Perlukah Menampilkan Wigdet Meta di Sidebar?

Pilihan Widget pada WordPress
Pilihan Widget pada WordPress

Blog yang menggunakan WordPress sebagai engine baik itu blog dengan hosting sendiri ataupun yang numpang di wordpress.com pasti mengenal istilah Widget. Widget adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh wordpress untuk menampilkan beberapa hal seperti Recent Posts, Akismet, Archives, Recent Comments, Meta dan lain sebagainya. Cara melakukan setting widget dan fungsinya masing-masing tentu sudah anda ketahui.

Nah, khusus untuk widget Meta, fungsinya adalah untuk menampilkan beberapa link penting pada sidebar blog. Link tersebut diantaranya link untuk login ke halaman Dashboard. Link login ini akan muncul jika kita dalam keadaan tidak/belum login. Sedangkan jika dalam keadaan sudah login maka link yang untuk adalah untuk melakukan Logout. Untuk link Login, sebenarnya kita tidak perlu (tidak harus) mengklik link tersebut karena bisa saja kita ketikkan langsung alamat halaman dashboard misalnya http://alamatblogkita.com/wp-admin

Jadi, sampai disini bisa kita simpulkan widget Meta itu sebenarnya ditampilkan untuk pemilik blog sendiri. Memang ada dua link lagi yang biasanya muncul di widget Meta yaitu link untuk RSS post dan comment. Link ini memang diperlukan untuk mereka yang berlangganan artikel kita melalui aplikasi semacam Google Reader. Tapi pada umumnya setiap theme sudah menambahkan icon khusus untuk menampilkan link RSS tersebut.

Dan, ada satu lagi link yang mungkin muncul di Meta yaitu link Register. Tapi link hanya akan muncul jika blog wordpress kita setting pada General Setting agar orang bisa mendaftar pada blog kita. Sementara secara default (kalau tidak salah) setting-nya link ini tidak muncul. Jadi, kembali sampai disini bisa dikatakan widget Meta ini fungsi utamanya adalah untuk menampilkan link untuk Login ke halaman Dashboard untuk si pemilik blog.

Nah, sekarang pertanyaan pada judul diatas akan saya ulangi. Menurut anda, apakah perlu menampilkan Widget Meta di Sidebar?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

13 thoughts to “Perlukah Menampilkan Wigdet Meta di Sidebar?”

  1. Aku setuju dipasang untuk yang RSS-nya mas, untuk yang lain menurut aku nggak perlu see…Tapi benar juga, pada tamplate kadang juga sudah disediakan biasanya banyak dipasang di paling atas lagi.

  2. selama menggunakan blog berplatform wordpress saya sendiri belum pernah memampilkan widget meta, kayaknya bagus bila dipasang widget lain yang mungkin lebih bermanfaat bagi pengunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *