Silent Reader di Blog Otomotif

Silent reader artinya blogwalking tanpa berkomentar..

Blogwalking adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang blogger yaitu mengunjungi blog-blog lain sambil meninggalkan jejak komentar pada tulisan-tulisan yang dianggap menarik. Berkomentar mungkin tidak wajib karena tidak sedikit blogger yang hanya membaca saja dan tidak berkomentar walau tulisannya dianggap menarik, istilahnya silent reader.

Saya sendiri sudah sejak lama menjadi silent reader di beberapa blog khususnya blog otomotif. Saya lupa sejak kapan, mungkin sudah lebih dari 2 tahun yang lalu. Entah mengapa saya makin senang mengikuti dan membaca blog-blog yang membahas tentang otomotif khususnya sepeda motor. Berawal dari satu blog miliknya mbah dukun, awalnya beralamat di http://ducatimonster.wordpress.com kemudian saya mengenap beberapa blog lain seperti IWB TMCBlog dan lain-lainya.

Awalnya saya mengira mereka hanyalah blogger biasa yang kebetulan suka ngeblog tentang otomotif, tetapi lama kelamaan saya jadi bahwa mereka adalah orang-orang yang benar-benar hebat dan memang ahlinya dibidang sepeda motor baik yang biasa ataupun moge. Bahkan mungkin punya kaitan atau hubungan dengan orang-orang penting di pabrikan sepeda motor di Indonesia. Entahlah, tapi yang jelas hampir tidak ada artikel yang terlewatkan dari blog mereka yang saya baca.

Informasi yang disampaikan oleh blog-blog tersebut pun biasanya akurat, banyak bocoran tentang sepeda motor yang dipublikasikan disana. Bisa dikatakan blog ini adalah kasak-kusuk yang membahas tentang sepeda motor. Dari blog-blog otomotif itulah saya mendapat banyak informasi seputar sepeda motor, baik sepeda yang sudah tidak diproduksi, sepeda motor yang sedang diproduksi dan dijual saat ini, serta yang terpenting adalah informasi/bocoran tentang sepeda motor yang belum/akan diproduksi oleh sebuah pabrikan.

Disitulah mungkin letak asiknya mengikuti dan membaca blog-blog otomotif seperti itu, saya mendapat banyak informasi tentang motor-motor yang akan dijual oleh pabrikan semacam Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Juga informasi peta penjualan sepeda motor, tipe apa dikuasai pabrikan mana. Ditambah lagi informasi apa kekurangan dan kelebihan sebuah sepeda motor tanpa saya harus mencobanya sendiri.

Apakah informasi di blog otomotif seperti itu beda dengan di portal berita-berita yang resmi. Intinya mungkin sama, tetapi dari kecepatan arus informasi, di blog otomotif biasanya lebih cepat. Gaya bahasa di blog juga tentu berbeda, lebih enak gaya lebih personal. Review yang disampaikan tentang sebuah produk juga biasanya akurat dan lebih gimana gitu dibanding di portal berita yang cenderung formal.

Jadi, begitulah, kegiatan blogwalking saya sekarang lebih banyak ke blog-blog otomotif. Blogwalking ke blog lain juga tetap saya lakukan, tapi intensitasnya mungkin tidak seperti dulu. Saya juga sekarang lebih menjadi silent reader di blog lain, karena kadang bingung mau berkomentar apa. Memilih untuk tidak berkomentar juga biasanya disebabkan minimnya waktu, jadi cukup dibaca saja tanpa perlu dikomentari.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *