Tips Menjaga Konsistensi Ngeblog

Menjaga konsistensi menjadi salah satu tantangan ngeblog

Saat ini mungkin sudah bukan jamannya blog lagi, popularitas blog sudah kalah dibandingkan dengan jejaring sosial. Setidaknya demikianlah keadaan blog saat ini dibandingkan beberapa tahun lalu ketika blog sedang booming. Tidak sedikit blog yang dibuat ketika blog sedang boombing dulu akhirnya kini gagal menjaga konsistensi. Ada blog yang hiatus berkepanjangan, bahkan mungkin ada yang blognya sudah benar-benar musnah dari jagat maya.
Ada berbagai alasan mengapa seorang blogger akhirnya berhenti ngeblog. Salah satunya mungkin karena gagal menjaga konsistensi dalam ngeblog, gagal menjaga konsistensi menulis. Maksudnya disini adalah gagal menemukan bahan atau ide untuk dijadikan tulisan sehingga jarak antara satu tulisan dengan tulisan lainnya menjadi semakin renggang hingga akhirnya hiatus berkepanjangan.

Berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi, saya mencoba mencari ide untuk menjaga konsistensi menulis tersebut khususnya dari segi menemukan ide. Salah satu tips menjaga konsistensi ngeblog yang bisa dicoba adalah mengisi blog dengan tulisan yang kira-kira topiknya tidak akan pernah habis untuk ditulis. Memangnya ada? Tentu saja ada. Contohnya, menulis hasil pertandingan sepakbola!

Bagi anda blogger yang suka menonton sepakbola atau memiliki sebuah klub sepakbola yang dijadikan tim favorit, tulis saja review setiap pertandingan sepakbola klub kesayangan anda itu. Tidak harus dengan bahasa seperti pengamat sepakbola yang di portal-portal berita itu, gunakan saja gaya bahasa sendiri. Tidak juga harus panjang, pokoknya tulis saja bagaimana perasaan anda setelah klub anda bertanding, baik ketika menang maupun kalah. Dengan begini, dijamin ide untuk tulisan tidak akan pernah habis.

Lalu bagaimana jika tidak suka sepakbola? Gampang, masih banyak jenis olahraga lainnya seperti MotoGP, Basket, F1 dan lainnya. Tidak suka olahraga? Lalu sukanya apa? Sinetron? Bisa juga, tulis saja cerita sinetron yang anda tonton di setiap seri menjadi sebuah tulisan. Sinetronnya selesai, pindah saja ke sinetron lainnya.

Intinya, mencari sebuah ide yang tidak akan pernah habis. Namun, menulis model tulisan seperti ini tentu saja memiliki konsekuensi, misalnya membuat review pertandingan sepakbola, bisa jadi pembaca menjadi bosan karena mereka lebih suka membaca di portal berita. Atau mungkin pembaca anda adalah salah satu haters dari klub yang anda tuliskan. Apapun konsekuensinya, setidaknya anda sudah berhasil menjaga konsistensi ngeblog bukan?

Selamat mencoba, resiko ditanggung sendiri :D

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

18 thoughts to “Tips Menjaga Konsistensi Ngeblog”

  1. Paling nyaman memang ngeblog berdasarkan pengalaman pribadi ataupun karena hobydengan sesuatu. Sangat mudah menuangkanya dalam tulisan.
    hanya saja terkadang terkena kendala masalah waktu hingga blog menjadi tidak terurus dan tewas.

  2. saya sendiri yang begitu banyak menyukai kegiatan, malah kadang waktu nulisnya mas yang ngga ada, idenya sih selalu ada tapi ya itu tadi, waktu nulisnya yg ngga sempet…

  3. Memang sulit mempertahankan konsistensi dalam ngeblog, kecuali passion kita sudah di situ. Saya sendiri sering angin-anginan dalam menulis blog, tetapi karena menulis sudah menjadi kebutuhan maka tiap empat hari sekali pasti saya memposting satu tulisan. Tak enak rasanya jika membuka blog tak ada tulisan terbaru.

    Keep writing!

  4. Dulu waktu jamannya kuliah saya lumayan sering update blog.
    Tapi semenjak kerja udah mulai jarang nih.
    Agak keteteran juga soalnya.
    Waktunya mepet, idepun nggak nongol2 di kepala :lol:

  5. Kalau menurut saya ngeblog dan nyosmed itu beda kategorinya, tidak saling menghilangkan, tapi bisa saling melengkapi. Secara gampangnya, sosmed bisa digunakan untuk share tulisan di blog kita. :)

  6. kalau saya pribadi menulis tentang apa saja, bisa bola tekno atau motor atau apa sajalah, yang penting nulis… minimal sebulan itu menulis 6-7 tulisan, astungkara blog saya masih hidup sampai sekarang hehe

  7. Saya juga sempat mau menuliskan ini setelah bertahun-tahun hiatus dari blog. Anda cukup menyuarakan isi hati saya :D Konsistensi memang penting ya, ini yang akan saya coba mulai lagi ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *