasa klo mo BW juga begitu, kira2 sesaat dan setelah publish tulisan baru. Karena waktunya kan pas memang lg urusan blog, jd pikiran gak kepecah2. Kalau misalnya ga kelar semua, ya besoknya, tp ya diset waktunya, biar bisa konsen baca-2 dan bisa kasih komen yg enak buat pemilik blog. Saya tahu gak ada pemilik blog yg senang klo kementator datang cuma bilang, salam kenal, numpang lewat nih, or komen ga penting lainnya. Hhahahaa…

  3. smua wktu BW q sdh trwakili dtulisan ini, tg kdang klo lama gk mosting tulisan bru BW jdi malu2 trpaksa coment luv gag aq centang biar gk ada tautannya
    salam hangat serta jabat erat selalu dasi Tabanan

  4. “bahkan saat menunggu pacar anda yang kelamaan mandi ketika malam minggu”
    hahaha..tau aja kalo cewe mandinya lamaaaaaa kalo mau malem mingguan..wakakka…
    kalo saya sih habis selesai belajar, dan sebelum tidur. tapi biasanya belajarnya malah terganggu coz tergoda buat BW,,hehehe

  5. hi bli… salam kenal yah..
    pendatang baru ini… infona bagus ni… aq “mulai” mengerti, walopun masih sedikit bingung2 hihihi…
    ^^ pertamax ni bli….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *