Tips Blog Hiatus

Seperti kita ketahui bahwa hiatus ngeblog membawa dampak negatif pada blog dan juga blogger yang bersangkutan. Apalagi untuk blogger yang hiatus dalam waktu yang relatif lama. Hiatus yang terlalu lama juga akan menyebabkan gairah ngeblog jauh menurun drastis, bahkan tidak jarang yang menjadi hiatus selamanya. Lalu bagaimana tips agar blog anda tidak sampai hiatus, atau pun ketika terpaksa hiatus blog masih bisa aktif seperti tidak hiatus.

Sebelumnya kita harus memilah dulu penyebab seorang blogger menjadi hiatus lalu mencari cara atau tips untuk menanggulangi hiatus tersebut. Karena tidak semua penyebab hiatus bisa kita cegah agar tidak sampai hiatus. Sebelumnya saya sempat memilah penyebab hiatus menjadi 3 yaitu :

  • Kesibukan
  • Kehabisan Ide
  • Masalah Teknis

Untuk hiatus yang disebabkan oleh kesibukan, ada 2 yaitu kesibukan mendadak dan terencana. Tips untuk penyebab hiatus ini adalah dengan menyiapkan postingan terjadwal. Dengan postingan terjadwal maka tulisan di blog anda akan bisa terupdate dengan otomatis walaupun anda sedang hiatus. Tips ini sangat bermanfaat khususnya untuk menanggulangi kesibukan yang terencana. Sedangkan kesibukan mendadak adalah di luar kuasa kita.

Kehabisan ide juga bisa menjadi penyebab hiatus dan tips untuk mencegah hiatus karena kehabisan ide adalah gampang-gampang susah. Bagi blogger yang cerdik, mereka tidak akan pernah kehabisan ide. Ada berbagai cara untuk mencari ide untuk dijadikan tulisan di blog. Salah satunya adalah dengan blogwalking.

Penyebab hiatus yang lain adalah kendala atau masalah teknis. Jenisnya tentu bermacam-macam dan waktu untuk mengatasinya juga tidak tentu tergantung dari masalah teknis yang dihadapi. Contoh masalah teknis adalah masalah hosting dan database. Salah satu tips untuk mencegahnya adalah dengan rajin membuat backup.

Anda punya tips khusus untuk mencegah hiatus?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

15 thoughts on “Tips Blog Hiatus

  1. Saya tahu.
    Gimana kalo sebelum hiatus, kita tuliskan dulu beberapa artikel, lalu dengan fasilitas schedule post wordpress, bisa otomatis keluar. :D
    Jadi yang hiatus si penulis, bukan blog-nya. :)

    1. @Asop,
      yup, itu salah satu triknya tetapi syaratnya harus mampu membuat stok tulisan yang cukup sebelum hiatus, dan hiatusnya adalah hiatus yang direncanakan :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *