Tips Mencegah Batu Ginjal

Sebelum saya menuliskan tips mencegah batu ginjal, saya tekankan disini saya bukanlah seorang dokter atau pun berkecimpung di bidang kesehatan. Tips mencegah batu ginjal ini coba saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang pasien yang menderita batu ginjal.

Cerita selengkapnya tentang bagaimana pengalaman saya dengan batu ginjal dan batu pada ureter serta operasi URS (Ureteroscopy) dan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotriptor) yang saya jalani, silahkan simak link dibawah ini :

Tips mencegah batu ginjal ini saya dapatkan dari dokter yang menangani saya ketika mengalami batu ginjal beberapa waktu yang lalu. Dokter memberikan tips ini kepada saya setelah saya menjalani operasi URS dan ESWL untuk menghilangkan batu pada ginjal dan ureter saya. Dan berikut ini adalah tips mencegah batu ginjal yang disarankan oleh dokter kepada saya :

  1. Banyak minum air putih, minimal 3 liter per hari, kalau bisa sampai 4 liter
  2. Banyak olahraga terutama lari, kalau bisa minimal 3 kali seminggu. Kalau bisa olahraga yang banyak loncat-loncat.
  3. Kurangi/hindari makan daging (kambing, babi, sapi) dan juga jeroan (mengandung asam urat).
  4. Kurangi/hindari makan ikan laut, kalau terpaksa kurangi garamnya
  5. Hindari makan kacang-kacangan

Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang tips mencegah batu ginjal ini. Yang jelas saya sendiri setelah sembuh akan mencoba menjalan saran dari dokter yang menangani saya itu dan semoga batu ginjal saya itu tidak kambuh lagi.

Foto diambil dari annurhospital.com

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

7 thoughts to “Tips Mencegah Batu Ginjal”

  1. Kasus batu ginjal bisa berbarengan juga dengan batu saluran kencing. Sesuai prosedurnya, pasien yang berobat ke puskesmas kami rujuk ke rumah sakit
    TERIMAKASIH atas tipsnya, untuk diinformasikan kepada pengunjung puskesmas.
    Semoga selalu sehat… ;)

  2. Dulu saya pernah bermasalah dengan batu di saluran kencing. Sakit di bagian perut kiri. Kata dokter ada batu di saluran kencing. Itu gara2 kebanyakan minum teh tarik dan kopi dan kurang minum air putih. Untung dikasi obat pemecah batu ginjal dan tidak kumat lagi sampai sekarang. Sehat itu menyenangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *