Seberapa Panjang Tulisan di Blog Anda?

Setiap membuat tulisan di blog, apakah anda memikirkan atau menargetkan berapa kata yang akan anda ketik? Seberapa panjang tulisan tersebut?

Saya sendiri sampai saat ini tidak terlalu memikirkan panjang tulisan seperti itu, tetapi tetap saya perkirakan agar tidak terlalu panjang agar pembaca tidak merasa bosan ketika membaca tulisan di blog saya. Biasanya sebelum tulisan di blog ini saya publish, saya akan preview dulu dan membacanya. Pada saat itu saya akan mencoba memposisikan diri sebagai pembaca dan mengkritik tulisan saya sendiri termasuk dari sisi panjang tulisan.

Bila tulisan tersebut terasa terlalu panjang, saya akan mencoba melakukan dua hal yaitu mencoba memecahnya menjadi dua tulisan atau memperpendek tulisan dengan cara menghilangkan dan atau menggabungkan beberapa kalimat yang dirasa kurang penting. Lalu dibaca sekali lagi.

Membuat tulisan dengan panjang yang ideal bagi semua pembaca tentu hampir mustahil, tetapi setidaknya saya sudah mencoba membuat tulisan yang panjangnya sesuai dengan tipe pembaca seperti diri saya.

Jadi, seberapa panjang tulisan anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

54 thoughts to “Seberapa Panjang Tulisan di Blog Anda?”

  1. Wakakakaka…
    Duhh jangan gitu donggg. Barusan postingan saya itu panjaaannn sekali. Terus terang membagi postingan menjadi 2 bagian belum tentu bisa buat greget yg sama dengan 1 postingan saja ekekekeke..

  2. kebanyakan orang suka yang panjang dan berbobot tapi ada juga yang suka pendek dan berbobot…

    jadi tergantung, apakah tulisan memang harus dibuat panjang jika tidak memungkinkan untuk dijelaskan secara singkat tentunya dengan syarat membuat tulisan itu menarik, walau panjang tapi harus tetap membuat orang tertarik…seperti novel…ceritnya panjang tapi selalu mearik…

  3. Yang terpikir oleh saya, tulisannya dibuat untuk siapa?
    Diri sendiri, orang lain? Kalau diri sendiri ya terserah.
    Media desktop, small screen? Jika biaya aksesnya unlimited ya ngga masalah.
    Konversi ke podcast? Tutorial, narasi, dll?

    Apakah 140 karakter dianggap cukup?
    Apakah dengan 200-300 kata seperti abstrak, pesan akan tersampaikan?
    Apakah lama tinggal pengguna diperhitungkan (ada kan yang perhitungan gini)? :)

  4. aku kalo menulis panjang malah jarang, persisnya sih..memang gak bisa nulis panjang, lemot ide plus otak soalnya..hehe :D

    salam kenal dari hary4n4 di surabaya..
    salam hangat dan damai selalu…

  5. Saya sih tidak menentu, tergantung mood dan ide penulisan. Kadang kurang dan 100 kata, kadang bisa lebih dari 2000 kata. Ya, writing is about feeling.

  6. Saya selalu berusaha panjang tulisan antara 300 – 700 kata. Ini saran yang pernah saya terima. Bila terpaksa lebih dari 700 kata, maka saya batasi tidak lebih dari 1000 kata.
    Sebenarnya patokannya tidak hanya panjang kata tapi juga bahasa yang disajikan. Kalau kita baca novel sepanjang apapun pasti betah bahkan tidak hendak berhenti. Coba baca buku pelajaran, kira-kira tahan berapa lama.
    Jadi menurut saya jangan hanya terpaku pada panjang tulisan tapi cobalah menyusun bahasa yang enak dibaca dan bikin orang betah berlama-lama.

  7. Sama mas. Saya juga gak pernah ngecek berapa jumlah kata postingan saya. Kalo saya rasa agak panjang, biasanya saya usahakan pake sub judul, tag heading, gambar, emoticons, screenshoot, maupun blockquote.

    Biar tampilan posting tidak monoton bin membosankan.

  8. Untuk yang normal, saya biasa menghitung tulisan yang ideal adalah tulisan yang terdiri dari 4 – 6 paragraf dengan maksimum 3 kalimat dalam 1 paragrafnya…:)

    Kalau yang nggak normal ya nggak keitung :)
    .-= DV´s last blog ..Leicchardt =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *