Tips Bijak Mencari Kunjungan Balik

Hampir setiap blogger mungkin pernah mendapatkan komentar yang berisi permintaan kunjungan balik. Komentar seperti ini mungkin termasuk komentar yang tidak perlu ditanggapi.

Tapi kalau boleh jujur, pada dasarnya tujuan kita meninggalkan komentar ketika blogwalking salah satunya adalah untuk mencari kunjungan balik atau kunjungan balasan dari pemilik blog. Lalu, bagaimana cara yang bijak untuk mencari kunjungan balik tanpa harus mengatakan atau menuliskannya di komentar ketika blogwalking?

Tanpa harus membuat kata-kata memohon kepada pemilik blog agar mereka berkunjung balik ke blog kita dan membuat diri kita malah terkesan jablay. Bahkan terkadang saya sendiri malah menjadi malas berkunjung balik ketika melihat komentar yang meminta kunjungan balik.

Berikut ini tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mencari kunjungan balik dengan lebih bijak dan elegan :

1. Berikan komentar yang baik

Ada banyak kriteria komentar yang baik. Komentar yang baik tidak berarti harus memuji dan meng-iya-kan apa yang ditulis oleh pemilik blog. Bisa juga komentar yang berupa pertanyaan, tanggapan, sanggahan atau pun kritik, tentunya dibuat dengan sopan dan tetap pada topik yang dibicarakan.

2. Tinggalkan komentar secara kontinyu

Pemilik blog khususnya blog yang bagus dan memiliki pengunjung yang banyak akan memiliki kesibukan yang lebih banyak pula. Kita jangan berharap akan mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog tersebut hanya dengan berkunjung dan meninggalkan komentar sekali saja. Berkunjunglah secara kontinyu dan tinggalkan komentar yang baik. Ketika pemilik blog sudah terbiasa melihat komentar anda, maka kemungkinan blog anda akan dikunjungi untuk melihat siapa diri anda.

3. Jangan pernah meminta kunjungan balasan

Seperti yang saya tulis di awal, kalimat meminta agar dikunjungi balik atau meminta kunjungan balasan akan membuat pemilik blog malah menjadi malas untuk berkunjung ke blog anda. Karena pemilik blog langsung tahu bahwa tujuan anda meninggalkan komentar hanyalah untuk mencari kunjungan balik.

Jika anda merasa pertama kali berkunjung ke sebuah blog, cukup tambahkan kalimat salam kenal dan berkomentarlah dengan baik. Dengan begitu pemilik blog akan tahu bahwa anda pengunjung baru. Cara ini lebih baik daripada anda meminta kunjungan balik secara terang-terangan.

Itulah 3 tips yang coba saya berikan untuk anda blogger yang ingin mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog ketika anda blogwalking ke blog lain.

Apakah anda punya trik khusus untuk mencari kunjungan balik?

Baca Juga:

I Gusti Agung Made Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

50 thoughts on “Tips Bijak Mencari Kunjungan Balik

  1. Terima kasih tipnya.Hal sperti ini kadang kita abaikan padahal sangat penting.
    Biasanya cara begini dilakukan oleh blogger pemula.Hanya minta tukarlink lalu minta blognya dikunjungi.hehehe

  2. Saya nggak punya trik khusus, meski memang iya, tujuan kita berkomentar salah satunya juga pengen komentar balik, tapi jangan ditulis!

    Kalopun nggak dikomentari balik, nggak papa juga, lha wong saya juga jarang-jarang komentar balik.

    Saya jarang komentar balik kadang karena nggak tau harus komentar apa, jadi sekedar baca aja.

    Kalau ada yang minta kunjungan balik, biasanya malah nggak akan saya kunjungi. :lol:
    .-= isnuansa´s last blog ..Nonton Bareng Simpati Robin Hood Jalan Jalan Ke Bali =-.

  3. Untuk mendapatkan kunjungan balik biasanya saya dekati bloggernya scara personal termasuk nge add di facebook..

    Jadi, diharapkan blogger bisa saling kenal nggak hanya di blog itu sendiri sehingga balas-membalas komentar jadi akan lebih luwes :)

  4. setuju dengan poin no.2, biasa kalo blog yang sudah ternama (ampe membludak pengunjungnya), sangat kecil akan dapat kunjungan balik.. tanya kenapa??
    ==
    semenjak mengenal dunia blog alhamdulillah saya tidak pernah berkomentar untuk minta kunjungan balik ( wekekek.. narsis mode-Oon),,
    ==
    Salam kenal dan sukses untukmu sobat.
    .-= Blognya Achot´s last blog ..Gambar Ilusi Yang Bikin Penasaran =-.

  5. Tulisan ini bisa menjadi cermin buat saya. Tapi selama ini saya memang tidak pernah minta untuk dikunjungi balik [walaupun ada harapan untuk itu :)]. Kesannya seperti mengemis.

    Apa yang dijelaskan bli Gung di atas merupakan cara yang lebih terhormat untuk mendapatkan kunjungan balik. Terima kasih pencerahannya.
    .-= budiastawa´s last blog ..Mudahnya Backup File dengan Yadis! Backup =-.

  6. Cara terbaik berdasarkan pengalaman saya yaitu poin ke-2 Bli. Upayakan dulu membangun kedekatan emosional dengan sang pemilik blog lewat rajin mengomentari posting terbarunya. Tentunya dengan isi komentar yang tidak sekadar asal lewat. Upayakan komentar kita punya value, walau singkat. Kalo bisa sih, gunakan bahasa santai aja dengan gaya ngobrol. Efek emosionalnya akan lebih terasa (efek humanity-nya lebih kuat).

    Dari situ, sang pemilik blog kemungkinan besar akan lebih menghargai dan berkunjung balik :-)

  7. Saya sebenarnya ndak pernah berharap banget akan dikunjungi balik setelah saya meninggalkan komentar di sebuah blog. Setiap pemilik blog pasti pengen blognya dikunjungi banyak orang, tapi kalaupun cuma ada sedikit pengunjung ke blog saya, saya masih bisa menerimanya.

    Tapi walaupun begitu, saya selalu berusaha meninggalkan komentar yang baik dan jujur. Jujur maksudnya adalah kalau ndak pengen berkomentar, ya ndak usah dipaksakan berkomentar. Ntar jadinya malah komentar asal-asalan saja. :)

  8. oh, ternyata begitu ya, saya jadi tau…

    saya masih baru dalam ngeblog.
    di blog saya walaupun sudah pernah ada yang berkunjung, tapi tetap saja sepi komentar.
    apakah isi blog saya yang kurang menarik, atau kenapa ya?

  9. Benar, permintaan kunjungan balik biasanya kurang menyenangkan pemilik blog. Tanpa kata-kata tersebut, pemilik blog akan otomatis mengunjungi (kalau dia berkenan).

  10. Setiap ada komentar pengunjung saya usahakan “membalas” dan berupaya berkunjung balik secepatnya, baik diminta ataupun tidak.
    Harapannya bisa sama2 efektiif saling membangun reputasibersama dlm ngeblog. Matur suksema :)

  11. artikel yang unik,sudah lama mejelajahi dunia blog,baru sekarang saya temukan artikel yang sangat saya butuhkan..
    thanks ya..atas izin komentar yang di berikan kepada saya.blh sharingkan mas,blog saya kok kurang ya backlinknya..ada tips yang oke ngak..
    sekali lagi makasih…

  12. Berhubung saya pake hosting blogspot dan nggak ada reply komentarnya, jadi saya usahakan tiap hari ngecek blog, biar bisa membalas komentar dan mengusahakan berkunjung balik. Tapi saya jarang dapat komentar yang meminta kunjungan balik;

  13. kalo saya sih ogah minta di kunjungin balik ketika blogwalking krn seakan2 sprti mengemis. Ya meskipun tujuannya biar dpt kunjungan balik sih tpi tdk pun tdk apa2 – di kunjung balik syukur, tdk pun tak apa, karena tujuan saya berkomentar di blog lain ketika saya blogwalking itu karena apa ya? tukar pendapat dah gitu, mungkin itu yg tepat bagi alasan saya. Saya jarang sekali tdk meninggalkan komentar ketika blogwalking kecuali koneksi i-net nya error dan loading lemot kalo diakses dri hp terpaksa deh loncat dan berkomentar di blog lain. Eh maaf ya mas kalo commentnya kepanjangan. Tengkiu

  14. Lam kenal smuanya…
    Tulisan inilah yg saat ini memang sy butuhkan sebagai blogger pemula. Begitu jg dengan komentar2 yg bermanfaat, trims y…

  15. Selama ini saya blogwalking, berkomentar di blog orang ada beberapa yang melakukan kunjungan balik walaupun saya tidak memintanya hehe :D
    Terima kasih infonya gan!

  16. poin nomor 3 jadi biikin saya sadar kalo ga boleh minta kunjung balik
    hehehehe
    makasih atas kritiknya , jangan kunjungi blog saya
    hahahahahaha

  17. setuju mas..
    memang sih blogwalking bukanlah paksaan tapi kebutuhan untuk menyapa blogger lain memanglah sebuah keperluan, selain sebagai promo, silaturahmi, mencari ide dan effect yak terasa adalah adanya kunjungan balik :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *