Tutorial Membuat Filter di Email Yahoo!

Kali ini saya akan mencoba membuat tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat filter di email Yahoo!. Filter di email Yahoo! ini sangat bermanfaat untuk memilah atau memisahkan email yang masuk ke Inbox anda. Contohnya email notifikasi dari Facebook yang jumlahnya cukup banyak, tanpa dipisahkan dengan menggunakan filter ini maka email tersebut akan tercampur dalam Inbox anda.

Begitu juga misalnya email dari milis, apalagi jika kita mengikuti milis lebih dari satu dan milis itu cukup ramai. Maka tanpa ada pemisahan dengan filter ini email akan tercampur. Dengan menggunakan fasilitas filter yang tersedia bagi anda pengguna Yahoo! Mail maka email tertentu dapat dipisahkan pada folder-folder tertentu yang sudah kita siapkan sebelumnya. Bagi anda yang belum tahu cara membuat filter di Email Yahoo! anda, silahkan coba ikuti tutorial berikut ini.

Pertama silahkan masuk ke email Yahoo! anda. Kemudian bagian kanan atas klik menu Options lalu pilih More Options.

Anda akan masuk ke halaman option. Terdapat beberapa menu di sebelah kiri, silahkan klik menu Filters, kemudian klik Add Filter untuk membuat filter baru.

Kemudian sebagai contoh kita akan membuat filter untuk memisahkan email notifikasi dari Facebook yang akan disimpan pada folder khusus di email Yahoo! anda. Isikan Filter Name dengan “Facebook” (tanpa tanda petik), kemudian isikan Sender dengan “Facebook” (tanpa tanda petik), artinya email akan dipisahkan jika pengirimnya adalah Facebook. Selanjutnya pilihan Move to Folder pilih [New Folder]. Jika sudah klik tombol Save Changes di bagian atas.

Sebelum filter tersimpan akan ada pertanyaan untuk nama folder yang akan digunakan untuk memisahkan email sesuai filter. Isikan nama folder, misalnya “Email Facebook” lalu klik OK.

Anda telah berhasil membuat filter baru, untuk melihat hasilnya silahkan kembali ke halaman email anda dengan mengklik tombol Back to Mail.

Perhatikan di menu sebelah kiri, anda akan melihat folder baru sesuai dengan nama folder yang anda buat tadi, misalnya Email Facebook. Selanjutnya jika anda menerima email notifikasi dari Facebook maka secara otomatis akan di pindah ke folder tersebut.

Selain membuat filter untuk email notifikasi dari Facebook, filter di email Yahoo! ini tentu saja dapat dimanfaatkan untuk email lainnya, misalnya email dari milis, email notifikasi dari blog ketika ada komentar baru, dan lain-lain. Jika sekali sudah berhasil membuat filter ini, saya yakin anda bisa membuat untuk yang lainnya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

36 thoughts on “Tutorial Membuat Filter di Email Yahoo!

  1. perlu koreksi tu mas…., pada sendernya pakai .com (facebook.com), bukan cuma Facebook doank,… karena klo nggak pke .com, emailnya tetap masuk ke inbox bukan ke folder yg di filter…….

    jangan tersinggung ya mas…, cm sekedar koreksi

    hehehe…

    1. @koreksi…,
      terima kasih tambahannya, tetapi tidak perlu lengkap kok, karena disana yang dicek adalah yang mengandung (contain) kata “facebook”, jadi tidak perlu facebook.com dan filter akan bekerja dengan baik.

      oya, saya tidak tersinggung kok, santai saja, hehe

  2. Permasalahan pd saya cukup rumit. Email notifikasi yg saya trima dari sumber yg berbeda namun dr forum yg sama.
    walaupun sudah buat filternya tp tetap saja jatuh k inbox, bukan ke folder yg dibuat khusus utk itu.

    1. @hifit,
      Mungkin Filternya bisa di modifikasi, dengan keyword dari forum tersebut, atau berdasarkan pengirimnya.

      Tapi kalau emailnya selalu berbeda, memang sangat susah untuk membuat filter.

  3. Bos, kalo sudah terlanjur masuk diinbox bisa difilter ga?
    pusing deh kalo harus mindahin ke folder, halaman per halaman… tolong dung urgent banget nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *