Underpass Dewa Ruci Bali

Underpass Dewa Ruci merupakan salah satu proyek pemerintah yang paling menyita masyarakat Bali dalam beberapa waktu terakhir ini. Hal ini disebabkan karena proyek Underpass Dewa Ruci ini merupakan proyek yang paling menyentuh masalah yang dihadapi oleh Bali khususnya di Bali Selatan yaitu masalah kemacetan. Simpang Dewa Ruci atau yang juga dikenal dengan Simpang Siur merupakan salah satu titik kemacetan paling parah di Bali belakangan ini. Dan di Simpang Dewa Ruci inilah dibangun sebuah proyek Underpass atau jalan di bawah tanah yang tujuannya untuk membuat Simpang Dewa Ruci menjadi lebih lancar karena menjadi tanpa lampu merah. *CMIIW

Setelah sekian lama proyek Underpass Dewa Ruci ini dikerjakan dan ditargetkan bulan ini selesai, sekitar beberapa hari yang lalu Underpass Dewa Ruci ini mulai dibuka untuk uji coba. Saya termasuk salah satu orang yang telah ikut mencoba melewatinya. Untuk pertama kalinya pada hari Jumat, 10 Mei 2013 yang lalu saya telah melewati Underpass Dewa Ruci tersebut. Terasa cukup spesial karena Underpass seperti ini baru pertama kalinya ada di Bali, kalau di Jakarta mungkin sudah biasa. Tanpa direncanakan ketika itu saya iseng membuat Video melewati Underpass Dewa Ruci dan berikut ini hasilnya.

Hingga hari ini (Senin, 13 Mei 2013) Underpass Dewa Ruci masih dibuka untuk uji coba. Menurut berita di koran, tanggal 20 Mei nanti rencanakan akan dibuka secara resmi sehingga kita bisa mulai melihat efeknya, apakah mampu mengatasi atau setidaknya mengurangi kemacetan yang selama ini selalu terjadi di jalan by pass Ngurah Rai yang berujung di Simpang Dewa Ruci. Dari apa yang saya lihat selama beberapa hari uji coba ini, saya belum bisa mengatakan apakah kemacetan sudah berkurang apa belum. Karena selain saya sendiri melewatinya di pagi hari yang memang belum macet, juga Underpass ketika itu belum dibuka di kedua arah.

Namun saya sendiri cukup optimis sebenarnya Underpass Dewa Ruci ini akan mengurangi kemacetan di Simpang Dewa Ruci. Tapi hanya disitu saja karena saya yakin jika di Simpang Dewa Ruci lancar maka di persimpangan lainnya yang akan menjadi macet, karena secara logika jumlah kendaraan yang lewat tetap sama. Entahlah, kita harus menunggu hingga nanti Underpass Dewa Ruci sudah beroperasi 100%.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

6 thoughts on “Underpass Dewa Ruci Bali

  1. buik, sampai bikin video segala. keren. aku belum pernah lewat di underpass. cuma agak kaget ketika tahu kalau panjangnya cuma segitu. kirain dulu panjanya sampai nusa dua.

    dan, semoga dia memang bisa menjawab kemacetan. semoga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *