Setting Moderasi Untuk Komentator Baru

Hari ini saya mencoba melakukan perubahan pada setting komentar blog ini. Setiap pengunjung yang baru pertama kali datang dan meninggalkan komentar, maka komentar tersebut akan dimoderasi terlebih dahulu. Setelah saya sebagai pemilik blog ini meng-approve komentar tersebut, barulah komentar tersebut akan muncul. Eits, jangan men-judge bahwa saya sombong dulu, karena apa yang saya lakukan ini ada tujuannya.

Ceritanya begini, saya termasuk orang yang ingin berbaik hati kepada semua pengunjung blog ini. Maka setiap kali ada blogger yang baru pertama kali datang kesini dan berkomentar, maka saya selalu berkunjung balik. Tetapi masalah nanti apakah saya akan berlangganan RSS dari blog tersebut atau tidak, itu tergantung dari apakah saya suka blog itu atau tidak. Tapi setidaknya saya pasti berkunjung balik.

Nah, karena semakin banyaknya yang berkunjung ke blog ini, saya agak kesulitan mengingat mana blog yang sudah pernah saya kunjungi dan mana yang tidak. Dan ini cukup merepotkan saya ketika membalas komentar. Jadi saat ini saya mencoba melakukan moderasi terhadap komentator baru, dan dari sana saya akan tahu mana komentator baru dan mana yang bukan.

Jadi, semoga saja kenyamanan pengunjung tidak terganggu karena hal ini. Dan tujuan saya melakukan moderasi itu bukan karena apa-apa, hanya sekedar ingin membedakan mana komentator baru dan mana yang sudah pernah berkomentar. Setting moderasi ini mungkin hanya sementara, saya akan coba dulu dan bukan tidak mungkin kalau nanti akan saya kembalikan lagi seperti sebelumnya.

Bagaimana menurut anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

62 thoughts on “Setting Moderasi Untuk Komentator Baru

  1. Saya sedari awal dulu juga dimoderasi, kalau tidak lumayan kan satu dua spam masuk ke kolom komentar, kalau ketahuan Om Google, blog kita bakal ditendang dari SERP :D (walau ga penting sih).

    Saya moderasi agar aman saja koq, toh kebanyakan orang sudah paham, kalau komentar pertama kali biasanya dimoderasi. Bahkan banyak yang komentar selanjutnya pun dimoderasi, itu juga tidak masalah.
    .-= Cahya´s last blog ..Menerima Siapa pun Yang Datang =-.

      1. @Deddy,

        Tergantung Dok, apa kolom komentar menerapkan dofollow?

        Pengalihan trafik atau peningkatan trafik ke blog atau website tertentu yang dinilai tidak sehat, berarti website itu sendiri tidak sehat. Website tidak sehat tidak akan masuk ke dalam SERP – setahu ilmu saya yang dangkal.

        Tapi coba tanya ke ahli SEO yang lebih handal. Saya sih tidak begitu mengerti :)

  2. Owh, karena baik hatinya tuan rumah yang akan mengunjungi balik pembacanya yang baru pertama kali berkunjung, makanya dimoderasi…

    Kalo saya, berkunjung balik suka-suka saya. Itulah kelemahan saya. Kadang lupa berkunjung balik, apalagi jika cuma sekali berkunjung di blog saya dan komentarnya singkat ‘sambil lalu’, pasti deh nggak akan saya kunjungi lagi.

    Meski begitu, saya rajin berkelana ke blog-blog lain, meski dia belom pernah berkomentar di blog saya.
    .-= isnuansa´s last blog ..5 Hal yang Saya Lakukan Saat Belum Berhasil di Google Adsense =-.

  3. Kalo saya sih komentarnya gak dimoderasi, dibiarin lewat begitu saja. Masalah kunjungan balik, saya tidak perlu repot ngurus mana yg belum dan sudah saya kunjungi karena pengunjung blog saya juga masih sedikit :D
    Tapi saya setuju seperti apa yg dikatakan saudara Cahya. Demi keamanan mungkin nanti saya juga menerapkan moderasi :)
    .-= adiarta´s last blog ..Lirik dan Kord Lagu Vitix Band – Duman Hidup =-.

  4. Saya sejak awal memakai cara ini pak. Tujuan saya adalah menyeleksi komentar yang masuk. Kalau pada komentar pertamanya saja saya sudah ndak suka dengan komentarnya, maka saya ndak akan pernah membebaskannya berkomentar.

    Untungnya, komentar di blog saya ndak sebanyak blog anda. Jadi saya bisa santai membaca komentar teman-teman yang berkunjung. Hehe!

  5. buat tidak masalah apakah dimoderasi atau tidak, banyak kok yang semua komentar dimoderasi bukan cuma untuk kali pertama saja …
    memang ada baiknya cukup kali pertama, jadi kita tidak perlu direpotkan approve setiap komentar yg masuk, cukup menyita waktu juga kalau banyak yang masuk ..
    .-= hpnugroho´s last blog ..Dimana menemukan Rumah Idaman =-.

  6. Saya rasa,ini cara yg bagus,Pak.
    Pengunjung baru diperhatikan khusus dgn cara moderasi.
    Iya,kita terkadang lupa membalas kunjungannya dan ini membuat mereka enggan datang lagi di blog kita.
    Mungkin begitu maksudnya ya,Pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *