Preview MotoGP 2012

April 3rd, 2012 by imadewira Leave a reply »

Tidak terasa, kurang dari seminggu lagi tepatnya akhir pekan ini aksi balap MotoGP akan dimulai lagi. MotoGP akan memasuki musim 2012 dimana musim ini akan berbeda dengan musim-musim sebelumnya. MotoGP musim 2012 atau kita sebut saja MotoGP 2012 akan menggunakan mesin baru dengan kapasitas 1.000 cc. Jadi MotoGP 2012 merupakan awal sebuah era yaitu motor dengan mesin 1.000 cc. Musim 2011 lalu merupakan akhir dari era MotoGP dengan mesin 800 cc.

Sekedar mengingatkan, musim 2011 lalu diakhiri dengan Casey Stoner keluar sebagai juara dunia MotoGP 2011. Casey Stoner yang menunggangi Honda tampil sangat dominan di musim 2011. Di musim 2011 Stoner memenangkan 10 dari 18 seri yang digelar. Sisanya Stoner selalu naik podium kecuali ketika dia tidak finish karena bertabrakan dengan Rossi. Dari catatan itu, terlihat sekali dominasi Stoner di musim 2011.

Lalu, kira-kira bagaimana gambaran umum atau preview MotoGP 2012? Siapa kira-kira pembalap yang bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2012. Berikut ini analisa sederhana saya.

Casey Stoner

Stoner menggunakan nomor 1, sebagai tanda juara bertahan

Casey Stoner adalah kandidat terkuat dan berada dalam “pole position” dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2012 dengan beberapa alasan berikut ini :

  • Stoner adalah juara dunia MotoGP 2011 alias juara bertahan
  • Stoner memenangkan MotoGP 2011 dengan sangat mendominasi
  • Stoner saat ini termasuk pembalap yang penuh pengalaman di kelas MotoGP
  • Stoner sudah pernah meraih2 kali gelar juara dunia MotoGP, satu lagi ketika dia membela Ducati
  • Hasil tes pra musim menunjukkan Stoner dan Honda masih mendominasi
  • Stoner berada di tim utama Honda yang dikenal memiliki motor paling sempurna
  • Masih banyak alasan lain untuk mengunggulkan Stoner

Jorge Lorenzo

Lorenzo kembali menggunakan nomor 99

Pembalap selanjutnya yang merupakan kandidat juara dunia MotoGP 2012 tentu saja Jorge Lorenzo. Berikut ini alasannya :

  • Lorenzo merupakan juara dunia MotoGP 2010 yang diraih melalui persaingan dengan Valentino Rossi
  • Lorenzo merupakan pesaing utama Stoner di musim 2011 walaupun tidak mampu berbuat banyak
  • Lorenzo memiliki skill yang sama bahkan spirit yang mungkin melebihi Stoner
  • Hasil tes pra musim menunjukkan Yamaha cukup kompetitif tidak tertinggal terlalu jauh dibanding Honda
  • Lorenzo berada di tim Yamaha yang saat ini juga memiliki motor yang stabil walaupu masih kalah power dibanding Honda

Menurut prediksi saya, persaingan kekuatan MotoGP 2012 masih akan menjadi milik Stoner dan Lorenzo yang merupakan cerminan dari persaingan Honda dan Yamaha. Namun walaupun begitu, beberapa pembalap lain tentu saja perlu diperhitungkan untuk menang dalam seri-seri MotoGP 2012. Bahkan bukan tidak mungkin pembalap ini meramaikan persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2012. Siapa saja mereka?

Dani Pedrosa

Mampukah mengalahkan Stoner?

Semua sudah tahu bagaimana kemampuan Dani Pedrosa. Jika saja musim lalu Pedrosa tidak cedera, mungkin saja ceritanya akan berbeda, atau setidaknya Stoner tidak akan meraih juara dunia dengan mudah. Jadi Pedrosa sangat layak untuk dijadikan kuda hitam dalam peta persaingan MotoGP 2012. Fakta lainnya adalah Pedrosa menggunakan motor yang sama dengan Stoner. Cuma masalahnya adalah Pedrosa seringkali cedera yang menjadi penghambat utama untuk meraih gelar juara dunia. Apakah tahun 2012 ini peruntungan Pedrosa bisa membaik? Kita lihat saja.

Ben Spies

Spies menggunakan nomor 11 yang ditampilkan mirip angka 1

Ben Spies adalah rekan satu tim Lorenzo. Dalam tes pra musim 2012 Spies cukup konsisten di papan atas, bahkan beberapa kali mampu melewati catatan waktu Lorenzo. Musim lalu penampilan Spies cukup oke, bahkan Spies sempat merasakan podium teratas setelah mengalahkan Stoner di sirkuit Assen. Dengan kondisi kapasitas mesin yang benar-benar baru, maka semua pembalap akan beradaptasi ulang. Ini merupakan kesempatan Spies untuk unjuk gigi. Mampukah?

Valentino Rossi

Rossi dengan nomor 46 yang menjadi ciri khasnya

Terakhir, saya memasukkan nama Valentino Rossi. Musim lalu Rossi bersama Ducati benar-benar hancur. Rossi hanya sekali naik podium dan tidak pernah menang sama sekali. Itu adalah rekor terburuk Rossi selama karirnya. Ada yang mengatakan Rossi sudah tua, ada yang mengatakan Rossi tidak mampu beradaptasi dengan Ducati, entahlah. Tapi kalau dari segi skill, fakta menunjukkan Rossi masih yang terbaik. Rentetan gelar juara dunia membuktikan.

Dalam tes pra musim 2012 ini Rossi dan Ducati masih belum menunjukkan kemajuan berarti, selisih waktunya dengan Stoner atau Lorenzo masih berkisar 1-2 detik. Tapi, saya tetap berharap Rossi segera bisa membaik. Setidaknya mampu bersaing kembali ke papan atas. Itulah prediksi sederhana saya untuk MotoGP musim 2012. Andaikan masih ada Super Sic, ah..

Last, siapa jagoan anda?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

5 comments

  1. Pedrosa dong. Kita liat aja ntar. Hehehe
    Bunga Mesa Ananda´s last blog post ..5 Game Keren yang Bakal Dirilis Tahun Ini

  2. applausr says:

    waduh seru banget nih… Stoner aja kalau saya mah…

  3. DV says:

    Sebenernya saya tetap pengen bela Rossi, tapi abis baca penjelasan di sini, batal deh! :) Mungkin ga Rossi balik ke Yamaha?
    DV´s last blog post ..Siti

Leave a Reply

CommentLuv badge