Tentang Paket Internet Simpati

June 4th, 2012 by imadewira Leave a reply »

Sudah sekitar 3 bulan saya menggunakan kartu Simpati pada ponsel saya. Sebelumnya saya menggunakan kartu XL selama bertahun-tahun dengan beberapa nomor berbeda. Saya pindah ke Simpati beberapa bulan yang lalu karena alasan sinyal yang kurang bagus dan juga sedikit kesal dengan pelayanan mereka. Saya berharap dengan Simpati saya bisa mendapatkan lebih dari kartu yang sebelumnya.

Sejauh ini sih saya cukup puas dengan Simpati, sinyal koneksi internet Simpati relatif cukup kencang. Secara umum tidak ada masalah atau keluhan yang saya rasakan selama ini. Walaupun di beberapa titik khususnya di kampus tempat saya bekerja, sinyal Simpati blank dan tidak bisa digunakan bahkan untuk menelepon dan sms. Tapi saya maklumi karena dengan kartu lain juga sulit mendapat sinyal.

Namun sekarang, ada satu masalah yang membuat saya tidak nyaman. Untuk diketahui saya biasanya berlangganan/membeli paket internet 50 ribu dengan kuota 125 MB, memang relatif mahal rasanya. Tapi tidak masalah asalkan koneksinya lancar. Biasanya saya berlangganan dengan mengirim SMS “flash on 50000″ ke 3636 lalu mengikuti petunjuk selanjutnya.

Untuk mengecek biaya terakhir kita bisa menghubungi *887#, cek pula *888# dan cek sisa paket internet *889#. Setelah membeli paket internet yang 50 ribu itu, memang sudah dianjurkan untuk mengecek sisa volume kuota internet secara berkala, dan disinilah masalah itu muncul.

Saya sering lupa dan juga males mengecek sisa kuota internet saya dan kebablasan menggunakan internet. Ketika sisa volume atau kuota internet yang kita beli sudah habis, tidak ada pemberitahuan atau peringatan otomatis sama sekali. Akibatnya biaya internet akan dibebankan pada sisa pulsa biasa dan tentunya tarif yang dikenakan relatif jauh lebih mahal. Saya tidak tahu berapa tarifnya, tapi yang jelas jauh lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan paket.

Sudah dua kali saya mengalami kejadian seperti diatas yaitu lupa mengecek sisa kuota paket internet lalu kebablasan sehingga pulsa saya dikuras untuk biaya internet. Saya berharap Telkomsel bisa memberikan solusi atau cara menangani ketidaknyamanan ini. Memang bukan kesalahan mereka, tapi alangkah bagusnya jika ada cara untuk memberikan kenyamanan untuk konsumen. Misalnya dengan mengirim SMS secara otomatis ketika volume paket internet mendekati habis sehingga kita bisa membeli paket lagi.

Saya tidak tahu bagaimana di provider lain, apakah juga sama seperti Simpati. Kalau di XL saya juga tidak tahu karena ketika itu saya masih menggunakan perangkat BlackBerry dengan sistem BIS. Jadi kalau waktu berlaku internet habis maka internet otomatis mati dan ponsel hanya berfungsi seperti ponsel biasa.

Setelah dipikir-pikir, mungkin disinilah salah satu letak kepraktisan dari BlackBerry dibandingkan Android. Karena beberapa hari yang lalu seorang teman pengguna Android dengan kartu Simpati juga mengeluh pulsanya cepat habis. Setelah saya telusuri ternyata dia tidak terlalu paham dengan masalah kuota internet tersebut. Dia pikir kalau sudah membeli paket internet maka bisa dipakai sepuasnya seperti di BlackBerry.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

23 comments

  1. Pande Baik says:

    Pertama soal Notifikasi, itu murni dari operator, bukan Android… Karena saat menggunakan kartu XL dan AXIS, juga Indosat, ketiga selalu memberikan peringatan ketika kuota sudah habis digunakan, sehingga kita sbg pengguna akan bisa memaklumi apabila koneksi jadi lebih lambat dari biasanya…
    Kedua, terkait solusi, karena operator tidak bisa dihandalkan, silahkan hunting aplikasi untuk memeriksa traffic dan kuota internet, ada banyak kok di Android. Dan itu bisa dibatasi sesuai kebutuhan. Misalkan ketika kuota yg ditentukan sudah habis, aplikasi akan memberikan peringatan notifikasi ke pemilik ponsel… Atau langsung memutuskan koneksi untuk mencegah terjadinya pembebanan tambahan itu…
    Kira”begitu…
    Pande Baik´s last blog post ..BlackBerry Curve 9220, Osv7 Termurah kelas Pemula

    • imadewira says:

      @Pande Baik : Sekali lagi terima kasih tipsnya bli. Tapi akan saya coba dulu mencari solusi tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tapi kalau mentok nanti mungkin ya akan saya coba juga.

  2. Dhafian says:

    Memang jarang ada pemberitahuan untuk paket internet dari simpati mas. Sebenarnya kita harus hafal tanggal berapa paket kita habis, ketika sudah mendekati tanggal habis, maka sebaiknya paket tersebut di unreg dulu baru kemudian mengaktifkan lagi. Itu menurut saya pribadi sih.
    Dhafian´s last blog post ..Error Reporting on June 8th, 2012

  3. isnuansa says:

    Kok pengalamannya sedikit berbeda dengan saya ya..

    Tiga hari lalu, saya malah sudah diperingatkan jika paket akan habis tanggal sekian-sekian. Sehari sesudahnya diingatin lagi. Baru pada hari H paket habis, tidak ada peringatan.

    Saya malah terkadang sampai sebal dengan banyaknya sms notifikasi yang masuk, hehe..

    Apa mungkin beda wilayah, beda perlakuan? Di Jakarta, saya aman-aman aja sampai saat ini. :)
    isnuansa´s last blog post ..3 Hal Esensial Dalam Membuat eBook Yang Dicari Pembaca

  4. ilham says:

    Biasakan pakai Internet paket unlimited. Kalau kuota habis, tidak akan mengambil pulsa utama, hanya saja kecepatan lebih lambat. Biasakan juga dengan mode berlangganan, jadi ketika masa paket habis, otomatis langsung diperpanjang.
    Android ini memang aneh, banyak proses background yang menghabiskan data. Saya tanpa mengaktifkan YM dan FB saja kuota 1 GB habis dalam 4 hari.

  5. bsp says:

    after bc tlsn anda, ak jd mikir2 untk pake simpati, sy slma ini pake internet indosat paket gaul, 50000 ribu satu bln, dgn quota 500mb, kl sy gak bgt terganggu, misal lupa cek quota cos hitungannya st bln, msl kt bl tgl 9juli mk kt bs pake slm st bln or 30 hari, bl quota dah hbs dan masa aktif msh ada mk speed diturunkan. memang kl mentari ada info ttg pemakaian quota. masih berapa?, tp msl gak ada info pun kt bs mengira sampe tgl brp kt bs pake internet tanpa terkuras pls biasa, mgkn anda bs cb pake internet indosat paket gaul or browser

    • wawan says:

      ma ja bos,, indosat ni payah jg ..kuotaku 7 hari masih sisa 41.ribu sekian mb ..brows jga naek turun ,..cendrung lemot asbun prom indosat awal aja bagus..da beli paket mengecewakan…

  6. nunux says:

    Saya punya pengalaman sedikit berbeda dan mungkin ada yang tahu solusinya: Saya menggunakan simpati paket unlimited, paket itu habis pada tanggal 10102012, nah baru tgl 01102012 saya sdh tidak bisa konek internet, padahal masa berlakunya paket masih lama, kuotanya jg masih banyak. Tapi kebetulan pulsa abis, akhirnya saya isi ulang pulsa, bisa konek ke internet, tapi langsung motong pulsa saya. Saya sadar paket internet tdk jalan alias motong pulsa saya, akhirnya saya coba melakukan perpanjangan paket, ternyata ditolak dengan alasan paket sedang berjalan. Akhirnya dalam 2 hari pulsa saya habis 50 rb. Ada yang tahu kenapa? saya salah pilih paket pas registrasi? atau koneksi sdg tdk bagus atau harus ganti provider mungkin? Thx b4

  7. juragan tahu says:

    saya juga pake simpati, apalagoi pas di kampung selalu ad aisnyal walaupun dikit yg penting ada lah hehe
    juragan tahu´s last blog post ..Mito S500 harga dan spesifikasi, hape jam tangan keren 500 ribuan

  8. Yusuf says:

    Memang sih telkomsel sering njengkelin.
    Apalagi soal sms bonus n promo, ngganggu banget, ketika saya komplain juga gak ada tanggapan.

    Kalo ane sih internetannya sekarang pake AXIS, yang paket gaul, 30.000 per bulan kuota 800 MB, kalo kuota habis masih bisa internetan tanpa tambahan biaya, hanya saja kecepatan turun, tapi kecepatannya masih lebih cepet kok kalo dibandingin sama Telkomsel yang sama2 kuotanya habis (paket unlimited)…

    Jadi ente bisa coba gan, AXIS paket gaul.
    good luck

    • imadewira says:

      @Yusuf : saya sudah coba Axis, dirumah sinyal ndak pernah dapet 3G, di kantor malah blank total bahkan untuk nlp dan sms juga ndak bisa. Jadi mungkin tergantung lokasi juga ya.

