Upacara 42 Hari : A Bulan Pitung Dina (Tutug Kambuhan)

July 15th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Di Bali ada upacara untuk seorang bayi yang telah berumur 42 hari atau biasa di sebut “a bulan pitung dina” yang artinya satu bulan 7 hari. Satu bulan Bali sama dengan 35 hari (5 minggu), jadi 1 bulan 7 hari sama dengan 42 hari. Karena upacara ini dilakukan pada seorang manusia (bayi) maka di dalam Panca Yadnya upacara 42 hari ini termasuk dalam kelompok Manusa Yadnya.

Upacara bayi 42 hari ini umumnya dilakukan oleh umat Hindu khususnya yang ada di Bali, dalam adat Jawa mungkin juga ada upacara serupa. Pada umumnya upacara 42 hari ini dilakukan sendiri-sendiri bagi setiap bayi dan dilakukan di rumah masing-masing. Upacara untuk bayi yang berumur 42 hari ini lebih dikenal dengan nama upacara Upacara Tutug Kambuhan.

Pelaksanaan upacara 42 hari (Tutug Kambuhan) di Bali kadang berbeda-beda namun maknanya tetap sama. Tujuan dan makna upacara Tutug Kambuhan adalah sebagai ucapan terima kasih kepada “Nyama Bajang” yang merupakan manifestasi kekuatan Ida Sang Hyang Widhi / Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu tujuan upacara ini adalah melakukan pembersihan kepada sang Ibu dan bayinya.

Untuk lebih lengkap tentang upacara Tutug Kambuhan atau upacara 42 hari silahkan simak pada link di bawah ini :

Upacara Tutug Kambuhan

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

7 comments

  1. Adi says:

    Kalau di jawa namanya “selapan dino” di itungnya 35 hari, atau 7x hari weton, legi, kliwon, pahing, pon, wage.XD mungkin mirip2 ya?

    • imadewira says:

      @Adi,
      memang mirip, karena setahu saya tradisi di jawa itu berasal dari jaman Hindu dan masih dilaksanakan sebagai upacara adat secara turun temurun. CMIIW

  2. Info Gadget says:

    benar kata mas Adi, kalau di jawa biasa disebut dengan “selapanan bayi”
    Info Gadget´s last blog post ..Lava B5 Dual SIM Business Phone

  3. PanDe Baik says:

    waaaahhhh…. sudah becal ni si adik…
    PanDe Baik´s last blog post ..Menulis itu Gampang atau Susah

  4. Bli, mohon Izin mengutip sebagian bahasan dari upacara ini di cerita bersambung yang sedang saya tulis..
    Teti Mardiana´s last blog post ..OMBAK DAN SAMUDERA (Bagian ke -2 )

Leave a Reply

CommentLuv badge