Setting Komentar Pada WordPress

Melanjutkan tulisan mengubah urutan komentar sebelumnya, pada menu Discussion Settings blog wordpress sebenarnya ada beberapa hal lain yang dapat kita setting disana. Setting yang dapat kita lakukan pada menu Discussion Settings berhubungan dengan komentar, diantaranya :

“Automatically close comments on articles older than …. days”. Yang artinya kurang lebih, fasilitas komentar akan ditutup secara otomatis setelah sekian hari yang kita tentukan. Memang jarang blogger yang mengaktifkan fasilitas ini, tapi siapa tahu suatu saat anda membutuhkannya.

“Enable threaded (nested) comment …. levels deep”. Kita tidak perlu menginstall lagi plugin WordPress Thread Comment, cukup aktifkan fasilitas ini. Tapi sayangnya belum semua theme gratisan yang ada saat ini support dengan fasilitas ini. Di samping itu plugin WordPress Thread Comment memiliki beberapa kelebihan di banding fasilitas Thread Comment default pada wordpress, jadi saya sendiri tetap menggunakan plugin WordPress Thread Comment.

“Break comments into pages with …. top level comments per page and the …. page displayed by default”. Fasilitas ini berguna untuk membuat paging pada komentar. Misalnya bisa kita setting komentar akan muncul sebanyak 50 komentar per halaman, jadi jika jumlah komentar lebih dari itu maka akan ditampilkan pada halaman lain. Fasilitas ini mungkin berguna bagi blog yang biasa mendapat ratusan komentar setiap post-nya. Sayangnya ini juga tergantung theme yang kita gunakan.

Selain itu kita juga melakukan setting yang berhubungan dengan komentar yang dikategorikan spam dan melakukan blacklist pada komentar tertentu. Untuk lebih jelasnya silahkan buka Dashboard dan masuk ke menu Discussion Setting pada blog anda sendiri.

Bagaimana setting discussion pada blog wordpress anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

51 thoughts on “Setting Komentar Pada WordPress

  1. Saya malah lebih suka menggunakan fasilitas nested comment wordpress. Memang kalau dilihat dari segi fasilitas tambahan lebih bagus menggunakan plugins. Dan jadi masalah juga sih Mas, karena nested comment harus disupport dulu sama templatenya.

  2. Kalo dalam hal ini aku lebih suka membiarkan komentar apa adanya tanpa dibagi-bagi halaman dan tanpa memberi expiration date soalnya biar keliatan yang komen banyak hahahah :))
    .-= DV´s last blog ..Natal =-.

  3. Melakukan setting blacklist itu belum pernah saya coba. Agak bingung yg harus diisi ipnya, nama komentator, or kata-kata yg kita tidak suka ya?

  4. Mas-mas dan mba2 gmana ya caranya buka comment pada blog??? padahal pada pengaturan standar–> pengaturan diskusi dah saya centrang pada bagian izinkan orang untuk mengomentari tulisan-tulisan baru…tapi kok gak bisa-bisa ya….masa comment are closed terus…mohon bantuannya saya baru ngeblog ne..hehhehe
    makasih sebelumnya

  5. mohon pencerahanya.
    blok kami wordpress beralamat di agrobuah.com
    kami mempunyai sedikit permasalahan yaitu
    bila pengunjung masuk dan mau komentar setelah mengisi form yang ada yaitu
    nama, email, alamat web, isian komentar sudah di isi selanjutnya kirim komentar.
    akan tetapi tidak sukses terkirim dan
    tertahan mesin pengaturan yang isinya

    Error 1: Click back and type in the password.

    apakah maksudnya itu. dan bagaimana untuk mengaturnya.
    mohon bantuannya bagaimana cara mengaturnya ?

  6. mas kalau misalnya kita mau comment tanpa harus register wordpress, atau login via twitter/fb ,,settingannya gmana ya ?

  7. Maaf Mas, mau naya. Setting komentar di blog saya selama ini tidak pernah bermasalah. Tapi kemarin tiba2 saja komentar di salah satu postingan saya ke-closed sendiri gitu. Itu kira2 kenapa dan bagaimana cara ngembaliin settingannya ya? Postingan ini juga terbaru, bukan yg postingn lama 40 hari lebih yg bisa otomatis komentarnya ditutup. Mohon pencerahannya ya. Terima kasih. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *