Plugin CommentLuv Di Blog WordPress

Setelah sebelumnya beberapa kali menulis dengan topik plugin untuk blog wordpress, diantaranya : Cara Mengaktifkan Plugin Akismet, Cara Install Plugin di WordPress, Plugin All In One SEO Pack di WordPress, Plugin Top Commentators Untuk WordPress. Kali ini saya mencoba melengkapi lagi dengan satu plugin yang bisa dikatakan plugin wajib untuk blog wordpress. Ya,plugin CommentLuv, sama seperti plugin Top Commentators plugin ini juga berhubungan dengan komentar.

Hampir semua blog wordpress yang self hosted menggunakan plugin CommentLuv ini. Plugin CommenLuv berguna untuk menampilkan link tulisan atau posting terakhir dari setiap komentator yang meninggalkan komentar di sebuah blog. Cara kerjanya, ketika seseorang selesai menuliskan url-nya pada form komentar, plugin CommentLuv akan mencoba mengunjungi url tersebut dan mengambil link dari posting terakhir pada url (blog) tersebut lalu menampilkannya. Selanjutnya ketika orang tersebut mengirimkan komentarnya, maka link tersebut otomatis akan ikut serta.

Dari sisi SEO, karena blog saya ini tetap bersifat no-follow pada form komentarnya, memang plugin ini tidak berpengaruh karena search engine (mesin pencari) akan mengabaikan semua link yang ada pada bagian komentar. Tetapi plugin CommentLuv ini tetap ada gunanya, yaitu ketika komentator selanjutnya (dibawahnya) melihat link tulisan terakhir pada komentar anda, ada kemungkinan mereka tertarik untuk berkunjung (khususnya untuk blogger yang sedang blogwalking dan ingin menambah jaringan pertemanan di dunia blog). Maka dari itu plugin CommentLuv ini juga merupakan sebuah apresiasi bagi mereka yang telah berkunjung dan meninggalkan jejak komentarnya.

Jika anda belum menggunakan plugin CommentLuv di blog wordpress anda, dan ingin menginstallnya, silahkan download dulu file plugin CommentLuv pada link dibawah ini.

Download plugin CommentLuv

Lalu install plugin CommentLuv tersebut, jika anda kesulitan untuk menginstallnya, coba baca dulu tutorial sederhana yang saya buat tentang cara menginstall plugin di wordpress.

Selamat mencoba…

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

37 thoughts on “Plugin CommentLuv Di Blog WordPress

    1. @Winarto,

      Alasannya karena server kita lambat, atau koneksinya time out, sehingga tidak selalu berhasil.

      Saya sendiri mengarahkan server feed ke feedburner, sehingga mendapatkan koneksi lebih cepat, dan kemungkinan feed terbaca dengan commentluv lebih besar :)

      Tapi, ada line CSS di pengaya ini yang tidak memenuhi CSS 2.1 yang valid menurut W3C.
      .-= Cahya´s last blog ..Panduan Memerangi Plagiat Blog =-.

  1. Halo, Bli!
    Wah terus berlanjut nih tutorial WPnya, mantap…

    Aku pernah pake CommentLuv ini tapi lantas berpikir untuk meng-uninstall nya karena pertimbangan efisiensi resource aja.

    Kupikir, kegunaan CommentLuv ini nyaris sama dengan Top KOmentator ya, yaitu merangsang orang untuk berkunjung lalu berkomentar sebanyak yang mereka bisa.

    Good!
    .-= DV´s last blog ..Perlengkapan Musim Panas =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *