Tampilan SMS Seperti Chatting Pada BlackBerry

September 27th, 2011 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Dulu saya pernah mengalami kejadian dikirimkan sms oleh salah seorang mahasiswa. Lucunya ketika saya balas, si pengirim sms itu malah bertanya balik kepada saya dan sepertinya tidak mengetahui siapa saya. Padahal sebelumnya dia yang mengirim sms kepada saya. Cerita lengkapnya ada di link di bawah ini :

http://imadewira.com/sms-mahasiswa/

Nah, kejadian seperti itu mungkin tidak akan dia alami jika saja saat itu dia menggunakan handphone yang memiliki tampilan sms seperti chatting. Tampilan sms seperti chatting sudah biasa terdapat pada handphone BlackBerry.

Maaf, saya sama sekali tidak sedang bermaksud promosi BlackBerry atau pun memuji produk BlackBerry. Bahkan saya sendiri pun awalnya tidak mengetahui tampilan sms seperti chatting itu ada pada BlackBerry. Jadi ketika dulu memutuskan untuk membeli BlackBerry alasan saya adalah layanan Push Email dan fasilitas koneksi internet lainnya.

Dan ternyata, tampilan sms seperti chatting yang ada pada BlackBerry sangat membantu saya. Di BlackBerry, tampilan sms mirip dengan chatting, jadi sms dari sebuah nomor akan terkumpul dan terlihat lebih mirip percakapan dalam aplikasi chatting semacam BBM, YM dan lainnya. Jadi kita bisa dengan mudah melihat percakapan sebelumnya dari sebuah nomor.

Tampilan sms seperti chatting ini makin terasa bermanfaat ketika beberapa bulan lalu saya bertugas dalam panitia penerimaan mahasiswa baru di kampus tempat saya bekerja. Saya bertugas menangani peserta yang mendaftar secara online. Dan secara tidak sadar nomor handphone pribadi saya seperti menjadi contact person panitia.

Sebagian besar berkomunikasi melalui sms. Dan dengan tampilan sms seperti chatting yang tersedia di BlackBerry, saya jadi lebih mudah menangani berbagai pertanyaan dan komunikasi dari peserta / calon mahasiswa baru yang jumlahnya cukup banyak.

Saya tidak tahu apakah di produk lain seperti iPhone atau ponsel dengan Android ada fasilitas seperti ini (coba tanya bli Pande ah). Yang saya tahu di handphone jaman sebelumnya tidak ada fasilitas seperti ini. Sekali lagi, ini hanya tulisan pribadi tanpa ada niat untuk menyinggung produk tertentu.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

7 comments

  1. PanDe Baik says:

    Hehehe… Secara Default dari pabrikan, tampilan sms pada ponsel Android memang tampil seperti aktifitas Chat. Maklum, Andro kan mengadopsinya dari perangkat iOS alias iPhone.
    dan lantaran”tampilannya yang lebih mirip Chat ini, suka membuat saya lupa bahwa sebenarnya ini fitur SMS loh… bukan Chat. Jadi lebih sering menjawab singkat-singkat tapi terus-terusan ketimbang menggabungkannya dalam satu pesan. efeknya tentu pulsa jadi lebih boros. hehehe…

  2. PanDe Baik says:

    …dan fitur SMS dalam perangkat Android, ada juga fitur Grup. jadi misalkan kalo ada satu informasi yang diteruskan ke empat atau lima orang teman/rekan sekali waktu, kemudian di lain hari kita ingin meneruskan pesan lain ke orang”yang sama, tinggal mengetikkannya saja dalam kolom group tersebut. Pesan akan dikirimkan ke daftar yang sama dengan sebelumnya. Seperti FB atau Group Chat lah…

  3. Cahya says:

    Wah, ayo kita beli BB :).
    Cahya´s last blog post ..Border of Our Sight

  4. Faril says:

    iya, sebenarnya tampilan sms seperti chat sudah tersedia di semua OS handphone… bahkan di symbian yang sudah di-root juga bisa dibuat seperti itu..

Leave a Reply

CommentLuv badge