Tentang Mimpi

December 3rd, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Semua (atau hampir semua) orang tentu pernah bermimpi ketika sedang tidur. Mimpi adalah sebuah pengalaman bawah sadar yang melibatkan indra penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan dan inrda lainnya. Mimpi dialami oleh seseorang ketika tidur. Apa yang dialami seseorang dalam mimpinya biasanya di luar kendali orang tersebut, dalam artian kita biasanya tidak mampu mengatur apa yang ingin kita mimpikan.

Banyak kejadian yang bisa muncul dalam sebuah mimpi. Paling sering dan paling umum tentu saja kejadian yang menjadi pikiran seseorang, misalnya ketika seorang remaja yang sedang jatuh cinta dan terus memikirkan pujaan hatinya maka kemungkinan besar pikirannya tersebut sampai terbawa ke alam mimpi. Lalu dia bermimpi bertemu atau bercumbu dengan pujaan hatinya, hehe. Atau bisa juga pikiran-pikiran lain yang dipikirkan oleh seseorang ketika tidak sedang tidur lalu terbawa sampai ke mimpi.

Sebagian orang ada yang percaya bahwa mimpi juga merupakan sebuah “petunjuk” atau firasat tentang suatu kejadian yang akan dialami seseorang yang mengalami mimpi tersebut. Saya sendiri pernah mengalaminya, entah hanya sebuah kebetulan atau tidak. Malam sebelumnya saya bermimpi melihat sebuah kalung emas yang dibelikan oleh ibu saya untuk saya putus begitu saja. Mimpi ini bahkan sempat saya ceritakan ke orang tua saya keesokan harinya.

Lalu apa yang terjadi? Malam harinya saya mengalami kecelakaan bersama kakak saya ketika sedang naik motor. Kami tidak ngebut dan mengendarai motor dengan biasa saja, namun dari arah berlawanan sebuah sepeda motor lain mendahului mobil di depannya. Motor tersebut lalu menabrak kami dan menyeruduk lutut kanan saya. Tulang paha kanan saya patah! Yang unik dari kejadian itu dan saya ingat betul adalah tepat saat kejadian tersebut saya sedang berdoa dalam hati memohon keselamatan kepada Tuhan.

Itu satu contoh mimpi yang mungkin memiliki arti memiliki. Kejadian dalam mimpi bisa juga kejadian yang di luar dugaan kita. Misalkan kita bertengkar hebat dengan orang terdekat atau sabahat baik kita. Padahal di dunia nyata hal itu sama sekali tidak terpikirkan. Atau seorang sahabat tiba-tiba mengkhianati kita dan menusuk kita dari belakang. Saya pernah mengalami mimpi semacam ini.

Walaupun saya tahu betul itu hanya sebuah mimpi, namun karena di dalam mimpi kejadian itu begitu jelas dan detail maka tak jarang mimpi itu malah membuat sikap saya menjadi terasa aneh ketika bertemu dengan orang yang ada di dalam mimpi tersebut. Muncul perasaan jangan-jangan apa yang terjadi di dalam mimpi itu akan menjadi kenyataan. Padahal kenyataannya tidak begitu. Ya begitulah, mimpi memang sebuah keunikan dan sampai saat ini masih menjadi misteri.

Anda pernah bermimpi yang aneh?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

7 comments

  1. akriko says:

    semalem saya bermimpi air minum galon yang ada pada dispenser kerannya kebuka sendiri terus airnya melimpah sampai hampir mau habis, setelah saya tahu dan langsung saya tutup, kira-kira apa artinya ya?

  2. SIge says:

    Hmm, mimpi merupakan karya alam bawah sadar manusia, ada baiknya setiap mimpi di kaji dengan bijak..sepreti mimpi nya Bli itu..perlu waspada..
    SIge´s last blog post ..Tentang kopi, mangga dan pre-wedding

  3. PanDe Baik says:

    kemarin itu saya bahkan sempat mimpi bareng om anton, wira dan blijunk menemukan dan menggotong mayat bareng-bareng.
    kata teman sih itu tanda bakalan dapat rejeki. tapi kok saya blom dapat ya sampe hari ini ?
    jangan”kalian yang ambil nih :p
    PanDe Baik´s last blog post ..(Tidak Lagi) Numpang Tenar di Koran Tokoh

  4. susana says:

    semalam saya bermimpi saya memakaikan kalung emas kepada seorang budak tapi kalung tersebut putus setelah dia memakai lalu saya menyimpan kalung emas tersebut ke dalam almari …

    apa maksud nya ??

Leave a Reply

CommentLuv badge