Sinopsis Film Moana 2016

Setelah menonton film Moana (2016) beberapa waktu bersama Nindi, ijinkanlah saya menulis sedikit sinopsis film Moana ini berdasarkan apa yang kami tonton di bioskop dan hasil googling. Pada intinya, film Moana ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton bersama keluarga khususnya jika anda memiliki anak perempuan yang suka film animasi seperti film Frozen dan putri-putrian lainnya. Tapi walaupun lebih cocok untuk anak-anak, film Moana 2016 ini juga tetap enak ditonton oleh orang dewasa kok.

Sinopsis film Moana (2016) adalah sebagai berikut :

Alkisah ada seorang dewi yang bernama Te Fiti yang merupakan Dewi Pulau. Te Fiti memiliki kemampuan gaib untuk menciptakan pulau-pulau lain beserta kehidupan didalamnya. Karena kemampuannya itulah, jantung Te Fiti menjadi incaran oleh banyak pihak. Kemudian dikisahkan ada seorang manusia setengah dewa, Maui, yang memiliki kehebatan dan kekuatan super lalu mencuri jantung Te Fiti. Setelah berhasil mencuri jantung Te Fiti, Maui kemudian berhadapan dengan raksasa lava bernama Te Ka. Karena dahsyatnya pertarungan antara Maui dan Te Ka, sampai senjata utama Maui yang menyerupai mata pancing jatuh ke laut dan mengakibatkan Maui kehilangan kekuatannya lalu kalah.

Itu ada cerita awal yang terjadi 3000 tahun yang lalu sebelum lahirnya Moana.

Kemudian di masa sekarang, diceritakan ada seorang gadis bernama Moana. Moana merupakan anak tunggal dari seorang kepala suku yang hidup di sebuah pulau yang sangat subur, makmur dan tenteram. Suku mereka hidup tenteram dan mampu memenuhi segala kebutuhan hidup. Sang ayah juga sudah menyiapkan Moana sejak kecil untuk kelak menggantikannya sebagai kepala suku.

Akan tetapi, Moana kecil mendapat sebuah petunjuk ketika tak sengaja bermain di tepi pantai. Air laut menjadi “hidup” dan memberi jalan serta membantu Moana. Apalagi sebelumnya Moana telah diceritakan tentang kisah Maui dan Te Fiti oleh neneknya. Nenek Moana juga mengatakan kelak akan ada satu orang yang menyelamatkan seluruh pulau dari bencana dahsyat karena hilangnya jantung Te Fiti. Dan orang itu adalah Moana.

Moana kemudian bimbang, bingung harus memilih apakah mencoba berlayar mengarungi lautan atau berdiam diri saja dan menggantikan ayahnya menjadi kepala suku. Moana sempat mencoba berlayar namun gagal sebelum berhasil melewati batu karang yang selama ini tidak boleh dilewati atas perintah ayah Moana. Moana kemudian sempat percaya bahwa dia tidak ditakdirkan untuk berlayar, dia akan menerima saja menjadi kepala suku.

Hingga kemudian nenek Moana menunjukkan suatu rahasia besar kepadanya. Moana diajak masuk ke sebuah goa yang ternyata di dalamnya berisi banyak perahu layar. Ternyata suku mereka dulunya adalah pelaut handal, mereka biasa berlayar mengarungi lautan dan sangat handal dalam navigasi. Tapi ayah Moana selama ini menyembunyikan semua perahu layar itu karena takut terjadi sesuatu dengan Moana dan rakyatnya.

Setelah mengetahui kenyataan itu, Moana kini yakin pergi untuk berlayar. Apalagi beberapa tanda bencana mulai terjadi, ikan-ikan mulai berkurang dan bahkan menghilang sehingga suku mereka kekurangan bahan makanan. Pohon kelapa dan kebun mereka mulai membusuk. Dan yang terakhir, nenek Moana jatuh sakit. Pesan terakhirnya kepada Moana, Moana harus segera pergi berlayar untuk menyelamatkan sukunya dengan cara mencari Maui dan mengembalikan jantung Te Fiti. Dan akhirnya Moana pun pergi berlayar walau ayahnya tetap bersikukuh tidak mengijinkannya, apalagi Moana sebenarnya tidak punya kemampuan berlayar.

Sepanjang perjalanan, banyak tantangan dan hambatan yang dirasakan Moana. Tujuannya tentu saja mencari Maui dan kemudian bersama-sama mengembalikan jantung Te Fiti. Berhasilkan Moana?

Moana kemudian berhasil menemui Maui, tapi yang terjadi diluar dugaan. Maui tidak serta merta mau membantu Moana. Apalagi Maui kini tidak memiliki kekuatannya. Pertama-tama mereka harus mencari kembali senjata Maui yang terjatuh di dasar laut. Moana dan Maui harus menghadapi kepiting sakti yang hobi mengkoleksi benda-benda berharga. Dan yang paling menantang adalah bagaimana cara Moana dan Maui melewati raksasa lava yang bernama Te Ka untuk menemui dan mengembalikan jantung Te Fiti.

Akhir kisah ini tentu saja happy ending, Moana dan Maui berhasil mengembalikan jantung Te Fiti. Kehidupan pulau-pulau kembali sejahtera dan mereka terhindar dari bencana. Begitulah sinopsis atau mungkin tepatnya resensi film Moana (2016).

Oya, walaupun yang saya tuliskan diatas film ini seperti penuh dengan ketegangan, tapi sebenarnya film ini penuh dengan adegan lucu khas film animasi anak-anak. Dan satu lagi, film ini merupakan film musikal. Di sepanjang film banyak diiringi dengan lagu yang sesuai dengan kisah Moana. Awalnya saya kurang sreg dengan film yang banyak lagu begini. Tetapi ternyata sisi positifnya adalah film ini sangat berkesan bagi anak saya, karena setelah menonton film ini dia banyak mengkoleksi lagu-lagu dari film Moana.

Kesimpulan saya, film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga khususnya jika ditonton bersama putri anda yang masih duduk di bangku SD atau TK.

 

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

One thought on “Sinopsis Film Moana 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *