@stpnusadua : STP Nusa Dua Bali on Twitter

January 26th, 2011 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Sebelumnya mohon maaf karena saya tidak tahu apakah penulisan judul tulisan ini sudah tepat atau belum, jadi mohon koreksi anda jika kurang tepat.

Beberapa waktu belakangan ini saya merasa mulai sedikit kewalahan untuk mengatur waktu ngeblog. Biasanya saya mengurus blog ini termasuk blogwalking ketika berada di kampus, saya biasanya memanfaatkan waktu luang di sela-sela jam bekerja. Nah belakangan saya menambah satu kesibukan untuk diri saya sendiri yaitu Twitter.

Awal mulanya adalah ketika saya kembali masuk dalam panitia/tim pemasaran di kampus STP Nusa Dua Bali, tempat saya bekerja sehari-hari. Sebelumnya tahun lalu saya sudah masuk dalam panitia, tapi ketika itu saya belum bisa memberikan kontribusi apapun. Namun ketika itu, saat mengikuti rapat saya sudah sempat menyampaikan mengapa STP Nusa Dua Bali sepertinya belum memaksimalkan media internet untuk melakukan promosi/pemasaran. Tapi pada waktu itu karena terbatasnya waktu dan saya juga masih baru disana maka apa yang saya sampaikan pun hanya lewat begitu saja tanpa ada tindak lanjut.

Nah, tahun ini kebetulan saya kembali memiliki kesempatan untuk menyampaikan usul saya. Saya kembali masuk panitia/tim pemasaran dan menjadi seksi Teknologi Informasi. Di rapat pertama kali sepertinya belum ada perubahan, apa yang direncanakan oleh tim pemasaran STP Nusa Dua Bali sepertinya kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya menyebar brosur, memasang spanduk/baliho, mendatangi sekolah-sekolah untuk presentasi dan juga melakukan roadshow. Di bidang teknologi informasi STP Nusa Dua hanya memasang pengumuman di website STP Nusa Dua Bali. Saya tidak mengatakan bahwa cara-cara tersebut tidak bagus, tetapi di jaman teknologi informasi seperti ini alangkah baiknya jika kita mencoba memaksimalkan media internet untuk pemasaran.

Saya kemudian mencoba menuliskan beberapa hal/program kerja yang bisa dilakukan di bidang teknologi informasi, diantaranya :

  1. Membuat email khusus untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru.
  2. Memperbanyak konten (berita) di website, karena selama ini website yang dimiliki belum diisi secara maksimal.
  3. Memaksimalkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menyebarkan informasi.

Selanjutnya atas inisiatif saya pribadi, saya mencoba membuat akun khusus @stpnusadua di Twitter untuk kampus STP Nusa Dua Bali. Saya mencoba menyampaikan berbagai informasi yang saya miliki tentang kampus STP Nusa Dua Bali. Hampir setiap pagi saya memandangi papan-papan pengumuman, untuk sekedar mencari informasi yang bisa saya jadi tweet dan disebar di internet.

Dalam waktu sekitar 2 minggu (saat ini) tanpa melakukan promosi apa-apa jumlah follower akun tersebut sudah mencapai 100 follower. Sebagian follower adalah mahasiswa aktif di STP Nusa Dua Bali, sebagian alumni dan juga masyarakat umum. Respon dari mahasiswa dan alumni di Twitter cukup baik, mereka menyambut hadirnya akun tersebut.

Saya kemudian menyampaikan tentang akun tersebut kepada Humas dan Manajemen STP Nusa Dua Bali sembari sedikit menjelaskan tentang Twitter. Dan kembali lagi disambut baik, bahkan Ketua STP Nusa Dua Bali mendukung saya, beliau menyampaikan dukungan via email dan saya tentunya semakin bersemangat untuk bekerja. Beberapa pejabat dan dosen pun mulai aktif di Twitter.

Saat ini untuk kemampuan dan kehebatan Twitter dalam menyebarkan informasi sepertinya tidak perlu saya jelaskan lagi. Dan saya pribadi percaya media internet seperti Twitter bisa kita maksimalkan untuk memperkenalkan STP Nusa Dua Bali lebih jauh lagi. Namun tentunya harus didukung oleh berbagai hal khususnya website STP Nusa Dua Bali. Saya pribadi merasa website STP Nusa Dua Bali saat ini belum tampil maksimal, saya mendengar kabar bahwa akan ada engine dan tampilan baru untuk website STP Nusa Dua Bali.

Saya sendiri akhirnya baru beberapa hari yang lalu diberikan user dan password untuk mengakses halaman admin website STP Nusa Dua Bali. Saya kemudian mencoba membantu untuk mem-publish beberapa konten(berita) yang saya dapatkan dari pihak Humas STP Nusa Dua Bali. Ah, inilah kesibukan saya beberapa hari belakangan ini. Masih banyak hal yang sepertinya bisa saya lakukan. Hal yang mungkin dianggap kecil dan remeh oleh beberapa orang, mungkin karena tidak bersentuhan dengan duit. Tapi masa bodoh, Maju Terus..!!

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

13 comments

  1. zee says:

    Wah. Sekarang memang era socmed ya, jadi baik online marketing maupun lembaga pendidikan juga butuh digathered dengan socmed.

  2. DV says:

    Wah, memang dibutuhkan effort yang tinggi dan tidak mata duitan untuk membangun image di dunia maya, Bli..

    Maju terus. Twitter account mu apa? Aku @dv77 :)
    DV´s last blog post ..Arus informasi- pentingkah

  3. Sugeng says:

    Saya bisa merasakan bagaimana tanggapan teman sejawat di STP nusa dua melihat kesibukan yang “garing” saat penerimaan mahasiswa baru :lol: maju terus Gung !!!

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  4. Zippy says:

    Benar mas, Twitter emang salah satu media informasi yang lagi ngetrend saat ini.
    Semua informasi menjadi lebih mudah dan cepat untuk diberitakan.
    Sukses ya mas untuk STP Nusa Dua Bali nya :)
    Zippy´s last blog post ..Hangout Asik- Hati Happy!

  5. pututik says:

    untuk jadi admin social media tidak mudah namun tetap semangat ya

  6. etha says:

    tim marketingg iiaa. etha jgg tim marketing kampus.. hihihiihiih

  7. niee says:

    wah kapan ya kampus aku juga punya akun twitter,
    pasti akan seru,,
    mudah2an pemasarannya sukses bli,
    makin banyak yang tahu tentang kampus STP Nusa Dua Bali :)

Leave a Reply

CommentLuv badge