Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan Oktober 2013

October 24th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »
Penjor Galungan Oktober 2013 di depan rumah saya

Penjor Galungan Oktober 2013 di depan rumah saya

Biasanya ucapan selamat hari raya Galungan adalah  “Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan”, karena memang hari raya Galungan selalu dan pasti diikuti dengan hari raya Kuningan, tepatnya 10 hari setelah hari raya Galungan. Kedua hari raya ini datangnya setiap 6 bulan Bali (210 hari), maka dalam setahun akan ada dua kali hari raya Galungan dan Kuningan. Dua kali setahun membuat datangnya hari raya ini terasa tidak lama, dan maka dari itulah judul tulisan saya ini saya tambahkan “Oktober 2013” sehingga nanti mudah dibedakan dengan tulisan hari raya Galungan enam bulan yang lalu, ya walaupun tidak setiap hari raya Galungan saya membuat tulisan khusus.

Hari raya Galungan kali ini bagi saya terasa hampir sama dengan hari raya Galungan sebelum-sebelumnya. Semuanya anggota keluarga sibuk dengan tugas masing-masing, yang laki-laki akan sibuk mempersiapkan penjor Galungan, menghias “pelinggih”, nampah (menyembelih) babi dan seterusnya. Yang perempuan biasanya jauh lebih sibuk karena harus mempersiapkan berbagai sesajen untuk Galungan.

Kalaupun ada yang berbeda kali ini adalah karena Ajik (ayah) saya yang sedang sakit sejak beberapa hari sebelum Galungan. Beliau sepertinya benar-benar kelelahan setelah ikut sibuk menjadi panitia dalam upcara “metatah” dan “telubulanan” massal yang diadakan seminggu sebelum Galungan. Kondisinya benar-benar drop, terlihat pucat dan kurus karena beberapa hari tidak bisa makan. Saya sudah mengajaknya ke dokter bahkan sempat cek darah namun hasilnya normal-normal saja, untunglah sejak kemarin beliau sudah membaik dan bisa beraktivitas walaupun masih agak lemas.

Dan berkaitan dengan Galungan, ada satu peran Ajik saya yang tidak bisa saya gantikan yaitu dalam urusan membuat Lawar. Lawar adalah masakan khas Bali yang biasa dibuat ketika ada acara adat dan keagamaan di Bali. Apalagi dalam hari raya Galungan, lawar adalah sebuah menu wajib. Saya bukan memuji, tapi untuk urusan membuat lawar, Ajik saya rasanya belum ada yang bisa menyamai. Rasa lawar buatan Ajik saya masih yang paling enak yang pernah saya tahu. Tapi sayangnya saya sama sekali belum bisa berguru kepada beliau.

Untungnya ada kakak saya yang juga bisa membuat lawar seperti Ajik saya, resep dan cara membuat lawarnya tentu sama dengan Ajik saya, walaupun dari segi rasa masih 1 level di bawah buatan Ajik saya. Jadinya ketika Galungan kemarin saya jam 4 pagi sudah datang ke rumah kakak saya dan membantunya membuat lawar, sambil mulai belajar membuat lawar. Sepertinya sakitnya Ajik saya pas di hari raya Galungan ini membawa hikmah tersendiri bagi saya, ini mungkin sebuah peringatan bagi saya bahwa saya harus segera belajar membuat lawar.

Baiklah, di akhir tulisan ini, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan untuk anda yang beragama Hindu. Untuk yang tinggal di Bali, tentu bisa lebih menikmati Galungan karena umumnya akan mendapat libur selama 3 hari yaitu hari Selasa (penampahan), Rabu (Galungan) dan Kamis (Umanis Galungan).

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

10 comments

  1. Cahya says:

    Rahajeng Galungan Bli, semoga Ajik bisa cepat sehat dan beraktivitas kembali bareng keluarga :).
    Cahya´s last blog post ..BBM untuk Android telah Tiba

  2. Zizy Damanik says:

    Selamat hari raya Galungan Pak. Semoga ayahnya cepat sembuh….

  3. jarwadi says:

    rahajeng galingan bli :)
    jarwadi´s last blog post ..Dukungan Blogger Untuk PLN Bersih Anti Korupsi

  4. boyin says:

    Rahajeng Galungan bli…sayang saya gak bisa pulkam nih…
    boyin´s last blog post ..Remodeling Business dalam dunia TV (New Economy)

  5. kayaknya bagus juga bikin janur kuning kayak begitu ya *salah fokus
    Rohani Syawaliah (@honeylizious)´s last blog post ..Sekarang Semua Orang Bisa Menjadi Penulis

Leave a Reply

CommentLuv badge