Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

May 11th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Hari raya Galungan yang merupakan hari suci bagi umat Hindu. Maka untuk anda umat Hindu melalui tulisan ini saya ingin mengucapkan :

“Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan”

Walaupun tanpa penjor dengan biaya ratusan ribu bahkan jutaan, walaupun tanpa daging babi yang melimpah, walaupun tanpa busana dan pakaian baru, walaupun tanpa makanan dan buah-buahan yang menggunung, toh hari raya Galungan tetap akan terlewati lalu datang lagi enam bulan kemudian.

Karena yang terpenting adalah makna, Galungan bukan hanya perayaan dalam materi tapi perayaan dalam diri dan dalam hati. Galungan adalah perayaan kemenangan Dharma atas Adharma, kemenangan kebaikan atas kejahatan. Kebaikan dan kejahatan yang mana? Seperti petuah bijak yang mengatakan bahwa “musuh yang sesungguhnya berada dalam diri sendiri”.

Berarti kita harus memusuhi diri sendiri? Berarti harus bunuh diri gitu ya?

Bukan, tentu saja bukan. Begini, sebelumnya mohon maaf kalau nanti ada yang mengira saya sok suci dan paling ahli dalam beragama. Bukan, itu juga bukan. Ini lebih pada introspeksi diri, karena sebelum orang lain membaca tulisan ini, saya sudah terlebih dahulu membacanya, tentu lebih dari satu kali! Maka secara tidak langsung saya sebenarnya sedang menasehati diri sendiri.

Mari kita lanjutkan, dalam agama Hindu ada yang disebut dengan Sad Ripu, yaitu enam sifat tidak baik dalam diri manusia. Sad Ripu diantaranya : Kama (hawa nafsu), Loba (rakus / serakah), Kroda (marah / kejam), Moha (bingung / angkuh), Mada (mabuk / lupa diri), Matsarya (iri hati / dengki). Penjelasan dari masing-masing bagian Sad Ripu tersebut rasanya tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Tapi yang jelas, keenam sifat tersebutlah yang seharusnya menjadi musuh, yang seharusnya dikalahkan / dikendalikan.

Jadi sekali lagi, Galungan sebenarnya kita rayakan ketika kita telah berhasil memenangkan pertempuran melawan Sad Ripu, ketika kita telah berhasil mengendalikan Sad Ripu. Jika sudah, maka sekali lagi saya ucapkan selamat, Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

11 comments

  1. isnuansa says:

    Matsarya atau iri hati tuh Bli, buat saya yang susah dihindari… :p

  2. DV says:

    Selamat merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan, Bli.. Semoga kita semua selalu diberkati dalam perbedaan-perbedaan yang ada…

  3. Tusuda says:

    OSA. Rahaj√©ng nyanggre rahinan ageng, dumugi sareng sami ngemanggihin kertha raharja…

  4. PanDe Baik says:

    Tulisan yang lahir dari kalbu seorang Guru… :p Selamat Merayakan Hari Raya Galungan Wir…
    .-= PanDe Baik´s last blog ..Update Status FaceBook via (ponsel mahal) =-.

  5. Selamat merayakan Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan selalu memberkati seluruh umat manusia di bumi dengan dharma..

  6. Meski terlambat beberapa hari harusnya kan kemarin ya tgl 1 Februari 2012 ya, Selamat Hari Raya Galungan, semoga setelah mendapat kemenangan melawan adharma, dapat mempertahankannya hingga akhir hayat.
    Teti Mardiana´s last blog post ..WINA PRIVATE COURSE: Detik-Detik Akhir Qaddafi Sebelum Peluru Tembus Kepalanya

Leave a Reply

CommentLuv badge