Waktu Terbaik Mendapat Ide Tulisan

Salah satu kegiatan utama dalam dunia blog adalah menulis. Tulisan (konten) merupakan komponen utama dalam sebuah blog, maka bagaimana membuat sebuah tulisan yang bagus adalah tantangan bagi si pemilik blog (harap dicatat kata “bagus” disini sangat relatif). Untuk membuat sebuah tulisan yang bagus, tidak bisa lepas dari sebuah ide untuk tulisan.

Lalu darimana datangnya ide untuk tulisan? Ide untuk tulisan bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Tapi dari pengalaman saya sendiri, ada saat-saat dimana waktu terbaik untuk mendapat ide untuk tulisan. Berikut ini waktu terbaik untuk mendapat ide untuk tulisan di blog :

1. Saat Blogwalking

Waktu terbaik saya mendapat ide tulisan biasanya saat blogwalking ke blog orang lain, baik itu blog populer atau blog biasa seperti saya ini. Baik itu blog dengan konten tentang tips blog ataupun blog dengan topik lainnya. Dari sana saya paling sering mendapatkan ide untuk tulisan. Ya walaupun tidak selalu langsung bisa saya tuangkan menjadi sebuah tulisan, terkadang saya simpan dulu ide tersebut dalam draft.

2. Dalam Perjalanan

Perjalanan saya ketika bekerja sehari-hari cukup jauh, jarak dari rumah ke kampus tempat bekerja sekitar 27 KM. Jadi seringkali muncul ide untuk tulisan di blog. Ketika ide itu muncul, saya hanya bisa berusaha untuk mengingatnya. Jadi setelah ada kesempatan saya akan mencatatnya di komputer atau handphone.

3. Sebelum Tidur

Sesaat sebelum tidur juga sering muncul ide untuk tulisan di blog. Tapi ide yang muncul saat ini seringkali terlupa karena terbawa tidur. Tapi tidak jarang saya akan ingat kembali ketika sudah berada di depan komputer.

4. Saat di Toilet

Sebelumnya mohon maaf, tapi jujur saja ide untuk tulisan di blog juga sering muncul saat sedang “asik” di toilet. Saya punya kebiasaan BAB setiap pagi, nah pada saat pikiran masih jernih itulah ide untuk tulisan di blog terkadang muncul.

Itulah 4 waktu terbaik mendapat ide tulisan menurut pengalaman saya. Anda juga pasti memikili saat-saat khusus untuk menggali ide untuk tulisan di blog bukan?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

24 thoughts on “Waktu Terbaik Mendapat Ide Tulisan

    1. @Agung Pushandaka, saya sependapat… karena selain seperti halnya tulisan diatas, kebanyakan pandebaik.com mendapatkan ide setelah ‘melihat sesuatu’ dalam perjalanan… :p

  1. Kalau saya waktu yang terbaik adalah saat jalan kaki dari rumah – stasiun – tempat kerja dan sebaliknya. Aku slalu gunakan untuk melamun sambil mikir “Apa yang perlu kutulis” :)

  2. Cukup sependapat drngan mas dv. Intinya adakah ketenangan. Bahkan diruangkerja biasanyabisa dpt ide tentu dengan jiwa yg tenang #eaaa.

    Btw nomor 4 khas bgt tuh….entah knp semua blogger atau kayaknya semua org pasti ngalami

  3. Kalau saya, seringnya juga pas lagi jalan, blogwalking, dan juga di WC atau lagi mandi. Pas nonton tv juga sering. Untuk waktu menulis sih, saya suka pada dini hari. Suasananya sangat mendukung karena hening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *