Stoner Tak Terbendung di Inggris

Judul tulisan saya sebelumnya “Mencari Penantang Stoner” memang tidak terlalu lebay, bahwa saat ini Stoner memang benar-benar on fire dan tidak terbendung. Lihat saja hasil MotoGP Inggris 2011 yang digelar di sirkuit Silverstone kemarin. Stoner keluar sebagai juara di MotoGP Inggris 2011.

Setelah menyapu bersih 3 sesi latihan bebas, Stoner melanjutkan dominasinya dengan meraih pole position di sesi kualifikasi. Nyaris tidak ada pembalap yang mampu mendekatinya. Hanya Marco Simoncelli yang bisa dikatakan sebagai pesaing.

Balapan MotoGP Inggris 2011 pun digelar dalam wet race alias basah karena hujan sudah mengguyur lintasan Silverstone sejak pagi hari. Stoner sempat mengawali start dengan kurang bagus sehingga Lorenzo dan Dovizioso yang start dengan baik sempat menyalipnya. Tapi kondisi itu hanya bertahan sebentar karena Stoner lantas menyalip keduanya dan kembali memimpin lomba.

Stoner tampak dominan dan tidak tersentuh hingga akhir lomba. Sementara itu tiga pembalap lainnya yaitu : Dovizioso, Lorenzo dan Simoncelli tampak bersaing ketat untuk memperebutkan podium. Duel awalnya terjadi antara Dovizioso dan Lorenzo, dalam kondisi sirkuit basah duel ini cukup seru.

Sayang sekali Lorenzo akhirnya terjatuh ketika balapan menyisakan 12 lap atau di lap ke 8. Lorenzo gagal mempertahankan grip ban depannya sehingga terpeleset dan jatuh. Simoncelli memanfaatkan peluang ini dan duel selanjutnya adalah Dovizioso vs Simoncelli. Dovizioso kembali tersenyum karena Simoncelli ikut terjatuh mencium aspal basah menyusul Lorenzo 2 lap kemudian.

Dovizioso pun nyaman di posisi ke 2 tanpa ada penganggu, sementara Stoner tinggal menunggu finish. Colin Edwards adalah pembalap yang mendapat berkah dengan jatuhnya Lorenzo dan Simoncelli karena dia akhirnya finish di podium ketiga. Hasil yang luar biasa karena pekan lalu Edwards sempat terjatuh dan mengalami patah tulang.

Bagaimana dengan Rossi? Rossi yang hanya mampu start di posisi ke 13 akhirnya finish posisi 6. Hasil ini sebenarnya cukup baik mengingat Rossi start di luar 10 besar. Ini terjadi karena Rossi memang belum mampu beradaptasi dengan Ducati, ditambah lagi bahwa Rossi belum mengenal Silverstone dengan baik karena musim lalu ketika balapan pertama kali di Silverstone Rossi absen karena cedera.

Itulah hasil MotoGP Inggris 2011. Hasil yang mengecewakan bagi Lorenzo dan Simoncelli yang kembali gagal naik podium. Sementara Stoner mengambil alih pimpinan klasemen dari Lorenzo dan Stoner berbalik unggul 18 poin atas Lorenzo. Balapan seri ke 7 MotoGP Belanda akan digelar pekan depan di sirkuit Assen.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

3 thoughts on “Stoner Tak Terbendung di Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *