Permudah Pengunjung Dengan Kalimat Penutup

Tujuan utama membuat sebuah tulisan di blog memang bukan untuk mencari komentar. Tapi jika tulisan kita di blog mendapatkan banyak komentar, apalagi komentar yang masuk adalah komentar yang baik dan berkualitas, tentu rasanya senang sekali, bahkan dapat meningkatkan semangat ngeblog.

Setiap pengunjung yang membaca tulisan kita di blog pun tidak memiliki tujuan utama hanya untuk berkomentar. Pengunjung / pembaca yang baik tentu saja akan datang dan membaca tulisan kita karena tulisan kita memang menarik bagi mereka.

Tapi perlu dicatat, tidak semua pengunjung yang datang dan membaca tulisan kita juga meninggalkan komentar. Ada berbagai penyebab yang membuat mereka enggan atau batal berkomentar atas tulisan kita. Mungkin karena tulisan kita terlalu sempurna atau malah terlalu hancur sehingga pengunjung bingung mau berkomentar apa.

Maka tidak ada salahnya kita mempermudah pengunjung dengan membuat sebuah kalimat penutup yang berupa pertanyaan. Jadi bagi pengunjung yang bingung mau berkomentar apa, mungkin mereka bisa berkomentar berdasarkan kalimat penutup tersebut. Kalimat penutup itu bisa seolah memancing komentar dari pengunjung.

Lalu, apakah anda membuat kalimat penutup di akhir tulisan anda?

http://twitter.com/wirautama

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

32 thoughts on “Permudah Pengunjung Dengan Kalimat Penutup

  1. Saya cuma beberapa kali menutup tulisan dengan kalimat terutama yang berupa pertanyaan yang memancing komentar pembaca. Tapi, karena saya pada dasarnya membebaskan pembaca untuk berkomentar atau ndak, jadi saya ndak sering membuat kalimat semacam itu. :)

  2. Kalau saya tergantung mood saat menulis dan topiknya juga sih. Ada kalanya saya tidak/bingung mau ngasih pertanyaan apa di akhir tulisan. Kalau sudah begitu, saya biarkan saja tanpa pertanyaan :-) Tapi pengalaman saya, kadang tanpa pertanyaan pun bisa mengundang banyak komentar. Itu mungkin menarik untuk dibahas.

  3. benar sekali, kalimat penutup menjadi sebuah konklusi dari paparan kita dari isi tulisan, terkadang orang akan membaca inti dari akhir sebuah postingan dan secara langsung mereka akan berkomentar tentang perihal isi blog tersebut :)

  4. Kadang kalimat penutup bagai mata pisau. Pembaca yang fast reading hanya baca akhirnya saja, padahal belum tentu isi artikel tepat sesuai dengan bagian penutupnya.

  5. saya kadang-kadang bikin kalimat penutup, ada yang dikomentari ada juga yang enggak :d
    Ya gapapa deh, dikunjungi aja udah alhamdulillah. Kalau dikasih komen ya alhamdulillah bangeet, makasih :lol:

  6. Tergantung tema tulisan. Jika nuansa opininya terlalu kental tentu saja mengharapkan masukan dengan prespektif yang berbeda. Tetapi jika artikel hanya berupa tutorial praktis, sepertinya tidak begitu membutuhkannya.

  7. Pengunjung tidak komentar bukan berarti tulisan tidak menarik, tetapi memang ada yang sekedar membaca dan mencari pengetahuan, seperti saya saat belum punya blog tidak satupun saya komentar yang penting yang saya cari saya dapat.

  8. Kayaknya aku juga sering membuat pertayaan seperti itu, tapi komentar gak komentar tetap thank you :lol: pinjem kata-katanya om Joger
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *