Traveling Seru Naik Kereta Api dari Barat ke Timur Demi Berburu Tahu!

Tahu, siapa sih yang nggak suka dengan makanan yang satu ini? Selain rasanya lezat, tahu juga murah meriah tapi punya gizi yang mumpuni. Nggak cuma sehat di badan, makan tahu juga bikin dompet selalu sehat. Meski asalnya bukan dari Indonesia, namun tahu sudah menjadi makanan sehari-hari di sini. Bentuk dan jenisnya pun beragam, bahkan bisa dibilang masing-masing kota punya tahu istimewa masing-masing. Di Pulau Jawa saja, ada ratusan macam tahu yang lezat.

Nah, kali ini perjalanan berburu tahu dimulai dari Barat ke Timur. Mumpung dapat tiket kereta api Malabar Bandung – Malang, pas banget buat berburu tahu di beberapa kota yang disinggahi oleh kereta api ini.

Tahu Bandung yang konon tiada duanya


foto:tahukuningbandung.blogspot.com

Buat teman di perjalanan, wajib bawa Tahu Bandung yang konon rasa lezatnya tidak bisa disamakan dengan tahu lain di Indonesia. Buat warga Bandung, tahu khas kota mereka adalah yang terlezat di dunia. Dan rasanya pendapat itu nggak berlebihan, karena tahu dari Kota Kembang ini memang juara!

Jenis tahu Bandung sendiri ada beberapa macam. Mulai dari Tahu kuning yang padat dan berukuran agak besar, sampai tahu susu Lembang yang lembut dan cocok buat cemilan. Khusus buat tahu kuning, bentuknya mirip dengan yang ada di Kediri. Tapi soal rasa, ada ciri khas yang berbeda dari tahu ini. Gurih dan padatnya tahu Bandung jenis ini mantap, dan cocok dijadikan oleh-oleh buat kerabat di kota tujuan karena tahan lama.
Kalau dicemil di perjalanan dengan Kereta Api Malabar, tahu Bandung cukup digoreng garing dan dimakan dengan rawit. Sedaap!

Tahu Sumedang


foto:beritagar.id

Selain Tahu Bandung, tahu yang juga terkenal dari Jawa Barat adalah Tahu Sumedang. Tentu sudah familiar dengan tahu yang satu ini kan? Biasanya dijual di tepi jalan dalam bentuk matang, dengan bagian dalam lembut dan luarnya garing. Dimakan pakai rawit, cocok banget. Tahu Sumedang mudah kamu temukan di mana-mana, salah satunya di kawasan Tasikmalaya. Ketika Kereta Api Malabar berhenti di kota ini, cukup waktu buat turun dan membeli Tahu Sumedang yang ada di sekitar stasiun.

Baca juga : Makan Siang Tipat Tahu

Tahu Kediri

foto:tokopedia.com

Ada banyak pula yang menyebutnya dengan nama Tahu Takwa. Bentuknya segitiga atau kotak, dengan warna kuning yang mirip dengan Tahu Bandung. Soal rasa, tahu takwa nggak kalah enaknya dengan Tahu Bandung. Uniknya, tahu Kediri tidak hanya dikonsumsi untuk lauk saja. Tapi juga menjadi berbagai macam cemilan, mulai dari kripik tahu, stik tahu dan banyak cemilan berbahan tahu takwa lainnya. Tahu dari Kediri pun mudah dibawa sebagai oleh-oleh, karena bentuknya yang kering dan tahan lama meski tidak disimpan di dalam air. Selain bisa dibawa ke luar kota, tahu ini juga bisa jadi oleh-oleh buat ke luar negeri.

Tahu Sukun


foto:tahus73.blogspot.co.id

Di kota tujuan Kereta Api Malabar, juga ada tahu yang nggak kalah enaknya dari beberapa kota di atas. Malang punya Tahu Sukun, yang dikenal karena teksturnya yang lembut dan gurih. Untuk mendapatkan tahu ini perlu sedikit perjuangan, karena kalau terlambat sedikit saja untuk datang ke pabriknya, maka kamu akan kehabisan!

Nah, dari beberapa tahu yang sudah disebutkan di atas, kamu paling suka dengan yang mana?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

2 thoughts to “Traveling Seru Naik Kereta Api dari Barat ke Timur Demi Berburu Tahu!”

  1. Pokoknya di sini bakal puas makan tahu, ada pelbagai jenis tahu Bli. Tapi ngomong-ngomong soal kereta, saya belum pernah naik dari ujung ke ujung, paling jauh jarak Banyuwangi – Surabaya – Yogyakarta PP atau Yogyakarta – Jakarta PP. Pilihan kereta memang paling murah, sayang menu makan di dalamnya masih relatif mahal di kantong.

  2. Pertama kali mencoba Kereta, rupanya jauh lebih nyaman ketimbang pesawat terbang. Selain bisa asyik selonjoran, nikmat tiada tara bagi si kaki panjang, ada juga colokan ponsel sehingga gak perlu khawatir kehabisan daya saat asyik mantengin blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.