Tentang Guest Post dan Guest Blogger

December 9th, 2009 by imadewira Leave a reply »

Seperti yang saya katakan sebelumnya tentang Blogroll, Backlink dan Guest Post (artikel tamu), bahwa saya tidak menampilkan blogroll di blog ini. Tetapi saya tetap berkunjung ke blog teman-teman berdasarkan aplikasi RSS Reader yang saya gunakan. Jadi prinsipnya, anda menulis saya berkunjung. Kemudian ketika ada pengunjung baru ke blog ini, saya pasti berkunjung balik, dan kalau saya suka dengan isi blognya saya pasti langsung berlangganan melalui RSS feed di blog tersebut.

Lalu bagi anda yang ingin bertukar link dengan alasan ingin mendapat backlink, saya merasa bertukar link di blogroll kurang efektif dan kurang elegan. Sebagai gantinya, menerima Guest Post (artikel tamu) sepertinya jauh lebih adil. Jadi prinsipnya kurang lebih begini, anda menulis post tertentu kemudian dikirim ke email saya dan tulisan itu akan saya publish dengan menyertakan identitas serta tentunya link ke blog anda. Saya melihat banyak juga blogger yang melakukan hal seperti ini, salah satunya Mbak Isnuansa. Saya sendiri pernah menulis tentang blogwalking di blognya sebagai Guest Blogger.

Tetapi untuk saat ini, sepertinya niat untuk menerima Guest Post (artikel tamu) di blog ini harus saya tunda dulu. Ini karena blog saya ini masih baru dan belum memiliki PR (Page Rank). Jadi kalau pun ada backlink yang saya berikan ke blog lain mungkin belum ada artinya, karena Page Rank ini sangat penting untuk menentukan kualitas backlink. Semakin tinggi PR sebuah blog/website yang memberikan backlink kepada anda, semakin bagus.

Jadi, kesimpulannya saya akan menunggu dulu hingga blog saya ini mendapat PR (Page Rank), ya minimal PR 1 lah, jadi agar bila ada yang berkenan untuk menjadi Guest Blogger dan menulis Guest Post di blog ini, backlink yang didapatkan ada artinya dan tidak percuma.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

33 comments

  1. Zona Bisnis says:

    Setuju banget, backlink yang masuk ke artikel justru semakin bagus dibanding di blogrol. Yang sampai saat ini masih membuat saya bingung adalah bagaimana mendapatkan PR. Blog gratisan saya yang saya update rutin malah PR jongkok, tetapi blog jualan selimut saya dah gak pernah saya update tiba tiba PR 1. Gimana tuh bos analisanya?
    .-= Zona Bisnis´s last blog ..Traffic Naik Berkat Microworkers =-.

  2. Gadgets Info says:

    kalau masalah alexa saya sedikit paham, klo masalah PR nih mumet 7 keliling, gimana analisanya ya bos masalah PR
    .-= Gadgets Info´s last blog ..Antivirus for Gadgets =-.

  3. Winarto says:

    Wah, jadi Professor yang ahli WordPress saja ney :-)

  4. pushandaka says:

    Oooh, gitu tho, bli! Menarik juga. Tapi kayanya saya juga blum siap. Karena aktifitas blogging saya lagi menurun nih kualitasnya, mulai dari menulis, sampai blogwalking. Sebab koneksi internet saya belakangan ini jadi Bukan Bintang Biasa, alias putus nyambung!
    .-= pushandaka´s last blog ..Isu Politik di Hari Anti Korupsi =-.

  5. heru says:

    wah keren nih penelitiannya :D..

    kalo saya kalo ada yang mau bertukaran link saya sediakan satu page sendiri.. untuk sidebar saya cuma nyediain topkomentator aja.. :)

    hepiblogging mas :)
    .-= heru´s last blog ..Virus Iframe Menyebalkan =-.

  6. hpnugroho says:

    sy malah blm yakin bisa menjadi blogger tamu yang baik, tulisan sy masih berantakan …
    .-= hpnugroho´s last blog ..Bagaimana cara backup lewat C-Panel =-.

  7. PanDe Baik says:

    Maksudnya backlink itu, ‘saya ngambil satu link dari sini untuk dijadikan bahan ditulisan saya’ gitu ya Wir ?
    .-= PanDe Baik´s last blog ..I K R A R tentang Kau dan Aku =-.

  8. iskandaria says:

    Hehehe. Ternyata pagerank masih jadi patokan yach mas dalam menilai layak tidaknya sebuah blog membuka lowongan penulis tamu. Wajar banget sih. Soalnya minsed tentang backlink berkualitas dari PR tinggi masih kuat tertanam di benak kita sebagai blogger.

    Blog saya yang PR-nya 3 aja saya belum berani dan belum pede membuka lowongan guest-blogger. Soalnya masih terbentur pada trafik harian yang masih sekitar 80 sampai 100-an visitors saja. Masih sangat kecil.
    .-= iskandaria´s last blog ..Belajar dari Blog Yep dalam Mengelola Blog Gado-Gado =-.

  9. Cahya says:

    Mungkin membuat tulisan respons juga ide yang bisa diterapkan :)
    .-= Cahya´s last blog ..Menyelami Catur Yoga dan Mahavakya =-.

  10. Hanster says:

    Saya pikir juga seperti itu…
    Guest Post mungkin Lebih adiL.. :)
    .-= Hanster´s last blog ..NAMEBENCH – Mencari DNS Server & Internet Lebih Cepat =-.

  11. Deddy says:

    Semakin tinggi PR sebuah blog/website yang memberikan backlink kepada anda, semakin bagus.

    wah, kebetulan saya ada nulis tentang PR dan berhubungan dengan kalimat ini. Boleh nih tak link, siapa tahu PRnya bisa cepet naek… :)
    .-= Deddy´s last blog ..Links adalah Bahan Bakar SEO =-.

  12. Mas Adi says:

    ora mudheng aku…
    he he
    .-= Mas Adi´s last blog ..Sedikit Pencerahan tentang Bisnis Online =-.

  13. aldy says:

    Sebenar tujuan awalnya membuat blogroll untuk memudahkan berkunjung ke rekan-rekan Mas, tapi lama-lama tujuan malah menjadi backlink.

  14. Alfred says:

    Pasti 2 bulan lagi blog bli wira ini sudah ber-PR (PR 2 lah minimal) hehehe
    oia kalo mau nulis untuk guestpost temanya tentang apa bli wira??? thx u bli

  15. Mariska Ayu says:

    Mariska juga masih terus berjuang untuk mendapatkan PR kok pak, insya alloh besok Januari 2010 kan akan ada apditannya pak.

Leave a Reply

CommentLuv badge