Tahun 2012, Pembuktian Bagi Rossi

November 27th, 2011 by imadewira Leave a reply »

Untuk pertama kalinya, Rossi tidak pernah juara seri sama sekali dalam 1 musim

Semua sudah tahu bagaimana hancurnya prestasi Rossi di tahun 2011. Pindah ke Ducati seperti menjadi mimpi buruk bagi Rossi, tanpa pernah berhasil menang sama sekali di tahun 2011. Jangankan menang, naik podium saja rasanya sulit, Rossi malah seringkali berkutat dengan pembalap-pembalap papan bawah.

Tapi masih ada permakluman bagi Rossi karena berbagai kendala adaptasi dengan motor Ducati. Motor Ducati benar-benar berbeda dengan Honda dan Yamaha yang selama ini di kendarai Rossi terutama dalam hal sasis. Berbagai perubahan kecil sebenarnya sudah dilakukan oleh Ducati tapi belum membuahkan hasil. Rossi masih tertinggal jauh dari Honda dan Yamaha, bahkan kadang dikalahkan oleh Suzuki.

Kalah jauh oleh pembalap papan atas, Rossi juga sering terjatuh karena memaksakan motor Ducati

Prestasi Rossi memang hancur di 2011, tapi kalau ada yang mengatakan Rossi bahkan dikalahkan oleh pembalap muda seperti Karel Abraham atau pun rekan setimnya Nicky Hayden, itu tidak benar. Karena jelas dalam klasemen akhir Rossi lebih baik. Di klasemen akhir musim 2011 Rossi duduk di posisi 6, ‘hanya’ kalah oleh Stoner, Lorenzo, Dovizioso, Pedrosa dan Spies yang notabene memang memiliki motor lebih baik. Tapi untuk motor yang sama-sama Ducati tentu Rossi masih yang terbaik.

Musim 2011 sudah berakhir dan tahun 2012 akan menjadi pembuktian bagi Rossi. Yang dibuktikan bukan kehebatan Rossi tapi cocok atau tidaknya Rossi dengan Ducati. Karena kalau mau membuktikan kehebatan Rossi, saya rasa gelar juara dunia 9 kali dengan 7 kali juara dunia di kasta tertinggi adalah bukti yang tidak bisa dibantah. Juara dunia 7 kali itupun didapat dengan 2 motor yang berbeda, Honda dan Yamaha.

Sekedar mengingatkan, berikut daftar gelar juara dunia Rossi di kasta tertinggi :

  1. Tahun 2001 : Honda
  2. Tahun 2002 : Honda
  3. Tahun 2003 : Honda
  4. Tahun 2004 : Yamaha
  5. Tahun 2005 : Yamaha
  6. Tahun 2008 : Yamaha
  7. Tahun 2009 : Yamaha

Ketika juara bersama Honda, mungkin merupakan hal yang wajar karena motor Honda memang bagus. Saya ingat betul bahkan saat itu orang sudah mulai bosan karena Rossi sangat mendominasi karena sudah 3 tahun berturut-turut bersama Honda. Dan ketika Rossi pindah ke Yamaha, saya ikut senang karena akan ada balapan yang kompetitif.

Semua tahu bagaimana prestasi Yamaha saat itu, Yamaha bukanlah motor papan. Saya sendiri tidak berharap Rossi bisa langsung juara dunia. Tapi Rossi dan timnya menunjukkan sesuatu yang luar biasa. Di tahun pertama bersama Yamaha Rossi langsung juara dunia. Saya ingat bagaimana Rossi dengan motor yang kalah power berduel melawan Max Biaggi yang menggunakan Honda. Di tahun-tahun selanjutnya Rossi mempersembahkan total 4 gelar juara dunia bagi Yamaha. Rossi mengubah Yamaha menjadi sebuah tim yang ditakutkan di kelas MotoGP.

Nah di tahun 2012 motor yang akan digunakan di kelas MotoGP adalah motor yang benar-benar berbeda yaitu menggunakan mesin 1000 cc. Ini kesempatan bagi Rossi dan tim untuk merancang motor yang benar-benar baru. Juga merancang sasis dan lain-lain. Jadi artinya motor Ducati GP12 merupakan motor yang benar-benar ala Rossi. Namun hasil tes pertama GP12 belum menunjukkan hasil yang memuaskan, Rossi masih tertinggal lebih dari 1 detik dibanding Stoner dengan motor 1000 cc Honda.

Ducati GP12, perhatikan sasisnya

Masih ada waktu beberapa bulan dan beberapa tes yang bisa dilakukan oleh Rossi dan Ducati sebelum MotoGP musim 2012 dimulai. Kita akan menunggu apakah Rossi bersama Ducati bisa kembali kompetitif, tentu saja saya berharap begitu. Tapi bila ternyata hasilnya sama atau bahkan lebih buruk dari tahun 2011, artinya Rossi memang tidak berjodoh dengan Ducati.

Kalau itu terjadi, apakah yang akan dilakukan Rossi? Pindah ke Suzuki, kembali ke Yamaha, atau mungkin saatnya pensiun?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

12 comments

  1. andinoeg says:

    harus jadi juara, GO ROSSI

    • artav says:

      saya memang pengguna sekaligus pengagum Yamaha, yang membuat lan dari yang lain adalah konsumsi bahan bakarnya yang terbilang irit dibandingkan motor-motor yang berkapasitas engine sama, Semoga Yamaha bisa mempertahankan idealismenya sebagai motor yang ramah terhadap lingkungan dan ramah terhadap kantong :)
      artav´s last blog post ..Antivirus Artav Maret 2012

  2. @zizydmk says:

    Saya malah memperhatikan betis orang yg telentang itu. Gede ya hahaha…
    @zizydmk´s last blog post ..Bapak Ibu Guru

  3. DV says:

    Astaga, zeee.. merhatikan betis hahahaha…
    DV´s last blog post ..Tulisan “keren”, tulisan “tak keren”

  4. Zippy says:

    Rossi seharusnya sudah pensiun.
    Kasian kan saya yang udah nunggu sejak lama.
    Gara2 masih eksis, jadinya saya gak dipake sama Ducati, wkwkwkwwk…. #ngayaldotcom :lol:
    Zippy´s last blog post ..Hentikan Stigma, ODHA Juga Manusia

  5. Kalau juara bersama Ducati, artinya Rossi bisa juara dengan tiga tim yang berbeda. Sudah adakah pembalap yang bisa juara dunia dengan tim yang berbeda2?

    • imadewira says:

      Nah, itu yang saya belum tahu. Tapi bisa juara dengan 2 tim (pabrikan berbeda) saja sudah cukup hebat menurut saya, apalagi Rossi melakukannya ketika baru turun bersama Yamaha di tahun pertama, dengan catatan pula sebelumnya Yamaha bukanlah apa-apa.

  6. suban says:

    ku tunggu aksimu rossi di GP 2012

  7. ghea says:

    nice post gan… klo boleh tukran link ini blog saya
    http://blog.umy.ac.id/ghea
    klo sudah tlong dikbrin yh..thx
    ghea´s last blog post ..By: Naufal Ari Nugraha

  8. giewahyudi says:

    Saya malah mengkhawatirkn kondisi psikis Rossi setelah “ditinggal” Supersic..
    Sepertinya ada yang hilang dari semangatnya membalap..

  9. DeRie says:

    mudah2n rossi ga diem diri dalam keterpurukannya di tahun 2011..
    bravoooooooooo
    DeRie´s last blog post ..GT Radial, Ban Terbaik Di Indonesia

Leave a Reply

CommentLuv badge