  9. daniel says:

    aq justru mengalami kejadian yg lbh tragis, hr senin kmrn aq daftar paket galaxy unlimited pk galaxy young, tp stlh aktif justru hp aq jd ga bs internetan pdhal dah nelp berx2 ke cs 188 smpe hr ni lum jg bs ditangani, terakhir justru disaranin ke grapari. x ini aq bnr2 kcw dgn telkomsel, bnr2 mrk yg slh tp aq yg direpotin bhkan dirugikan krn nelp ke 188 berbyr, terpaksa pk krtu lain bwt internet n hrs bl paket yg lain.. bs ga ya menggugat telkomsel byr gnti rugi? klo bs hrs laporin kemn? thx ya klo bersedia direply

  10. achie says:

    benaaaarr.. sy setuju. seharusnya ada pemberitahuan.. dr providernya. jadi pulsa kita pun tidak begitu sj ludes..krn ketidaktahuan konsumen. atau bs jd ini jadi taktik bisnis provider yg anda bicarakan. mungki. dr ainilah keuntungan diraup perusahan, sehingga krn kita mraa butuh, kira trua isi ulng plsa kitaa..

  11. tisman says:

    benar sekali posting sdr Imadewira: saya baru saja mengalami hal yang sama… pulsa saya tiba-tiba habis… setelah saya sadar paket internet dengan quota sebesar 500MB seharga Rp.20.000 selama 30 hari habis, ya itu dia… gara gara lupa ngecek dan tidak adanya pemberi tahuan dari telkomsel menjadikan pulsa saya sekitar 21.000 habis ketahuan setelah saya ngak bisa menelpon anak saya…..
    Barangkali memang ini kelemahan telkomsel, terlepas apakah itu suatu KESENGAJAAN atau TIDAK…. yang jelas membuat saya tidak nyaman menggunakan paket internet telkomsel, soalnya di tengah kesibukan kita mana mungkin bisa ngecek pulsa secara berkala, MAKA DISINLAH PERLUNYA PEMBERITAHUAN ITU kepada konsumen, harusnya ada pertanyaan paketnya mau dilanjut apa tidak… ??? KALAU tidak ya tentunya ada pilihan kita tidak melanjutkan registrasi….
    Nahhh kemudian tidak demikian dengan profider lain, seperti Indosat misalnya telah melangkah lebih maju dalam menjaga melindungi hak konsumen. Saya mengalami langsung hal itu… sebulan lalu saya untuk pertama kali coba menggunakan paket kouta RP 10.000 selama 7 hari..nah sebelum paket itu habis kalau ngak salah masuk hari 6, ada pemberitahun bahwa paket internet anda akan segara habis segara lakukan registrasi, kemudian saya pilih opsi tidak melanjutkan..hasilnya pulsa M3 saya aman…. Tapiii… sayangnya paket indosat relatif lebih mahal dari telkomsel.. coba bandingkan disini ttp://www.yusufikri.web.id/berita/paket-internet-android

  12. budi says:

    saya pengguna simpati sejak tahun 2005, dan saya juga menggunakan provider lain. saya belum menemukan keunggulan simpati dibanding provider lain. masalah sinyal sih tergantung lokasi. untuk internet saya pake three dan saya cukup puas

  13. bagaimana cara mendaftar internet unlimited telkomsel(AS)? yang ada cuma ultima dan optima.

  14. ichsan says:

    masalah gw lebih aneh gan…gw sdh daftar paket yg unlimited tpi ko’ masa aktif belum berakhir mlh pulsa gw yg di pangkas habis…emang sih kuota dah habis..tpi kan kalau unlimited gt jka kuota sdh habis sebelum masa aktif berakhir biasanya kecepatan internet yg di kurangin,,ini ko’ malah pulsa gw yg di abisin…

  15. nabilah veisya says:

    Gmna sih cara ngatasi mslh aneh ini , sya udh beli paket internet nah ada tu pemberitahuan udh aktif
    Tpi msih ga bs pake,
    Bukak instagram ga jln. Keq ga ada paket gitu pd hal udh belik paket , gmana tu ya ??

  16. andik says:

    simpati pilihan paketnya membingungkan, bnyak nama pket tapi isinya hampir sama smua :(

Leave a Reply

CommentLuv badge