Proyek Gagal : 365 Days Blog Project

August 11th, 2011 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Tanggal 7 Juli 2010 saya memulai sebuah kegiatan ngeblog yang mungkin terlihat ambisius, nyatanya memang saya cukup serius untuk menjalankan kegiatan ngeblog tersebut terbukti dengan blog yang saya buat di sub domain dari blog ini. Maksud saya adalah kegiatan ngeblog “satu hari satu post” yang pada awalnya saya ketahui dan ikuti dari tulisan saudara Deddy Andaka yaitu disini dan disini.

Secara singkat saya jelaskan bahwa kegiatan ngeblog tersebut adalah ngeblog dengan mem-publish satu buah post/tulisan setiap hari tanpa di-schedule. Bisa menggunakan blog baru atau pun melanjutkan blog yang sudah ada sebelumnya. Setiap tulisan yang di-publish diberikan awalan # dan diikuti dengan hari ke berapa. Jika terdapat kegagalan dalam hari tertentu maka hitungan akan di lewati, begitu seterusnya hingga hari ke 365 atau satu tahun.

Sebenarnya saya sudah memikirkan dengan cukup matang sebelum menerima “tantangan” ini walaupun saya tidak terlalu optimis bisa menjalankannya dengan 100%. Saya kemudian membuat sebuah blog baru dengan di sub domain blog utama saya ini. Alamat blog tersebut adalah : http://365.imadewira.com

Di awal-awal semua berjalan cukup lancar, saya bisa mengisi dan mem-publish satu buah tulisan setiap hari, tidak kurang dan tidak lebih walaupun terkadang hanya sebuah paragraf. Apa yang saya tulis pun sangat ringan dan bahkan bisa dikatakan sesuatu yang tidak penting.

Saya juga secara sengaja hampir tidak mempublikasikan kepada orang lain tentang apa yang saya lakukan ini, baik melalui blog ini, Facebook atau pun Twitter. Jadi keberadaan blog tersebut jarang diketahui orang lain. Tujuan saya karena memang saya tidak terlalu mengharapkan komentar atau pun kunjungan dari orang lain. Selain itu saya juga sengaja menyisihkan waktu yang relatif sedikit untuk blog tersebut sehingga tidak mengganggu aktivitas saya.

Di bulan-bulan awal perjalanan blog tersebut mulai terjadi beberapa “bolong” entah karena saya lupa atau memang tidak ada waktu, lebih sering memang karena tidak ada waktu. Tapi “bolong-bolong” tersebut biasanya hanya 1-2 hari. Lalu bisa saya lanjutkan lagi menulis. Tapi mulai sekitar pertengahan saya mulai lupa dan kehilangan semangat atau cuek atau entah apa namanya.

Saya bahkan sempat mencoba untuk bangkit setelah hiatus disana hampir selama satu bulan. Tapi kebangkitan tersebut hanya bertahan beberapa hari, dan hingga hari ini blog tersebut baru menampilkan tulisan nomor #329 dari 365 yang direncanakan. Dan padahal tulisan ke #365 seharusnya sudah muncul tanggal 5 Juli 2011 yang lalu.

Jadi, hari ini dengan kejujuran (khususnya pada diri sendiri) saya mengumumkan (*halah) bahwa saya telah gagal menjalankan “proyek” tersebut..

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

18 comments

  1. giewahyudi says:

    329 dari 365 target itu ya sudah bagus, Bli..
    saya sendiri mulai ikut postaday2011 dan sampai sekarang masih lancar, mohon doanya ya..

  2. devieriana says:

    saya dulu juga pernah ikut project foto 1 foto sehari, walaupun pakai HP ya..
    hasilnya? gagal total dong. Kayanya sih gampang, ternyata mengikat. Kita dituntut untuk bisa menampilkan foto sehari sekali, dan ternyata itu tidak mudah :D

  3. DV says:

    Gpp.. slalu ada awal yang butuh perjuangan untuk akhir yang menyenangkan..

    Bangkit, Bli!

  4. susisetya says:

    selalu ada hikmah dibalik kegagalan, dicoba lagi aja mas…

  5. Cahya says:

    Saya sudah lama juga ya tidak menulis setipa hari begitu, entah mengapa rasanya aneh juga, jadi sekarang menulis setiap ada “mood” saja :D.

  6. zulham says:

    Salut, Seperti prestasi blogger sejati, saya jadi malu sendiri yang hanya bisa menulis 1 bulan hanya beberapa tulisan saja di blog. :)

  7. Asop says:

    Memang butuh kekonsistenan. :|

  8. @zizydmk says:

    Hahahaaa…
    Kalau saya jujur tak bisa memenuhi target kalau harus daily posting. Soalnya 1 aja juga harus bener-2 mikir dan dicari waktunya…. apalagi tiap hari ya :D.

  9. Arif Riyanto says:

    Memamg buka perkara mudah karena kita harus mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk mencapai target itu. Tapi tetap semangat posting :)

  10. win says:

    trnyata susah juga ya ngejar taget spt itu, wlw sy blm pernah mencoba tp dg melihat keadaan skrg yg cm bs nulis 2x sminggu itu ckup mmbuktikan bhw sbaiknya sy tdk usah mncoba proyek bloging 365 day

  11. Adi Nugroho says:

    salam bli wira, apa masih ingat saya, hehehe..

    Wah sayang padahal udah dkit lagi itu..
    Semoga makin lancar dalam blogging..

    Salam hangat dari Malang..

Leave a Reply

CommentLuv badge