Sumpah PNS

Salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang PNS seutuhnya adalah pengambilan sumpah. Untuk menjadi seorang PNS dari jalur umum seperti saya, tahap yang awal yang harus dilalui biasanya adalah tes CPNS. Tes ini biasanya sekitar pertengahan tahun sampai akhir tahun sesuai dengan informasi lowongan CPNS. Jika telah lulus tes CPNS ini sekitar awal tahun barulah kita akan dipanggil lagi untuk mulai bekerja.

Selama sekitar setahun status kita masih CPNS yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil. Dalam setahun teorinya kita menunjukkan diri apakah nanti benar-benar layak diangkat menjadi PNS. Setelah itu kita harus mengikuti Diklat Prajabatan sebagai salah satu syarat untuk diajukan menjadi PNS. Syarat lainnya adalah mengikuti tes kesehatan menyeluruh yang dilakukan di Rumah Sakit pemerintah yang ditunjuk.

Nah setelah semua itu lengkap barulah kita diajukan menjadi PNS penuh. Dan tahap terakhir adalah upacara Pengambilan Sumpah. Saya dan 2 orang teman se-angkatan sebenarnya sudah menerima SK PNS tahun lalu, namun upacara Pengambilan Sumpah baru saya ikuti sekitar 2 minggu lalu dan bersamaan dengan teman-teman yang satu angkatan di bawah saya.

Upacara Pengambilan Sumpah dilakukan di kampus STP Nusa Dua Bali yang juga diikuti oleh beberapa PNS dari UPT lain di Bali yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Untuk yang beragama Hindu, sebelum upacara Pengambilan Sumpah, ada upacara khusus yang harus kami ikuti yaitu “Mejaya-Jaya” di Pura di kampus STP Nusa Dua Bali.

Setelah itu barulah Upacara Pengambilan Sumpah dilakukan di dalam gedung. Ada sekitar 30 orang peserta, 2 beragama Islam dan 1 beragama Kristen. Masing-masing kelompok ditemani oleh rohaniawan sesuai dengan agama yang bersangkutan. Acara pun berlangsung dengan khidmat, walaupun sangat sederhana tapi sama sekali tidak mengurangi keseriusan kami dalam bersumpah/berjanji.

Selesai semua acara, para undangan yang terdiri dari pejabat di lingkungan UPT masing-masing serta undangan lain memberikan selamat. Saya senang dan akan berusaha menjalankan sumpah yang telah saya ucapkan disana.

Oya, ini beberapa foto-fotonya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

12 thoughts on “Sumpah PNS

    1. benar, pura yang di depan hotel itu. Ini pengambilan sumpahnya sekaligus 2 angkatan. Masa CPNS tidak lama kok, cuma 1 tahun, walaupun pengambilan sumpahnya baru ini tapi SK PNS tetap sesuai dengan tanggal yang benar, dan gaji pun mengikuti, ya walaupun belakangan tapi tetap dibayarkan sesuai SK :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *