Renovasi Rumah Tanpa Stres dan Khawatir!

Renovasi rumah pada zaman sekarang seperti tradisi untuk dilakukan setidaknya dalam jangka waktu tiga tahun sekali. Hal ini didukung oleh kemajuan teknologi dan internet yang memudahkan orang untuk ‘tergiur’ agar selalu berinovasi dalam bidang apapun, termasuk tempat tinggalnya sendiri. Renovasi rumah adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi seluruh anggota keluarga, terutama untuk proyek renovasi rumah yang mengubah seluruh penampilan dan suasana. Renovasi rumah membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan uang yang tidak sedikit. Anda bisa saja harus merogoh kocek yang hampir sama jumlahnya dengan membeli rumah baru bila Anda akan merenovasi total rumah yang Anda miliki.

Saat proses pekerjaan renovasi rumah sedang berlangsung, Anda akan dihadapi banyak kendala seperti pekerjaan tidak selesai tepat waktu, tukang bangunan yang berbohong mengenai anggaran, pekerjaan yang tidak memuaskan, dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, simak tips agar pekerjaan renovasi rumah Anda berjalan dengan lancar berikut ini!

1. Jangan Memaksa Mengerjakan Semuanya Sendirian

Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian. Pepatah ini cocok untuk Anda yang ingin sesegera mungkin merenovasi rumah namun nekat untuk tidak memanggil jasa tukang bangunan padahal pekerjaan renovasi yang akan dilakukan cukup sulit dan Anda tidak memiliki pengalaman ataupun pengetahuan yang cukup mengenai bangunan rumah. Apabil aanggaran yang Anda miliki tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan jasa tukang bangunan, sebaiknya tunda dulu pekerjaan renovasi Anda atau lakukan renovasi sedikit demi sedikit agar hasil renovasi memuaskan.

2. Konsultasi dengan yang Ahli

Apabila Anda yakin pada pengalaman danp engetahuan yang Anda miliki mengenai bangunan rumah dan Anda yakin dapat merenovasi rumah sendirian tanpa bantuan tukang bangunan, setidaknya luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan yang lebih ahli mengenai bangunan. Dengan berkonsultasi bersama pihak yang lebih ahli, setidaknya Anda akan mendapat perspektif baru dan saran-saran unik yang patut dicoba perihal pekerjaan renovasi rumah Anda.

3. AntisipasiKeterlambatan

Jangan terlalu percaya dan menaruh semua harapan Anda pada perkataan tukang bangunan atau kontraktor renovasi yang menjanjikan pekerjaan Anda selesai pada hari tertentu. Selalu menyiapkan mental Anda untuk kemungkinan renovasi Anda selesai tidak pada waktunya.

4. Jangan Menerima Tamu untuk Sementara

Percaya atau tidak, kedatangan tamu seperti keluarga dan sahabat yang ingin melihat proses pengerjaan renovasi rumah Anda justru akan membuat Anda sekeluarga pusing. Hal ini disebabkan oleh kedatangan tamu, apalagi dalam jumlah yang cukup banyak, menambah kesan sesak dan pengap pada rumah yang sedang di renovasi tapi sekaligus ditinggali. Belum lagi Anda harus menjamu para tamu setidaknya dengan camilan ringan lalu sesudah para tamu pulang Anda harus merapihkan rumah kembali.

5. Berhubungan Baik dengan Pekerja

Baik itu kontraktor bangunan atau tukang bangunan yang Anda pekerjakan untuk merenovasi rumah, pastikan hubungan Anda dengan para pekerja terjalin dengan baik. Apabila Anda memperlakukan kontraktor bangunan dan tukang bangunan yang merenovasi rumah Anda dengan baik, niscaya hasilnya akan memuaskan Anda. Para pekerja bangunan akan bekerja sungguh-sungguh karena menghargai hubungan yang terjalin dengan Anda. Tentu Anda tidak mau kan, bila proyek renovasi Anda berantakan karena Anda tidak ramah dengan para pekerja?

Demikian

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

3 thoughts on “Renovasi Rumah Tanpa Stres dan Khawatir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *