Penyebab Jumlah Komentar di Blog Menurun

October 16th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Komentar di sebuah blog ibarat garam di dalam menu sayur, rasanya kurang lengkap apabila sebuah posting di blog tanpa dilengkapi komentar. Walaupun sebenarnya tidak masalah apakah tulisan tersebut dikomentari atau tidak, tetapi ngeblog tanpa ada yang mengomentari rasanya seperti sedang bicara dengan tembok, terbayang bukan?

Dan walaupun bisa saja kita berkelit bahwa kita ngeblog untuk diri sendiri, kita menulis di blog tidak akan terpengaruh dengan jumlah komentar, tapi kalau mau jujur dari lubuk hati paling dalam kehadiran komentar tetaplah diharapkan. Walaupun bukan sebuah komentar yang ideal yang berisi kritik ataupun sebuah komentar yang memperkaya isi sebuah tulisan, tapi kehadiran komentar setidaknya mampu menambah semangat menulis karena merasa tulisan kita ada yang membaca dan memperhatikan.

Itulah pemikiran dan pendapat saya, atau setidaknya apa yang saya rasakan selama ngeblog khususnya beberapa waktu belakangan ini. Pikiran ini muncul setelah memperhatikan bahwa kenyataannya jumlah komentar di blog saya belakangan ini sepertinya menurun. Bukan berarti saya ingin mengemis komentar, tapi kenyataannya kalau tulisan yang kita buat tidak ada yang mengomentari membuat ada sedikit rasa kecewa.

Lalu saya mencoba berpikir kembali, apa kira-kira yang menyebabkan jumlah komentar di blog saya menurun belakangan ini. Saya coba menghubungkan dengan apa yang saya lakukan di dunia blog belakangan ini dan saya menyimpulkan kemungkinan ada beberapa penyebab jumlah komentar di blog saya menurun, yaitu :

Jarang Blogwalking

Blog saya ini bukanlah blog terkenal yang memiliki banyak pengunjung, jadi banyak atau tidaknya komentar yang masuk sangat tergantung dari aktivitas blogwalking yang saya lakukan. Semakin jarang blogwalking maka semakin jarang pula yang mengunjungi blog saya. Percaya atau tidak tapi itulah kenyataannya. Dan itu sangat wajar menurut saya, jadi jika jumlah komentar di blog saya ini menurun belakangan ini karena saya sendiri jarang blogwalking dan berkomentar di blog lain, maka saya bisa menerima itu.

Jarang Posting dan Tulisan Tidak Menarik

Jarang posting di blog

Jumlah tulisan yang saya posting di blog ini belakangan memang tidak terlalu banyak, masih bisa dihitung dengan jari. Jadi orang lain mungkin enggan berkunjung ke blog saya karena pilihan tulisan yang akan mereka baca tidak terlalu banyak. Apalagi ditambah dengan tulisan saya yang tidak menarik untuk dibaca, jadi lengkaplah penyebab jumlah komentar di blog saya yang semakin menurun. Selain tidak menarik, beberapa tulisan saya seperti hasil-hasil balapan MotoGP mungkin memiliki segmen pembaca yang khusus.

Terlambat Merespon Komentar

Sebenarnya penyebab saya jarang bisa menulis blog adalah karena kekurangan waktu, ya selain memang kekurangan ide dan mood juga. Dan waktu juga yang menjadi penyebab saya sering terlambat merespon komentar yang masuk. Mungkin pengaruhnya tidak terlalu signifikan, tetapi saya juga menjadi sering terlambat meng-approve komentar yang masuk moderasi. Jadi orang mungkin jadi enggan untuk berkomentar melihat komentar mereka masuk moderasi.

Jarang Berkunjung Kembali

Dan untuk komentar yang masuk moderasi di blog ini, berarti kemungkinan itu adalah orang yang belum pernah berkomentar sebelumnnya di blog ini. Dan apabila komentator itu juga seorang blogger maka saya pun jadi terlambat untuk berkunjung kembali ke blog mereka. Dan mungkin mereka menganggap saya tidak mau berkunjung ke blog mereka maka mereka pun tidak mau blogwalking kesini lagi.

Kesimpulan :

Mungkin masalah jumlah komentar ini sepele, tapi penting juga. Kalau coba saya simpulkan, semua permasalahan ada di saya sendiri. Waktu untuk blogwalking, jumlah dan kualitas tulisan serta konsistensi ngeblog, me-manage komentar dan lainnya, semua perlu diperhatikan. Ini tentu jika saya menganggap masalah jumlah komentar itu penting. Tapi jika pikiran dan ego muncul yang mengganggap komentar itu masalah sepele, maka ya sudah, biarkan saja seperti ini, menjadi blogger yang apa adanya.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

21 comments

  1. a! says:

    untungnya sih garam dalam sayur itu bukan hal penting bagiku, seperti juga komentar di blog. memang senang kalau ada tapi kalau tidak juga baik2 saja.

    jadi ya tetap saja mari menulis. urusan ada yg baca atau komentar itu urusan belakangan. yg penting puas sendiri. sebab, blog memang buat masturbasi. hehehe…
    a!´s last blog post ..Penyelundup Bajakan di Pintu Perbatasan

  2. Jual Foredi says:

    Tidak ada komentar tidak berarti tidak ada yang baca. Bisa jadi pembaca tidak kasih komentar karena memang tidak menemukan ide untuk berkomentar atau sedang tidak mood.

  3. Sige says:

    hi Bli,

    Haha ada apa dengan komentar Bli..^^ kalo komentarnya kategoti spam pastinya nyebelin..^^
    Sige´s last blog post ..Dokter ‘tradisional’ keluarga

  4. ya..bener banget. Ngeblog sebenarnya bagi saya juga mirip dengan bergaul di dunia nyata. Selain bisa mengeluarkan pendapat, tentu pengen juga mendapatkan komentar dan bergaul dengan sesama blogger ya..
    Ni Made Sri Andani´s last blog post ..Berkawan Dengan Air.

  5. GO Outbound says:

    Faktor lain orang malas berkomentar lagi mungkin karena adanya moderasi.
    Yang negatif atau kontra dengan pendapat penulis biasanya akan dihold terus atau barangkali langsung dihapus.
    Penulis ga sadar bahwa ada kepuasan tersendiri bagi si pengomentar jika komentarnya langsung ditampilkan.

    • imadewira says:

      @GO Outbound : saya salah satu blogger yang menggunakan moderasi, tapi itu untuk pengunjung/komentator baru saja kok. Kalau sudah pernah komentar sebelumnya maka akan langsung muncul.

  6. Adiitoo says:

    betul itu, Bli. untuk saya yang baru setahun memakai selfhosting, kejadian seperti ini sering banget saya rasakan. tulisan pun kadang-kadang tak menarik :(
    Adiitoo´s last blog post ..Gigi Sensitif Itu Menyiksa

  7. rioseto says:

    blogku nyaris tidak ada yang komen entah kenapa, tetapi pembacanya pelan tapi pasti nambah… ibarat gula di sayur boleh ‘kan ya Bli

  8. Ide says:

    Wah baca artikel disini jadi saya komentar juga ah..
    Ide´s last blog post ..How to download video from youtube

  9. Mr.Lipatan says:

    Tergantung post-nya juga ih… kalau yang kontroversial gitu biasanya jadi kepengen komentar..

    Kalau yang tutoril2 gitu biasanya cukup di +1 kalau ada tombolnya..

    Soalnya takut jadi nyepam aja sih kalau cuma komen “nice info” gitu.
    Mr.Lipatan´s last blog post ..Enam Manfaat Bercinta di Pagi Hari

  10. memang benar sekali bahwa blog tanpa komentar ibarat sayur tanpa garam.
    Jefferly Helianthusonfri´s last blog post ..Gimana Cara Ampuh Dapat Duit dari Blog?

  11. DV says:

    Saya tak tahu kalau saya ini blogger terkenal apa bukan hahahah.. tapi bagi saya, komentar adalah perhatian terakhir setelah semua tulisan terpublikasi.

    Saya tahu ada kaitan antara blogwalking dengan banyaknya komentar, tapi saya sedang ingin menjauhi kenyataan itu. Inginku blogwalking ya pas pengen aja, dan tak mau terpengaruh naik-turunnya komentar di blog :)
    DV´s last blog post ..Masa lalu tentang perasaan, masa depan tentang pemikiran. Benarkah?

  12. Jefry says:

    sudah lebih dari satu bulan membuat blog, blog sayapun masih sepi pengunjung maupun komentar, pengen juga memiliki banyak komentar agar sayapun bisa semangat dalam menulis blog
    btw terus semangat berblogging dan sukses selalu buat anda
    Jefry´s last blog post ..Cara Cek dan Pembayaran Tagihan Telepon Secara Online

  13. raka says:

    artikel yang sangat menarik

Leave a Reply

CommentLuv badge