Rossi Juara, Lorenzo Heroik

July 1st, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Valentino-Rossi-MotoGP-Assen-2013

Hasil MotoGP Belanda hari Sabtu lalu benar-benar membuat para penggemar Valentino Rossi girang. Bagaimana tidak, setelah hampir 3 tahun paceklik gelar juara, Rossi akhirnya bisa finish di podium 1 lagi. Sebelum balapan di Assen hari Sabtu yang lalu Rossi terakhir kali menjadi juara seri tanggal 10 Oktober 2010 di Malaysia. Setelah itu Rossi tidak pernah juara lagi. Sebagai catatan di musim 2011 dan 2012 Rossi tidak pernah juara bersama Ducati. Dan tahun 2013 ini Rossi memutuskan pulang kampung di Yamaha. Baru di seri ke 7 MotoGP 2013 akhirnya Rossi bisa menang lagi.

Hasil ini tentu sebuah penantian yang sangat panjang bagi seorang Valentino Rossi. Jangankan Rossi sendiri, para fans Rossi pun sepertinya sudah menyerah untuk menunggu kapan Rossi akan menang lagi. Dan hari Sabtu yang lalu, Rossi akhirnya bisa menjadi juara lagi di sebuah seri. Terlepas dari cederanya Lorenzo dan berbagai faktor lainnya, kemenangan Rossi ini patut di apresiasi. Selain menjadikan balapan MotoGP menjadi lebih menarik karena pemenang jadi semakin beragam, prestasi dan usaha Rossi untuk kembali ke papan atas patut di acungi jempol. Tapi untuk juara dunia, sepertinya itu terlalu jauh untuk Rossi.

Di sisi lain, Lorenzo juga tampil heroik di balapan kemarin. Lorenzo yang mengalami cedera patah tulang karena terjatuh di sesi latihan bebas kedua sempat diyakini akan absen balapan. Lorenzo dibawa ke Spanyol dan langsung naik meja operasi, operasi pun berjalan sukses. Lorenzo kemudian balik ke Belanda, tidak ada rencana untuk balapan. Tetapi setelah mendapat ijin dari tim dokter, Lorenzo ikut sesi pemanasan di pagi hari. Entah bagaimana ceritanya, Lorenzo pun akhirnya ikut balapan dan start dari urutan 12.

Ketika balapan, Lorenzo sempat berada di posisi 4 bahkan. Akan menjadi keajaiban kalau Lorenzo sampai naik podium. Mungkin karena faktor cedera pula Lorenzo akhirnya hanya mampu finish di posisi 5. Sebuah hal yang luar biasa juga untuk seseorang yang sedang cedera. Tujuan Lorenzo tentu hanya ingin meraih poin agar tidak tertinggal jauh dari Pedrosa di klasemen. Hasilnya cukup baik karena Pedrosa juga gagal naik podium, jadi selisih poin mereka kini hanya menjadi 9 poin dari sebelumnya 7 poin.

Hasil akhir balapan adalah Rossi, Marquez dan Crutchlow. Khusus untuk Crutchlow yang start dari pole position, hasil ini sebenarnya sangat bagus. Bahkan Crutchlow punya peluang untuk menjadi runner up andai saja dia sedikit lebih tenang. Tetapi bagaimana pun juga, Crutchlow patut diacungi jempol, dengan motor yang tidak sesempurna motor tim pabrikan, Crutchlow mampu meraih 3 podium dari 4 balapan terakhir. Di klasemen sementara, Crutchlow berada di posisi 4, diatas Rossi yang notabene berada di tim pabrikan.

Pada akhirnya, hasil balapan di Assen lalu membuat MotoGP 2013 ini menjadi semakin menarik. Berarti sejauh ini sudah ada 4 pembalap yang pernah juara yaitu : Lorenzo (3x), Pedrosa (2x), Marquez (1x) dan Rossi (1x). Mungkinkah di seri selanjutnya akan muncul juara baru lagi? Crutchlow? Semoga saja.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

5 comments

  1. Zizy Damanik says:

    Masih tetap apdet ini ya Pak.
    Salut… :)
    Zizy Damanik´s last blog post ..Tangkuban Perahu

  2. duniaely says:

    wah .. say abelom pernah nonton MotoGP nih :)
    duniaely´s last blog post ..Zeit Maschine

  3. wien says:

    saya jagoin Lorenzo tapi malah kecelakaan lagi di sesi latihan Jerman pak :(
    wien´s last blog post ..Jorge Lorenzo kecelakaan lagi di sesi latihan bebas GP Jerman

Leave a Reply

CommentLuv badge