Pentingkah Website/Blog Versi Mobile?

Sudah sejak 5 bulan yang lalu saya menggunakan plugin mobilePress untuk membuat blog saya ini bisa tampil dalam versi mobile. Yaitu jika diakses dengan dari perangkat mobile, maka blog saya ini akan tampil lebih ringkas, sederhana dan tentunya ringan.

Selain itu dengan tampilan yang ringkas dan ringan tentu saja biaya untuk mengakses bisa jauh lebih murah, karena pada umumnya tarif internet untuk perangkat mobile menggunakan tarif volume based (semoga tidak salah sebut), yaitu berdasarkan besar/kecil dan sedikit/banyak nya halaman yang dibuka.

Semenjak menggunakan plugin tersebut, setidaknya saya sendiri sudah merasakan manfaatnya. Ketika sedang tidak berada di depan komputer, saya biasanya memantau blog saya sendiri melalu handphone, misalnya untuk melihat apakah ada komentar yang masuk.

Jujur saja, dengan adanya versi mobile dari sebuah blog atau website saya menjadi lebih sering berselancar di dunia maya dengan handphone. Contohnya, mengunjungi portal berita seperti kompas akan sangat terbantu dengan adanya kompas versi mobile.

Begitu juga untuk blog-blog yang sudah saya ketahui memiliki versi mobile, saya akan lebih sering “membunuh waktu” dengan blogwalking.

Lalu, sudahkah anda menyediakan versi mobile untuk blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

28 thoughts on “Pentingkah Website/Blog Versi Mobile?

  1. Dengan tegas saya jawab iya!XP

    ehehe. ,

    karena saya beraktivitas blogging semuanya dari HP, buat BW dan posting, jadi saya rasa sangat penting.

  2. Kalau blog/website sudah lolos dari W3C MobileOK Chechker sebenarnya sih tidak perlu, karena akan tampil baik di peramban mobile dengan sendirinya.

    Tapi bagi yang belum, mungkin plugin bisa membantu seperti yang Bli Wira sampaikan.

  3. Yup. Versi mobile itu membantu sekali. Jadi enak mau blogwalking dari hape.
    Sayang blog saya belum dibuat versi mobilenya hehehe…

  4. sayangnya wp-pda yang saya gunakan, tampilan mobile-nya cuma berlaku untuk halaman publish blog, tidak mencakup halaman admin wordpress-nya. ada ide biar halaman wp admin bisa tampil secara mobile juga ?

  5. Penting sekali karena kebanyakan netter (juga blogger) Indonesia sekarang hampir 70% menggunakan HP sebagai senjata untuk browsing. Kalau aku sendiri (karena masih gratisan) sudah nyetting untuk itu, hasilnya gak tahu. Karena siemens C25, ericcson T10, dan nokia 5110 punyaku gak support untuk itu. :lol:

  6. Penting! :D Saya sangat sering browsing-browsing pake hp, ntah lagi ngatri.. lagi nunggu, dll. Kalau misalkan blognya menarik dan ada versi mobilenya, tu blog biasanya saya bookmark di opera mini buat baca-baca pas lagi iseng.

    Di komputer juga saya seringkali lebih prefer untuk mengakses versi mobile, lebih ringan soalnya :D

  7. Tadinya saya mau install plugin ini, maknya saya cari-cari referensi dan ketemulah blog ini. Terimakasih sudah share mengenai blog versi mobile. Langsung coba ahhh :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *